Manfaat Terbaik dari Herbal Spirulina: Bagian 1

192

Diedit:

Belakangan dengan berkembangnya budaya pola makan sehat, rasanya memang setiap hari Anda mendengar jenis makanan baru yang masuk dalam daftar makanan sehat. Dan salah satunya adalah Spirulina. Makanan satu ini dikatakan memiliki sederet manfaat. Apakah manfaat spirulina ini nyata? Mari kita coba telusuri kebenarannya.

Spirulina adalah ganggang, jenis rumput laut yang pastinya tak asing bagi Anda. Anda mungkin juga tak jarang untuk mengkonsumsi jenis ganggang laut karena dalam budaya kita ganggang lazim dikonsumsi sebagai bagian dari minuman segar seperti es buah atau es campur. Sedang di beberapa negara Asia Timur, rumput laut biasa dimanfaatkan sebagai jenis sayuran pada beragam jenis hidangan utama.

Tetapi apa yang membuat spirulina istimewa dan lebih dari ganggang lain? Jenis ini memiliki warna yang kuat yakni hijau kebiruan dengan kadar protein yang sangat tinggi berasal dari senyawa yang terhimpun dalam tubuhnya. Tak hanya protein, karena kandungan nutrisi dalam spirulina demikian lengkap dengan kalori yang relatif rendah dan bebas lemak. Tak ada alasan menjadikannya salah satu nutrisi terbaik dari alam.

Dalam prosesnya, spirulina ini kemudian diolah untuk diambil ekstraknya. Terbukti dalam sejumlah riset, bubuk ekstrak spirulina memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap sampai dijadikan sebagai salah satu suplemen bagi para astronot yang terbang di antariksa.

Apa yang Terdapat dalam Spirulina?

Dalam laman beingsecret, dijelaskan setidaknya 70% bagian dari spirulina adalah protein dan asam amino essensial. Ini membuat komponen kalori dalam spirulina sepenuhnya siap diolah sebagai massa otot dan energi sehat. Kandungan protein dalam sayuran selama ini tak pernah mencapai angka prosentasi demikian besar.

Kemudian, kelebihan dari spirulina lain adalah faktor warnanya yang unik. Warna hijau kebiruan yang membuatnya menyerupai warna lautan dangkal ini ternyata merupakan sumber nutrisi terbaik. Berasal dari senyawa unik bernama Phycocyanin, yang ternyata memiliki kemampuan anti oksidan sangat tinggi, baik sebagai anti kolesterol dan memberi dorongan terbaik untuk regenerasi sel serta pemicu anti gen kanker.

Untuk lebih jelasnya, mari kita coba mengulas satu demi satu apa saja manfaat spirulina untuk kesehatan Anda.

  • Membantu pembentukan massa otot

    Komponen terpenting dari otot adalah protein, dan dengan mengasup cukup protein, maka otot akan terbentuk dengan sempurna sekaligus membantu menghindari tubuh terbungkus terlalu banyak lapisan lemak.

    2 Sendok makan spirulina bubuk setiap hari sudah sangat membantu Anda memenuhi kebutuhan protein dan asam amino dalam tubuh. Demikian yang diungkap oleh University of Maryland Medical Center. Dan karenanya justru tidak disarankan untuk mengkonsumsi spirulina berlebihan demi mempertahankan kadar protein dalam tubuh berada dalam level normal atau justru liver Anda akan bekerj ekstra mengatasi kelebihan protein tadi.

  • Sumber nutrisi terlengkap

    Dalam sumber beingsecret juga nutritiondata self diungkap bahwa dalam spirulina ditemukan kandungan nutrisi yang demikian lengkap dengan kadar yang relatif tinggi. Tak salah memang kemudian NASA menjadikannya sebagai suplemen wajib kalangan astronot.

    Anda bisa menemukan deretan vitamin mulai dari vitamin A, C, B Kompleks, D, K dan E. Sedang mineral yang terkandung di dalamnya termasuk fosfor, kalsium, zat besi, zink, magnesium, kalium hingga sodium.

    Kandungan nutrisi dalam spirulina bahkan baik untuk diasup oleh anak-anak, remaja hingga dewasa dan manula, juga baik untuk pekerja keras, masa penyembuhan, ibu hamil dan masa menyusui.

