Efektifkah Saga untuk Pengobatan Amandel

469
Saga untuk Pengobatan Amandel
Sumber Gambar - Flickr

Diedit:

Seberapa efektifkah penggunaan tanaman saga untuk pengobatan amandel? Tentu tak banyak yang mengetahui bagaimana rupa dan khasiat dari tanaman tersebut. Benarkah tanaman ini dapat membantu para penderita amandel dalam mengurangi gejala yang timbul?

Dalam artikel ini Anda akan melihat bagaimana kinerja tanaman saga untuk pengobatan amandel dalam tubuh Anda. Juga bagaimana proses pengolahan tanaman saga sebagai herbal untuk penyakit amandel. Temukan info selengkapnya dalam artikel berikut.

Saga untuk Pengobatan Amandel

Bisa jadi, penderitanya akan mengalami kesulitan saat menelan, yang diikuti dengan demam, bahkan dapat terjadi kejang bila panasnya terlalu tinggi. Pada kasus dimana amandel yang membengkak menghalangi saluran nafas, amandel dapat diangkat melalui tindakan pembedahan kecil.

Namun, ada cukup banyak kasus yang menunjukkan bahwa setelah operasi amandel dilakukan, ada banyak masalah yang muncul, yang berkaitan dengan pernafasan. Karena itu, tidak sedikit orang yang memutuskan mundur dan memilih pengobatan alternatif, salah satunya dengan ramuan tanaman Saga.

Bagian bijinya (patern oster) yang dikenal dengan racunnya yang berbahaya pun tetap dapat didayagunakan sebagai pestisida nabati dan hiasan seperti manik-manik dan kalung.

Pengobatan Amandel

Meski ukurannya terbilang kecil, dengan letak yang tersembunyi dalam rongga mulut, amandel memainkan peranan penting dalam menahan kuman yang masuk lewat mulut. Namun, jika serangan tersebut tak terelakkan, amandel dapat meradang (tonsillitis). Biasanya, peradangan akut pada amandel didahului oleh radang akut pada saluran pernafasan atas dengan gejala seperti batuk atau flu.

Pengobatan Amandel
Sumber Gambar – Shutterstock

Tanaman saga biasanya tumbuh liar di hutan dan semak belukar, tanaman Saga (Abrus precatorius) seringkali ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman obat karena secara empiris, akar dan daun Saga dipercaya dapat menyembuhkan sariawan, batuk, dan radang tenggorokan. Di beberapa negeri, Saga bahkan dapat digunakan sebagai kontrasepsi alami bagi wanita.

Saga sendiri tergolong sebagai tanaman perdu dengan pokok batang yang berukuran kecil dan tumbuh merambat pada tanaman lain. Sedangkan, dedaunan yang dimilikinya, memiliki bentuk menyerupai daun tanaman Asam jawa. Untuk mengobati radang amandel, Anda dapat memanfaatkan bagian daun maupun akar tanaman ini.

Cara Menggunakan Saga

Anda dapat menggunakan akar tanaman Saga yang masih segar ataupun akar kering yang bisa diperoleh di toko yang menjual bahan obat herbal. Untuk membuat ramuannya, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Ambil akar tanaman Saga secukupnya dan ambil satu batang Kayu manis.
  • Cuci kedua bahan hingga bersih. Kemudian, rebus ke dalam 4 gelas air putih hingga mendidih.
  • Tunggu hingga volume air rebusan berkurang hingga setengahnya saja.
  • Saring air rebusan tersebut dan minum rutin sebanyak dua kali sehari.

Seraya Anda mengonsumsi ramuan tersebut, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan berkala untuk mengetahui kondisi amandel Anda. Pastikan apakah pengobatan yang Anda lakukan dengan ramuan tanaman Saga berhasil atau tidak.

Selama pengobatan dengan ramuan Saga ini dilakukan, ada baiknya untuk tidak mengonsumsi minuman yang terlalu dingin, bersoda, dan bergas, maupun minuman-minuman yang dapat mengganggu saluran tenggorokan seperti alkohol, kopi, dan teh.

Apabila segala upaya telah dilakukan dan tidak kunjung membuahkan hasil, mau tidak mau, operasi harus dilakukan untuk mencegah agar peradangan dan infeksi tidak semakin memburuk.

Demikianlah informasi mengenai saga untuk pengobatan amandel. Perlu diketahui bahwa penggunaan herbal ini hanya bersifat mendukung pengobatan saja. Pada kasus yang lebih serius, Anda mungkin membutuhkan bantuan dari tenaga medis profesional seperti dokter.

Baca juga:  Aneka Ragam Manfaat Kesehatan Daun Saga
Advertisement
Alinesia