Mengelaborasi Manfaat Vitamin E untuk Tubuh


By Fery Irawan

Vitamin E merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh. Vitamin E ini merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak dan memiliki fungsi yang sangat baik untuk melindungi tubuh.

Vitamin E dapat menghindarkan kita dari serangan radikal bebas serta mencegah berbagai macam penyakit seperti PMS, lever, dan memperlambat penuaan dini karena proses oksidasi. Dan berikut ini merupakan beberapa manfaat yang diberikan oleh vitamin E untuk kesehatan tubuh.

Mencegah Penyakit Jantung

Peranan vitamin E ini dapat mencegah aterosklerosis yang disebabkan oleh plak pada dinding arteri yang menuju ke jantung.

Adanya plak bisa terbentuk karena adanya proses oksidasi kolesterol darah dan lama-kelamaan material tersebut akan menumpuk dan akhirnya menyumbat saluran arteri.

Nah, vitamin E ini bisa mencegah kolesterol darah dari proses oksidasi sehingga tidak akan terbentuk material-material yang dapat menyumbat saluran arteri sehingga makin sedikit kolesterol yang teroksidasi, semakin sedikit penyebab sumbatan arteri akan menyebabkan resiko penyakit jantung.

Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan antioksidan dalam vitamin E juga sangat berperan dalam mencegah timbulnya penyakit kanker. Mungkin kemampuan vitamin dalam mencegah kanker tidak sekuat kemampuannya dalam mencegah jantung, namun dalam penelitian menunjukkan bahwa para penderita kanker memiliki level vitamin E yang rendah.

Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan penyebab banyak penyakit di dalam tubuh kita, termasuk didalamnya penyakit kanker. Nah, vitamin E ini mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas masuk kedalam tubuh.

Vitamin E ini memiliki kemampuan khusus untuk memproteksi membran sel diterobos oleh radikal bebas. Vitamin E memiliki kemampuan untuk menangkap dan mengikat radikal bebas di dalam membran sel.

Untuk menjalankan tugasnya tersebut, vitamin E dibantu dengan vitamin A, vitamin C, betakaroten, dan juga antioksidan lainnya. Selain itu, para lansia juga sangat membutuhkan banyak asupan vitamin E untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga memperlambat resiko terkena penyakit Alzheimer.

Baca Juga:  Makanan yang Mengandung Vitamin E Tingkat Tinggi

Menjaga Tingkat Kesuburan Pria

Lagi-lagi radikal bebas berpotensi dalam menyebabkan ketidaksuburan pria. Hal tersebut terjadi karena kandungan lemak pada membran sel sperma, yang menyebabkan rentannya sel sperma terhadap serangan radikal bebas. Asupan vitamin E dapat membantu menangkal radikal bebas dan mencegah terjadinya kerusakan sel-sel sperma.

Menjaga Kesehatan Mata

Pembuluh darah pada mata yang sangat lembut sangat mudah sekali rusak akibat radikal bebas. Asupan vitamin E yang cukup membantu mencegah kerusakan pembuluh darah. Selain itu, vitamin E juga membantu melindungi lensa mata dari kerusakan oleh radikal bebas.

Orang dengan asupan vitamin E yang rendah memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit katarak pada masa lansianya. Asupan vitamin E sebanyak 400 IU per harinya pada masa muda akan menurunkan resiko katarak pada masa lansianya sampai sekitar 50%. Dengan fakta demikian, tak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak mementingkan konsumsi vitamin E yang sangat banyak khasiatnya tersebut.

Itulah beberapa khasiat vitamin E dan tentu masih banyak lagi khasiatnya yang belum terungkap. Meskipun banyak sekali khasiat vitamin E, konsultasilah lebih dahulu dengan dokter sebelum Anda menggunakan atau mengonsumsi suplemen vitamin E ini karena bagaimanapun juga memakai sesuatu secara berlebihan dapat menjadi tidak baik. Maka, mulai saat ini jagalah kondisi Anda supaya tetap bugar dan sehat salah satunya dengan konsumsi vitamin E secara bijak.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}