8 Manfaat Minum Air Serai Setiap Hari


By Cindy Wijaya

Banyak orang kini memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah diperoleh sebagai suplemen atau obat alami. Salah satu yang mudah diperoleh dan sering ada di dapur rumah kita adalah serai. Serai biasanya digunakan untuk mengharumkan dan menambah cita rasa masakan.

Tapi rupanya ada manfaat minum air serai setiap hari bagi kesehatan Anda. Jadi bukan hanya dimanfaatkan sebagai bumbu saja, Anda pun bisa membuat air serai untuk diminum sebagai herbal sehari-hari.

Apa Manfaat Minum Air Serai Setiap Hari?

Serai sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk meningkatkan kualitas tidur, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Salah satu cara paling populer untuk menikmati serai adalah dengan merebusnya untuk diminum sebagai teh serai. Berikut adalah sejumlah manfaat minum air serai setiap hari yang bisa Anda peroleh. (Sumber: 10 Reasons to Drink Lemongrass Tea – Healthline)

Bantu Cegah Kanker

Sejumlah kandungan serai bantu melawan kanker. Contohnya kandungan citral dalam serai dianggap punya manfaat anti-kanker yang kuat terhadap beberapa jenis sel kanker.

Kandungan-kandungan serai tersebut bantu melawan kanker dengan cara menyebabkan kematian sel kanker secara langsung atau dengan meningkatkan sistem kekebalan sehingga tubuh Anda lebih mampu melawan kanker dengan sendirinya.

Teh serai kadang digunakan sebagai terapi tambahan selama kemoterapi dan radiasi. Namun konsumsinya sebaiknya hanya dilakukan di bawah pengawasan seorang dokter ahli.

Bantu Sehatkan Pencernaan

Secangkir teh serai adalah obat alami untuk sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya. Sebuah penelitian yang diterbitkan National Institutes of Health menunjukkan bahwa serai juga efektif mengatasi tukak lambung (maag).

Penelitian itu mendapati bahwa minyak esensial dari daun serai bantu melindungi dinding lambung dari kerusakan akibat aspirin dan etanol. Sebagai info, sering menggunakan obat aspirin adalah penyebab umum dari tukak lambung.

Bantu Kendalikan Kadar Kolesterol

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research menunjukkan bahwa ekstrak minyak serai bantu menurunkan kolesterol. Lalu penelitian lain memastikan keamanan konsumsi minyak esensial serai setiap hari hingga dosis 100 mg.

Namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memeriksa apakah manfaat minum air serai setiap hari sama dengan manfaat yang diberikan minyak serai.

Bantu Turunkan Berat Badan

Manfaat minum air serai setiap hari berguna sebagai detoks untuk memacu metabolisme dan bantu menurunkan berat badan. Meski begitu, kebanyakan penelitian tentang serai dan penurunan berat badan bersifat anekdot, bukan ilmiah.

Karena serai adalah diuretik alami, jadi jika dikonsumsi dalam jumlah cukup, berat badan juga kemungkinan besar akan turun. Secara umum, mengganti soft drinks dan minuman manis lainnya yang biasa diminum dengan teh herbal seperti serai dapat membantu mencapai berat badan ideal Anda.

Bantu Meringankan Gejala PMS

Teh serai juga bermanfaat sebagai obat PMS alami untuk meredakan kram dan kembung akibat menstruasi. Meski belum dilakukan penelitian spesifik berkenaan dengan manfaat serai untuk PMS, tapi secara teori, karena khasiat anti-inflamasi dan penenang perutnya, maka serai dapat membantu meringankan PMS.

Punya Khasiat Antioksidan

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, serai mengandung sejumlah antioksidan, yang bantu mengatasi radikal bebas di tubuh yang dapat menyebabkan penyakit.

Sejumlah antioksidan dalam serai antara lain chlorogenic acid, isoorientin, dan swertiajaponin. Antioksidan tersebut dapat membantu mencegah disfungsi sel-sel di dalam arteri koroner Anda.

