• Home
  • Blog
  • Berita
  • Telinga Berdenging Sebelah Kiri? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

Telinga Berdenging Sebelah Kiri? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya


By Cindy Wijaya

Suara berdenging terus-menerus di telinga kiri jarang disebabkan oleh masalah kesehatan yang serius. Tapi tetap saja itu bisa sangat mengganggu. Apa sebenarnya penyebab telinga berdenging sebelah kiri? Dan bagaimana cara terbaik untuk mengatasinya?

Masalah telinga berdenging yang bukan berasal dari suara luar dalam istilah kedokteran disebut ‘tinnitus’. Suara berdenging, khususnya pada dua telinga, adalah masalah yang umum dialami—hampir setiap orang pernah mengalaminya setidaknya sekali dalam hidupnya.

Suara tersebut bisa mirip suara dering, siulan, dengung, kicauan, desisan, senandung, raungan, atau bahkan jeritan. Mungkin terdengar berasal dari salah satu telinga atau kedua telinga, dari dalam kepala, atau seperti dari kejauhan. Suaranya mungkin terus-menerus atau terputus-putus, stabil atau naik-turun.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai penyebab dan cara mengatasi telinga berdenging sebelah kiri. Juga tentang tanda-tanda yang menunjukkan bahwa masalah telinga berdenging harus diperiksakan ke dokter.

Apa Penyebab Telinga Berdenging Sebelah Kiri?

Tinnitus di salah satu telinga, kiri maupun kanan, lebih jarang terjadi daripada tinnitus di dua telinga. Adakalanya masalah tinnitus di satu telinga (disebut unilateral tinnitus) disebabkan oleh masalah kesehatan yang cukup serius.

Berikut adalah sejumlah penyebab umum dari unilateral tinnitus. (Sumber: What to know about tinnitus in one ear – Medical News Today)

  • Kotoran telinga: Tinnitus pada satu telinga mungkin disebabkan oleh penumpukan kotoran telinga berlebih. Kotoran telinga yang terlalu banyak bisa meningkatkan tekanan pada telinga bagian dalam, sehingga menyebabkan tinnitus. Anda bisa membersihkan penumpukan kotoran telinga ini dengan bantuan dokter THT.
  • Terus-menerus mendengar kebisingan: Misalnya sering mendengar suara mesin yang keras atau kebisingan konstruksi di tempat kerja atau lingkungan tempat tinggal.
  • Pecah gendang telinga: Gendang telinga yang pecah atau berlubang dapat disebabkan oleh infeksi, cedera fisik, atau cedera akustik (akibat suara terlalu keras). Ini bisa menyebabkan gangguan pendengaran, rasa nyeri, dan tinnitus pada satu telinga.
  • Penyakit Meniere: Ini adalah kondisi yang ditandai penumpukan cairan di telinga bagian dalam. Sering kali menimbulkan vertigo, tekanan yang terasa di telinga bagian dalam, dan tinnitus. Pada penyakit Meniere, telinga berdenging kadang dimulai di satu telinga dan berpindah ke telinga lainnya.
  • Multiple sclerosis: Ini adalah kondisi dimana tubuh menyerang saraf-saraf sehatnya sendiri, menyebabkan masalah komunikasi antara otak dan seluruh tubuh. Multiple sclerosis dapat menimbulkan kerusakan saraf pendengaran, mengganggu sinyal antara otak dan telinga, sehingga menyebabkan gangguan pendengaran atau telinga berdenging sebelah kiri atau kanan.
  • Kista telinga jinak: Dikenal sebagai ‘kolesteatoma’, kista jinak dalam telinga yang dapat disebabkan oleh sel-sel yang menggumpal dan membentuk kantung berisi udara atau cairan. Kantung kecil ini bisa tumbuh dari gendang telinga menuju telinga tengah dan dalam, sehingga menimbulkan peningkatan tekanan. Lalu akhirnya sebabkan banyak hal, mulai dari bocornya cairan di dalamnya hingga mati rasa di wajah dan tinnitus di satu telinga.
  • Ostosklerosis: Kondisi ini bisa terjadi jika ada pertumbuhan tulang abnormal di telingah tengah atau dalam yang mengganggu kemampuan suara untuk merambat. Selain penyebab telinga berdenging sebelah kanan atau kiri, ostosklerosis juga bisa sebabkan gangguan pendengaran di satu telinga, gangguan keseimbangan, vertigo, dan pusing.
  • Kanker: Apapun yang mengganggu saraf di telinga atau menimbulkan tekanan di dalam telinga dapat menjadi penyebab telinga berdenging sebelah kiri atau kanan. Termasuk kanker di salah satu telinga, misalnya tumor di kepala atau leher yang menimbulkan tekanan di telinga atau sel-sel kanker yang mengganggu saraf pendengaran.

Anda disarankan untuk menemui dokter agar mengetahui penyebab telinga berdenging sebelah kiri. Pada umumnya kasus tinnitus di satu telinga dianggap sebagai tanda bahaya, karena sering menandakan sesuatu yang cukup serius.

Di halaman berikutnya akan dijelaskan apa saja tanda bahaya yang menunjukkan bahwa masalah telinga berdenging harus segera diperiksa ke dokter.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}