Manfaat Kesehatan Buah Delima

558

Diedit:

Sudah sepantasnya kita bangga dengan alam Indonesia yang sangat kaya dengan berbagai kekayaan alam didalamnya. Hutan dan laut kita memiliki kekayaan hayati yang melimpah yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan alami.

Contohnya, buah Delima yang memiliki banyak kandungan manfaat untuk menyembuhkan aneka macam penyakit seperti radang gusi, perdarahan, mempercepat penyembuhan luka, cacingan, tenggorokan kering, keputihan, batuk, suara serak maupun untuk menurunkan berat badan.

Delima yang memiliki nama latin Punica granatum L ini ialah tanaman dari famili Punicaceae yang tersebar di berbagai daerah subtropik sampai tropik.

Di Indonesia juga banyak ditemukan Delima dengan sebutan yang beragam untuk tiap-tiap daerahnya. Di Aceh misalnya, disebut dengan Glima, di Batak dengan Dalimo, Sunda dengan Dalima, Sasak dengan Jeliman dan masih banyak lagi.

Ada banyak kandungan zat di dalam buah Delima ini seperti granatin, betulic acid, ursolic acid, elligatanin, resin, kalsium oksalat, maupun juga pati, dan di dalam kulit akar dan kulit kayunya mengandung 1% senyawa alkaloid, 20% elligatanin, metilpelletirine, pseudopelletierine, dan lainnya.

Sedangkan daun tanamannya mengandung kalsium oksalat, lemak, sulfur,  tanin, dan alkaloid. Delima telah banyak digunakan untuk menyembuhkan aneka macam penyakit oleh masyarakat secara tradisional. Mari kita perhatikan beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh khasiat dari Delima ini.

Menjauhkan Kanker

Mungkin belum banyak diketahui bahwa Delima ini dapat menyebabkan sel-sel kanker merusak dirinya atau merangsang apoptosis (proses bunuh diri sel kanker).

Penelitian laboratorium menunjukkan bahwa jus Delima yang tidak diberi pemanis akan memicu apoptosis sel kanker payudara, kanker kolon, dan kanker prostat dengan mengaktifkan gen dan enzim yang  berfungsi dalam mengatur apoptosis pada sel-sel kanker.

Baca juga:  Manfaat Buah Delima

Melindungi Jantung

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jus Delima sekitar 8 ons setiap hari dalam jangka 3 bulan sangat membantu dalam mengurangi kadar kolesterol jahat, meningkatkan sirkulasi darah ke jantung pada pasien jantung koroner, dan dapat menurunkan tekanan darah serta mengurangi adanya penyempitan arteri yang memasok darah ke otak.

Mengurangi Stres

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Queen Margaret University Edinburgh ditemukan bahwa jus Delima dapat membantu menyingkirkan stres dan menenangkan hati.

Hal tersebut bisa terjadi karena Delima bisa mengurangi kadar kortisol atau hormon stres di dalam air liur kita sekaligus mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik sehingga sangat membantu Anda untuk lebih rileks. Cukup dengan mengonsumsi jus Delima sebanyak 2,5 gelas sehari maka Anda bisa mengurangi kadar stres.

Memerangi Kanker Payudara

Kanker payudara memang menjadi momok bagi kalangan wanita saat ini. Namun, jangan khawatir karena dengan mengonsumsi jus buah Delima secara konsisten maka akan membantu mencegah dan mengurangi beberapa tipe kanker payudara.

Dalam penelitian diketahui bahwa buah Delima mengandung phytochemicals yang disebut ellagitannin dalam jumlah yang cukup. Ellagitannin ini dapat mengurangi perkembangan sel kanker payudara yang responsif terhadap estrogen.

Cara bekerjanya ialah dengan menghambat aromatase, enzim utama yang digunakan tubuh untuk memproduksi estrogen dan memiliki peran penting pada perkembangan payudara.

Mencegah Kanker Prostat

Jus buah Delima ternyata mampu mencegah terjadinya kanker prostat sebagaimana yang telah dibuktikan oleh ilmuwan dari University of California. Ketika senyawa dalam Delima disuntikkan, maka akan terjadi adhesi atau tarik-menarik antar sel kanker.

Hal tersebut menjadi penanda bahwa sel kanker tersebut lebih sedikit memisahkan diri dan membuat mereka cenderung  kurang menyebar ke seluruh bagian tubuh.

Baca juga:  Efektifkah Delima untuk Pengobatan Cacingan

Itulah beberapa khasiat yang dimiliki oleh buah Delima. Mengonsumsi buah Delima secara rutin sangat bermanfaat menyembuhkan berbagai macam penyakit berbahaya seperti telah dijelaskan di atas.

Delima murah dan tidak akan menyebabkan efek samping apapun. Mungkin Anda tidak akan merasakan hasilnya secara spontan seperti ketika kita meminum obat-obatan medis. Namun “alon-alon asal kelakon” yang penting mengonsumsi buah Delima agar dapat merasakan khasiat luar biasa yang dimilikinya.

Advertisement
Alinesia