Manfaat Minyak Kayu Putih

871

Diedit:

0
()

Minyak kayu putih, tiga kata yang amat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Banyak orang Indonesia, mulai dari yang paling muda sampai yang paling tua menggunakan minyak kayu putih untuk mengatasi berbagai keluhan. Mulai dari sekadar menghangatkan badan, mengobati masuk angin, sampai meringankan pegal-pegal. Memang ada banyak manfaat minyak kayu putih.

Minyak kayu putih didapatkan dari proses penyulingan pohon kayu putih (Melaleuca leucandendra). Pohon ini masih berkerabat dengan pohon teh karena berasal dari genus yang sama. Minyak kayu putih juga digunakan sebagai aromaterapi untuk meredakan gangguan pernapasan. Ada pula yang mengolahnya menjadi balsam dan salep.

Berikut adalah beberapa diantara manfaat minyak kayu putih.

Mengobati penyakit kulit. Minyak kayu putih diyakini sanggup membantu mengobati penyakit kulit, misalnya infeksi kulit, luka di organ intim wanita, dan luka bernanah. Jika Anda mengalami penyakit kulit, cobalah oleskan minyak kayu putih pada bagian luka tersebut.

Membantu menenangkan badan dan pikiran. Minyak kayu putih punya aroma khas yang bisa bikin pikiran dan badan lebih rileks serta membantu mengurangi nyeri di persendian. Jika ingin merasakan efeknya, cobalah untuk berendam air hangat yang sudah ditetesi minyak kayu putih. Cara ini bisa membuat seluruh tubuh Anda terasa rileks.

Menghaluskan kulit. Anda bisa memijat kulit dengan menggunakan minyak kayu putih. Disamping untuk menghaluskan kulit, minyak kayu putih juga bisa memudarkan flek atau noda pada kulit. Sebaiknya manfaatkan minyak kayu putih yang mengandung vitamin E untuk mempermudah pemijatan.

Menghilangkan bakteri. Bagi Anda yang gemar mencukur rambut di permukaan kulit, cobalah mengoleskan minyak kayu putih pada kulit untuk mengobati luka halus akibat bercukur dan mencegah infeksi bakteri, jamur, maupun virus.

Baca juga:  13 Manfaat Minyak Kayu Putih yang Tak Terbayangkan

Merawat kulit. Manfaat minyak kayu putih dalam merawat kulit adalah untuk menghaluskan serta melembutkan permukaan kulit. Anda bisa mencoba membuat sendiri krim scrub dengan mencampurkan krim scrub biasa dengan beberapa tetes minyak kayu putih.

Menurunkan demam. Anda bisa memanfaatkan minyak kayu putih untuk meredakan demam. Teteskan sekitar 20 tetes minyak kayu putih ke dalam seember air. Rendam kain di air ini dan letakkan kain basa tersebut ke kulit. Ini akan memberikan efek pendinginan untuk membantu menurunkan demam, tapi hentikan cara ini apabila Anda merasa kedinginan.

Meringankan kram otot. Tambahkan sekitar 1 cangkir garam, kemudian tambahkan 20 tetes minyak kayu putih dan minyak lavender ke dalam air hangat untuk mandi. Berendamlah di air hangat ini dan dengan lembut pijat-pijat otot yang terasa sakit dan kram. Hal ini akan membantu meringankan nyeri pada otot.

Itulah beberapa manfaat minyak kayu putih yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 tidak bermanfaat / 5 sangat bermanfaat)

Rating: / 5. Pemilih:

Ikuti media sosial kami untuk terus terhubung dengan deherba.com!

Maaf sekali artikel ini belum bermanfaat untuk Anda

Bantu kami untuk meningkatkan artikel ini!

Beritahukan apa yang bisa kami lakukan untuk meningkatkan mutu artikel ini?