  • Mendukung program diet Anda

    Sebagai sumber nutrisi terbaik, disertai dengan deretan anti oksidan dan kandungan serat yang sangat tinggi, jelas spirulina adalah pilihan terbaik untuk suplemen diet. Memang tidak bekerja langsung mengenyahkan lemak dalam tubuh Anda tetapi membantu mendorong perbaikan pencernaan, mengatasi sembelit dan membantu memicu metabolisme.

    Tidak hanya itu, berkat kandungan nutrisinya yang sangat lengkap, spirulina akan menjadi solusi cepat bagi pelaku diet yang terpaksa membatasi makanan demi mengurangi asupan kalori dalam tubuh. Dengan kadar kalori yang rendah, Anda bisa mendapatkan manfaat spirulina untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanpa menambah banyak asupan kalori.

  • Mengendalikan kadar kolesterol darah

    Dalam riset yang dirilis dalam National Institutes of Health tahun 2008 dengan tajuk A randomized double-blind, placebo-controlled study to establish the effects of spirulina in elderly Koreans diungkap bahwa spirulina ternyata efektif membantu mengatasi kelebihan kolesterol jahat dalam tubuh.

    Dalam riset pasien dengan kadar LDL tinggi menjalankan terapi spirulina selama 16 minggu dengan kadar spirulina 8 gram. Dari proses ini diketahui pasien mengalami penurunan kadar kolesterol jahat dengan level sangat baik. Spirulina juga terbukti mencegah kerusakan dinding pembuluh darah akibat penumpukan plak kolesterol atau arteroklerosis. Sejumlah riset senada juga membuktikan keampuhan spirulina sebagai anti kolesterol.

  • Menormalkan kadar tekanan darah

    Di satu sisi dengan kandungan zink dan zat besi dalam spirulina, maka spirulina membantu mengatasi tekanan darah rendah dengan efektif. Tetapi kandungan kalium, magnesium dan sejumlah anti oksidan di dalamnya juga bekerja mengatasi kenaikan tekanan darah atau hipertensi.

    Sebuah studi membuktikan mengasup spirulina dengan kadar 4,5 gram sehari selama 6 minggu terbukti membantu menurunkan kadar tekanan darah dengan efektif, bahkan tanpa perubahan pola makan. Demikian menurut Biomed Central tahun 2007 dengan jurnal bertajuk Antihyperlipemic and antihypertensive effects of Spirulina maxima in an open sample of mexican population: a preliminary report.

  • Membantu mengatasi anemia

    Sebagaimana dijelaskan, bahwa dalam spirulina terkandung komponen penting pembentuk sel darah merah dan hemoglobin, sebut saja vitamin B, zink dan tentu saja zat besi. Dan karenanya jelas mengasup suplemen spirulina adalah salah satu jalan untuk mengatasi anemia. Mengasupnya secara rutin akan membantu tubuh mengatasi anemia dalam jangka pendek, tetapi juga mengatasi anemia dalam jangka panjang.

  • Mengatasi masalah lemah otot dan lelah

    Pada beberapa negara, spirulina juga dimanfaatkan sebagai suplemen bagi atlet, ini karena terbukti bahwa spirulina dengan kandungan nutrisinya membantu otot bertahan dalam tekanan dalam jangka lebih lama, menutrisi otot untuk mencegah terjadinya kram, kejang dan efek lelah yang berat.

    Dalam jurnal Ergogenic and antioxidant effects of spirulina supplementation in humans berdasarkan riset pada Institute of Human Performance and Rehabilitation, Center for Research and Technology tahun 2010 dikatakan bahwa spirulina mengandung sejumlah nutrisi asam amino essensial, vitamin dan mineral yang mendorong ketahanan otot dan mencegah kerusakan otot akibat tekanan tinggi.

Baca juga:  Manfaat Rumput Laut Sebagai Salah Satu Superfood

Itu tadi baru 7 manfaat spirulina dari deretan manfaat yang akan kami ungkap lebih lanjut. Masih penasaran dengan beragam manfaat spirulina lainnya? Kami masih akan melanjutkan informasi lengkap seputar manfaat spirulina ini dalam kesempatan berikutnya.

Apabila Anda bermasalah dengan alergi, jerawat, atau gula darah tinggi, maka bagian artikel selanjutnya ini akan menjelaskan manfaat spirulina bagi masalah-masalah kesehatan tersebut. Silakan baca: Manfaat Terbaik Dari Herbal Spirulina—Bagian 2.