Efektifkah Delima untuk Pengobatan Cacingan

451
Delima untuk Pengobatan Cacingan
Sumber Gambar - Google

Diedit:

Tanaman buah Delima atau yang akrab dikenal dalam bahasa Inggrisnya, Pomegranate, adalah salah satu tanaman langka yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satu khasiat tanaman Delima yang paling dahsyat adalah dapat mengobati seseorang dari infeksi cacing (cacingan). Jadi, mulai sekarang, Anda tidak perlu khawatir lagi jika buah hati Anda terindikasi menderita cacingan. Tapi seberapa efektif penggunaan delima untuk pengobatan cacingan?

Dalam artikel ini Anda akan melihat bagaimana buah delima untuk pengobatan cacingan digunakan oleh kebanyakan orang. Bagaimana proses pengolahan delima hingga menjadi herbal yang bermanfaat menumpas cacing dalam pencernaan? Temukan info selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Delima untuk Pengobatan Cacingan

Tanaman Delima (Punica granatum) merupakan tanaman tropis perdu dengan bentuk pohon kecil atau sedang. Yang paling terkenal dari tanaman ini adalah buahnya.

Buah Delima di Indonesia terbagi menjadi tiga jenis yaitu Delima merah, Delima putih, dan Delima ungu. Buah dengan diameter mencapai 12 cm ini, dikenal memiliki zat antiradikal bebas yang tinggi.

Selain itu, buah Delima juga dikenal karena bentuknya yang unik. Buah Delima berbentuk bulat dengan biji yang banyak tersebar di dalamnya.

Sayangnya, daging buah Delima yang berwarna transparan sangat tipis. Saat memakan buah yang juga disebut sebagai buah surga ini, Anda seolah-olah hanya menemukan bijinya saja di dalam buah.

Tanaman dengan tinggi maksimal sekitar lima meter ini merupakan tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan semua bagiannya sebagai obat.

Pengobatan Cacingan

Untuk mengobati penyakit cacingan, bagian tanaman Delima yang dimanfaatkan adalah akar dan kulit buahnya. Akar dan kulit buah Delima mengandung senyawa alkaloid peletierin yang dikenal ampuh melumpuhkan cacing yang menginfeksi tubuh manusia, seperti cacing kremi, cacing gelang, hingga cacing pita.

Pengobatan Cacingan
Sumber Gambar – Shutterstock

Senyawa tersebut membuat cacing yang menempel, melepaskan diri dari usus dan ikut larut bersama kotoran. Oleh sebab itu, Delima sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak karena anak-anak adalah kelompok umur yang paling mudah terinfeksi cacingan.

Cara Menggunakan Delima

Untuk membuat ramuan herbal dari tanaman Delima, Anda tidak perlu repot mencari akar Delima yang masih segar. Akar Delima yang sudah dikeringkan juga dapat dimanfaatkan.

Bahan tersebut dapat ditemukan pada toko yang biasa menjual bahan obat tradisional. Untuk membuat ramuan herbalnya, ikuti langkah berikut.

  • Ambil 7 gram akar Delima yang sudah dikeringkan. Lalu, potong-potong menjadi bagian yang lebih kecil.
  • Rebus akar Delima yang sudah dipotong dalam satu gelas air putih hingga mendidih selama 15 menit.
  • Matikan api dan diamkan sampai dingin. Lalu, saringlah air sari rebusan tersebut.
  • Minum air rebusan tersebut secara rutin satu kali setiap hari sebelum sarapan.

Sebaiknya tidak mengonsumsi Delima secara berlebihan. Beberapa orang yang tidak terbiasa dengan kandungan alkaloid dapat merasakan efek pusing, lemas, bahkan penglihatan dapat menjadi kabur.

Karena pengobatan dengan Delima dianjurkan dilakukan secara rutin, alangkah baiknya bila dibarengi dengan konsultasi ke dokter mengingat kandungan alkaloid pada Delima. Anda atau keluarga yang menderita cacingan bisa mengonsumsi ramuan herbal ini secara rutin dengan takaran yang semestinya supaya efek pengobatannya paten dan tidak menyebabkan timbulnya masalah kesehatan baru.

Demikianlah informasi lengkap terkait dengan delima untuk pengobatan cacingan. Sekarang Anda tak perlu khawatir jika mengalami cacingan. Namun, ingatlah bahwa sebelum mengonsumsi obat apapun, baik itu obat medis maupun herbal. Cobalah untuk melakukan pemeriksaan medis terlebih dahulu. Sehingga pengobatan yang dijalani benar-benar sesuai dengan gejala yang dirasakan.

Baca juga:  Manfaat Buah Delima
Advertisement
Alinesia