Masuk Angin: Penyakit Ringan yang Jangan Diremehkan

530

Diedit:

Masuk angin mungkin terdengar sebagai penyakit ringan dan tidak membahayakan nyawa, walaupun begitu, Anda jangan sampai meremehkan masuk angin. Anda sebaiknya tetap mengetahui bagaimana cara mengobati penyakit ini. penyakit ini terjadi karena gas yang berkumpul, yang tak merata pada tubuh Anda. Hingga sekarang masih belum dapat ditemukan bukti medis dalam mendukung klaim terkait penyakit yang satu ini.

Apabila dicermati, penyakit yang membuat tubuh merasa tak nyaman ini sedikit mirip dengan penyakit influenza, namun tetap saja merupakan jenis penyakit yang berbeda, tetapi jika Anda melihat dari sisi gejala yang terjadi, hampir sama. Mari kenali lebih jauh tentang penyakit masuk angin.

Faktor Penyebab Masuk Angin

Sekarang, mari mengetahui faktor penyebab masuk angin secara lebih mendetail. Udara dingin yang berlebihan merupakan salah satu faktor penyebab utama orang banyak terserang penyakit ini. Banyak sekali contoh keadaan sekitar yang menyebabkan gangguan kondisi kesehatan ini, misalnya saja, cuaca dingin, bermain hujan-hujanan, di ruangan AC terlalu lama. Tak hanya itu saja, masih ada penyebab lain masuk angin terjadi pada seseorang, seperti salah makan, terlalu banyak tertawa, kurang kentut, dan terlalu lelah. Tetapi jika daya tahan atau antibodi tubuh Anda kuat, maka Anda tak akan mudah terserang penyakit masuk angin ini, dan berlaku sebaliknya.

Gejala Masuk Angin

Adapun gejala jika seseorang terserang penyakit ini yakni tubuh mulai terasa mual, meriang panas dingin, pusing kepala, perut kembung. Karena itu, orang yang tak mempunyai daya antibodi tubuh yang kuat akan kurang kuat terhadap dingin, sekali saja orang tersebut memasuki atau tinggal di daerah dingin, maka orang tersebut akan mudah terserang masuk angin. Daerah dingin ini tak harus di pegunungan, namun juga bisa saat musim hujan serta ruang ber-AC, seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Baca juga:  Apa Sebenarnya Masuk Angin Itu?

Penyebab lain masuk angin karena telat makan, jika telat makan maka perut pun menjadi kosong, kemudian angin bisa mengisi perut terlebih dahulu, karena itu perut Anda pun akan terasa kembung atau penuh. Rasa mual pun dapat terjadi, walaupun begitu, rasa mual karena masuk angin yang satu ini tak bisa Anda muntahkan.

Masuk Angin karena Kurang Tidur

Kurang tidur juga berperan dalam meningkatkan resiko seseorang terserang penyakit ini. Alasannya adalah karena jika seseorang kurang tidur atau kurang istirahat, maka daya tahan tubuh akan ikut turun. Apalagi jika asupan nutrisi tubuh kurang, resiko terserang penyakit yang terbilang umum ini akan semakin tinggi lagi. Karena itu, bagi Anda yang memiliki kebiasaan begadang sebaiknya mulai dikurangi dari sekarang, sebab selain penyakit masuk angin, Anda juga beresiko terserang penyakit yang lain, semua itu karena daya antibodi tubuh yang turun.

Cara Alami Mengatasi Masuk Angin

Terdapat cara alami jika Anda tak menginginkan menggunakan obat masuk angin di apotik. Ubi merah merupakan salah satunya. Cara mengolah ubi merah menjadi obat tradisional sangatlah mudah, Anda sudah pasti bisa melakukannya. Pertama, Anda siapkan terlebih dahulu satu ubi merah, kupas kulitnya, cuci sampai benar-benar bersih. Kedua, rebus ubi merah tersebut, campur dengan rempah-rempah (Gula merah, jahe merah, cengkeh 4 butir, kapulaga 8 butir, kayu manis 1 ruas ibu jari), rebuslah bersamaan, setelahnya ramuan tradisional berbahan utama ubi merah ini dapat Anda konsumsi, untuk menyembuhkan penyakit masuk angin.

  • Minuman hangat

    Mengobati masuk angin menggunakan obat tradisional, bisa dengan meminum minuman hangat. Hindari konsumsi minuman es ketika Anda masuk angin, untuk sementara waktu hingga Anda benar-benar sembuh. Minuman hangat yang boleh Anda coba, contohnya teh hangat dan jahe hangat. Memang lebih baik minum jahe hangat, karena efek alami menghangatkan dari jahe yang akan Anda rasakan. Selain itu, Anda juga dapat menyiapkan minyak telon dan minyak kayu putih, untuk membantu menghangatkan badan, bisa Anda oleskan salah satu dari minyak tersebut ke daerah perut Anda. Anda juga dapat menghilangkan masuk angin dengan cara tradisional berupa kerokan, kerokan menggunakan koin, sementara bagian punggung dioleskan minyak kayu putih atau minyak telon. Cara kerokan ini merupakan cara favorit, khususnya oleh penduduk desa. Anda juga akan merasa nyaman ketika dikerok, saat masuk angin.

  • Daun pepaya

    Bahan pengobatan tradisional yang berikutnya adalah dengan menggunakan daun pepaya. Dalam mengolah daun pepaya menjadi obat alami masuk angin yaitu dengan dibuat rebusan. Kemudian Anda dapat meminum air rebusan daun pepaya tersebut, jangan lupa dibersihkan dahulu. Memang rasanya pahit, namun jangan memperhatikan itu, tetapi perhatikan khasiat positif yang akan Anda rasakan. Daun pepaya memang sudah banyak digunakan sebagai salah satu jenis tanaman herbal, juga untuk herbal penyembuh sakit masuk angin.

  • Buah dengan kandungan vitamin C tinggi

    Untuk menyembuhkan penyakit masuk angin, Anda juga bisa mengkonsumsi buah dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Beberapa contoh buah tersebut misalnya buah jeruk, tomat, strawberry, serta buah lain yang memiliki rasa kecut. Biasanya buah dengan rasa kecut, kandungan vitamin C nya tinggi. Kandungan vitamin C dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga Anda akan lebih kebal terhadap serangan penyakit, termasuk masuk angin – Tetapi harap Anda ingat, untuk Anda yang memiliki masalah dengan penyakit maag, sebaiknya jangan konsumsi buah yang bersifat kecut terlalu banyak, karena sakit maag dapat bertambah parah. Bagi Anda yang menderita penyakit maag bisa menggunakan metode herbal yang lain.

Baca juga:  Apa Sebenarnya Masuk Angin Itu?

Demikianlah cara-cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi masuk angin. Masuk angin bisa menjadi gejala dari penyakit berat yang serius. Jadi, jika tidak segera ditangani maka bisa menjadi berbahaya. Anda perlu memeriksa lebih cermat keluhan-keluhan yang dirasakan dari masuk angin yang sedang dialami. Dan jangan segan-segan temui dokter jika dirasakan masuk angin tersebut sudah parah.

Advertisement
Alinesia