Tips Mencari Konsultasi Dokter Online


By Cindy Wijaya

Konsultasi dokter online sekarang memang sedang menjadi trend yang baru. Cukup banyak profesional yang menawarkan jasa ini, bahkan secara gratis kepada khalayak ramai, tentunya secara online. Walaupun memang secara gratis, tetapi para konsultan online tersebut membagikan info-info seputar kesehatan dengan penuh konsistensi.

Dalam artian mereka selalu menjawab pertanyaan tiap-tiap orang yang berkonsultasi. Jawaban para profesional tentu dibuat berdasarkan teori yang ada, jadi tidak dijawab dengan asal. Dengan begitu jika Anda memang sedang membutuhkan bantuan konsultasi seputar kesehatan, Anda tak perlu ragu dengan jawabannya. Mari baca selengkapnya.

Siapakah Dokter Online?

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa konsultasi secara online kesehatan tersebut dilakukan oleh pakarnya. Jadi pakar dalam bidang kesehatan adalah seorang dokter. Umumnya dokter-dokter tersebut akan menyediakan waktu khusus untuk menjawab pertanyaan konsultasi. Selain itu, seseorang dapat dengan mudah mengajukan pertanyaan dengan menjadi member atau tidak menjadi member dari situs kesehatan yang bersangkutan.

Umumnya topik yang paling sering dibahas yaitu tentang kehamilan, walaupun memang tidak menutup kemungkinan ada topik lain juga yang cukup sering dibahas, jadi berbeda-beda – tidak selalu sama. Anda dapat memilih yang memang paling sesuai. Namun terkadang ada beberapa situs kesehatan yang menawarkan konsultasi online untuk topik kesehatan yang cukup luas, contohnya tidak hanya seputar topik kehamilan saja namun bisa lebih dari itu.

Mencari Konsultasi Dokter Online melalui Google

Salah satu cara untuk mencari situs yang melayani konsultasi online adalah melalui search engine. Sekarang search engine yang paling populer dan memberikan hasil search terbaik adalah Google. Karena Anda tinggal di negara Indonesia, maka gunakan url google.co.id, tetapi ini tidak bersifat wajib, hanya lebih disarankan – Untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih cocok untuk Anda.

Kecuali Anda memang ingin mencari situs konsultasi yang menggunakan bahasa dasar bahasa Inggris, maka itu lain kondisi. Anda dapat memasukkan keyword atau kunci berupa “Konsultasi dokter online”. Nanti akan muncul banyak situs yang menawarkan konsultasi tersebut, jika Anda ingin yang lebih detail lagi atau lebih spesifik, maka Anda dapat menambahkan keyword dalam kotak pencarian Google, contohnya saja “Konsultasi kesehatan reproduksi” atau yang lain.

Adakah Syarat Ikut Bergabung?

Beberapa situs memang ada yang mengharuskan pembaca untuk mengerjakan sesuatu terlebih dahulu sebelum bisa bertanya atau berkonsultasi melalui perantara situs tersebut dengan dokter spesialis. Salah satu yang harus dikerjakan adalah mendaftar menjadi member, bisa juga dengan join group Facebook dari situs yang bersangkutan. Memang mungkin ini merupakan timbal balik yang dapat Anda lakukan, karena Anda sudah mendapatkan fasilitas konsultasi seputar kesehatan dengan gratis, tanpa biaya sama sekali.

Tenang saja, karena walaupun diminta mendaftar menjadi member dari situs tersebut, tetapi Anda tak akan dipungut biaya apapun. Apabila memang ada situs konsultasi kesehatan online mengharuskan Anda membayar untuk menjadi member mereka, maka Anda dapat menghindari situs tersebut dan mencari yang gratis saja. Karena jika ada yang gratis dan memiliki fasilitas yang sama, bahkan konsultannya juga profesional, mengapa Anda harus memilih yang berbayar? Konsultasi online memang sedang menjadi tren di jaman sekarang ini, di mana semuanya sudah mulai beralih dari offline ke online. Kalau dalam hal ini, sama saja dengan Anda berkonsultasi langsung ke dokter tetapi dilakukan secara online dan yang terpenting gratis.

Menggunakan Forum Kesehatan Online

Selain melalui situs, Anda juga dapat menggunakan forum. Beberapa forum besar memiliki sub forum tersendiri, dalam hal ini misalnya tentang kesehatan. Selain sub forum kesehatan, beberapa forum besar memiliki banyak sub forum lainnya. Anda hanya perlu mencari forum yang cocok, usahakan cari forum yang sudah memiliki jutaan member, sehingga jika Anda mengajukan pertanyaan di forum tersebut, kemungkinan pertanyaan Anda dijawab oleh profesional semakin tinggi.

Ya, memang tidak menutup kemungkinan walaupun Anda bertanya melalui forum, tetapi yang menjawab pertanyaan Anda adalah seorang dokter. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga yang membalas pertanyaan Anda di forum hanya seorang awam, namun mereka memiliki pengalaman tertentu. Forum bersifat lebih bebas dan tidak terlalu terikat. Yang menjawab juga lebih banyak, khususnya jika memang pertanyaan Anda tidak terlalu sulit.

Rata-Rata Dikelola Dokter Muda

Tetapi rata-rata situs kesehatan populer yang memiliki fasilitas konsultasi online dikelola oleh dokter muda. Di mana perkembangan internet jaman sekarang lebih diikuti oleh dokter muda dibandingkan dokter senior. Dokter muda memang banyak yang mengusahakan ini untuk membuat media rujukan pelayanan kesehatan, serta konsultasi kesehatan dokter dengan cara online. Namun tidak sedikit juga dokter yang sekaligus mempromosikan usahanya kepada khalayak luas.

Yang mengelola situs kesehatan dan konsultasi kesehatan ini tak selalu dokter spesialis, tetapi juga tidak menutup kemungkinan dokter umum. Bahkan beberapa situs ada yang sekaligus dikelola oleh beberapa dokter, contohnya saja ada dokter umum, dokter spesialis tenggorokan, dokter spesialis kandungan, dokter spesialis anak, dokter spesialis bedah mulut, dokter spesialis penyakit dalam, spesialis kejiwaan dan mungkin spesialis gizi klinik. Tetapi juga ada beberapa situs kesehatan sekaligus konsultasi online yang hanya menerima pertanyaan seputar topik kesehatan yang terbatas, contohnya seputar kesehatan kehamilan seorang ibu.

Dari sebagian besar jawaban yang diberikan oleh konsultasi dokter online tersebut, biasanya akan mengarahkan orang yang bertanya langsung menemui dokter secara offline. Dan seringkali jawaban yang diberikan hanyalah garis besarnya saja.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}