HOTLINE KONSULTASI HERBAL:
0812-8187-1234 | 0818-029-100-88
Senin-Jumat, pkl. 8.30-16.00 WIB

Cara membuat jus kulit buah Manggis Cara membuat jus kulit buah Manggis Shutterstock

Cara Membuat Jus Kulit Buah Manggis

Mungkin Anda penyuka aneka jus buah-buahan seperti Mangga, Sirsak, Nangka, Apel, Anggur, Alpukat, dan masih banyak lagi. Lantas, bagaimana dengan jus kulit buah Manggis?

Benar, jus kulit buah Manggis, bukan buah Manggisnya! Apakah Anda bingung? Untuk meredakan rasa bingung Anda, sebaiknya baca dulu artikel kami Khasiat Kulit Buah Manggis dan Bukti Ilmiah Tentang Kulit Buah Manggis.

Kalau sudah membaca kedua artikel tersebut Anda pasti mengerti mengapa artikel cara membuat jus kulit Manggis ini ada. Patut diketahui bahwa kulit buah Manggis di negeri kita mungkin masih dianggap remeh.

Namun, di beberapa negara Eropa sudah dianggap sebagai buah yang sangat penting karena kandungan manfaatnya yang luar biasa. Banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh buah Manggis ini, baik yang berhubungan dengan kesehatan maupun diluar kesehatan.

Mengingat tentunya tak akan enak rasanya kalau Anda mengonsumsi kulit buah Manggis yang kaya akan kandungan xanthone ini secara mentah-mentah, makanya jalan terbaiknya adalah dengan dibuat jus.

Dengan dibuat jus, apalagi dengan dicampur berbagai buah-buahan segar lainnya membuat rasa kulit Manggis yang sepat dan pahit akan sedikit diminimalisir. Bahkan, Anda bisa membuat jus kulit buah Manggis yang bisa membuat ketagihan.

Berikut adalah beberapa bahan yang harus disiapkan untuk memulai membuat jus kulit buah Manggis.

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:

  • Beberapa buah Manggis (disesuaikan dengan kebutuhan, bisa 2-3 butir).
  • 1 gelas air matang.
  • Madu secukupnya.
  • Gula yang memiliki kandungan kalori rendah (kalau bisa Gula Aren).
  • Blender.

Cara pembuatannya:

Setelah bahan-bahan diatas Anda persiapkan, maka selanjutnya ialah mulai membuat jus kulit buah Manggis. Berikut adalah cara  membuat jus kulit buah Manggis yang harus Anda lakukan.

  • Keroklah kulit buah Manggis di bagian dalam dengan menggunakan sendok. Dalam tahapan ini, Anda harus pandai memilih buah Manggis yang kulitnya bagus dan tidak busuk untuk memperoleh kulit buah yang berkualitas tinggi. Saat melakukan pengerokan kulit buah, hindari bagian yang berwarna hitam atau getah kuning supaya jusnya tidak terasa pahit.
  • Setelah hasil kerokan kulit buah dikumpulkan, langkah selanjutnya ialah merebus kulit buah Manggis tersebut. Langkah ini sebenarnya alternatif kalau Anda tidak mau rasa jusnya terlalu pekat dan pahit. Dengan direbus terlebih dahulu, maka rasa sepat dan pahit bisa diminimalisir. Disarankan untuk tidak membuang air rebusan kulit Manggis tersebut dan sebaiknya simpanlah sisa air rebusan tersebut didalam kulkas, untuk digunakan lagi pada lain kesempatan. Bahkan beberapa herbalis menganjurkan untuk menggunakan air rebusan tersebut sebagai instrumen terapi pengobatan beberapa penyakit.
  • Masukkanlah hasil kerokan kulit buah Manggis atau air rebusan kulitnya (jika memakai langkah yang kedua) kedalam blender, tambahkan air matang sebanyak satu gelas, dan Gula Aren. Anda juga bisa mencampurkan madu dan beberapa buah sesuai selera Anda seperti Alpukat, Mangga, Sirsak dan lainnya untuk mengurangi rasa sepat dan pahit.
  • Jus kulit buah Manggis pun telah siap diminum. Sisanya Anda bisa menyimpannya  ke dalam wadah yang memiliki penutup, seperti botol, tupperware dan simpanlah di dalam lemari es (kulkas).

Aturan pakai:

Anda bisa meminumnya sebanyak 3 kali sehari, sebanyak 3-4 sendok setelah makan.

Yang patut diperhatikan:

  • Sebagaimana diketahui, kulit buah manggis tidak memiliki rasa yang enak, begitu pula dengan jusnya. Oleh sebab itu, Anda dipersilakan untuk melakukan improvisasi sendiri baik itu dengan mencampurkan buah-buahan lainnya, mencampurkan cuka apel, perasan jeruk lemon, dan lainnya untuk membuat jus ini terasa lebih enak dan tidak membuat eneg.
  • Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi jus kulit buah Manggis ini dalam keadaan perut yang masih kosong (diminum setelah makan).
  • Yang patut diketahui juga bahwa permukaan jus kulit buah Manggis akan menghitam kalau terkena udara (makanya disarankan untuk disimpan di tempat tertutup).
  • Pada awal pemakaian, sangat mungkin perut Anda akan merasa mual dan tidak enak. Namun, hiraukan saja karena tidak berbahaya. Jika sudah rutin dilakukan, Anda akan terbiasa dan perut bisa menerimanya dengan legowo.

Jus kulit buah Manggis bukanlah sembarang jus. Namun jus yang memiliki kandungan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh yang mengonsumsinya. Makanya Anda diharapkan untuk meminumnya secara konsisten dan berkala sehingga hasilnya akan benar-benar bisa dirasakan. Selamat mencoba!

More in this category: Khasiat Kulit Buah Manggis »

Log In or Register