Punya Khasiat Antimikroba

Manfaat minum air serai setiap hari dapat membantu mengatasi infeksi mulut dan gigi berlubang, karena khasiat antimikrobanya. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan National Institutes of Health, minyak esensial serai mampu melawan bakteri Streptococcus mutans, bakteri yang paling bertanggung jawab atas kerusakan gigi.

Punya Khasiat Anti-Inflamasi

Inflamasi (peradangan) dianggap sebagai pemicu dalam banyak penyakit, termasuk penyakit jantung dan stroke. Berdasarkan Memorial Sloan Kettering Cancer Center, dua senyawa utama dalam serai, yaitu citral dan geranial, dianggap bertanggung jawab atas manfaat anti-inflamasinya. Kedua senyawa ini bantu menghentikan pelepasan marker penyebab inflamasi tertentu di tubuh Anda.

Cara Membuat Air Rebusan Serai

Mengingat manfaat minum air serai setiap hari yang cukup banyak, Anda mungkin tertarik untuk mencobanya. Cara membuat air rebusan serai sangat mudah, berikut langkah-langkahnya.

  • Siapkan 1-2 serai yang masih segar, iris kecil-kecil.
  • Masak air satu gelas dalam panci sampai mendidih, lalu masukkan irisan serai tadi.
  • Tunggu selama 10-15 menit atau sampai air rebusannya berwarna kekuningan.
  • Saring untuk memisahkan irisan serai dan airnya.
  • Air rebusan serai bisa diminum dalam keadaan hangat ataupun dingin.

Di samping membuat air rebusan serai, Anda juga bisa membuat teh serai dengan cara menyeduhnya. Berikut langkah-langkahnya. (Sumber: What are the health benefits of lemongrass tea? – Medical News Today)

  • Siapkan 1-2 batang serai, iris kecil-kecil dan masukkan ke dalam cangkir.
  • Masak segelas air sampai mendidih.
  • Tuangkan air mendidih ke cangkir berisi irisan serai hingga terendam.
  • Biarkan batang serai terendam setidaknya selama 5 menit.
  • Saring air seduhannya dan tuangkan ke dalam cangkir teh.

Anda bisa meminumnya dalam keadaan hangat atau dingin. Boleh juga ditambahkan es batu agar rasanya lebih segar. Teh serai memiliki rasa mirip jeruk yang segar.

Aturan Minum Rebusan Serai

Bolehkah minum air rebusan serai setiap hari? Belum ada cukup penelitian untuk memastikan berapa dosis standar minum teh serai. Jika memungkinkan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan dosis minum rebusan serai yang aman sesuai kondisi Anda.

Namun pada umumnya Anda boleh minum 1 gelas air rebusan serai setiap hari. Jika dirasa tidak ada efek samping pada tubuh, Anda bisa melanjutkan meminumnya. Tapi sebaiknya berhenti atau kurangi dosisnya jika Anda mengalami efek samping seperti pusing, mulut kering, rasa lelah, atau gejala-gejala lainnya.

Kapan waktu terbaik minum air rebusan serai? Anda boleh meminum air rebusan serai kapan pun, tergantung pada keadaan dan kebutuhan. Misalnya, Anda bisa meminumnya setelah makan jika Anda memiliki masalah lambung.

Kesimpulan tentang Manfaat Minum Air Serai Setiap Hari

Apa saja manfaat minum air serai setiap hari? Anda bisa mendapat sederet manfaat berikut: bantu cegah kanker, sehatkan pencernaan, kendalikan kolesterol, turunkan berat badan, ringankan gejala-gejala PMS, serta mendapat khasiat antioksidan, antimikroba, dan anti-inflamasi.

Bagaimana cara membuat air rebusan serai? Anda cukup mendidihkan segelas air lalu masukkan irisan 1-2 serai ke dalamnya. Tunggu 10-15 menit lalu saring airnya. Air rebusan serai bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin.

Bagaimana aturan minum rebusan serai? Anda boleh meminum 1 gelas air rebusan serai setiap hari. Tetapi hentikan atau kurangi dosis jika dirasa ada efek samping setelah meminumnya.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang manfaat minum air serai setiap hari. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik seputar pemanfaat herbal lainnya hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}