Manfaat Bunga Kenanga

612

Diedit:

Tanaman kenanga (Canangium odoratum) merupakan tanaman yang bunganya memiliki aroma sangat khas sehingga kerap disebut sebagai pohon parfum. Tanaman bunga kenanga sering ditanam sebagai peneduh di pekarangan rumah maupun di pinggir-pinggir jalan. Bunga kenanga mengandung banyak minyak yang dipercayai memiliki beragam khasiat. Apa sajakah manfaat bunga kenanga bagi kesehatan tubuh?

Kenanga adalah tumbuhan tropis yang pada awalnya tumbuh subur di wilayah hutan hujan Indonesia dan Filipina. Minyak bunga kenanga punya banyak kemampuan, misalnya sebagai antidepresan, antiseptik, afrodisiak, hipotensif, dan sebagai zat penenang.

Produksi minyak bunga kenanga dimulai di Filipina sekitar tahun 1860. Minyak esensial kenanga diekstrak dengan proses distilasi uap bunga kenanga segar. Komponen-komponen utama dari minyak bunga kenanga ialah benzil asetat, benzil benzoat linalool, kariofilen, geranil asetat, metil benzoat, p-cresyl metil eter, serta komponen-komponen lainnya yang dikenal sebagai seskuiterpen. Kesemua komponen tersebut berkontribusi memberikan aroma yang khas dan khasiat pengobatan.

Mari kita cermati beberapa manfaat bunga kenanga bagi kesehatan.

Antidepresan: Ini merupakan salah satu manfaat bunga kenanga yang paling dikenal. Sebagai antidepresan, bunga kenanga bisa membantu mengatasi depresi, kecemasan, kesedihan, dan stres kronis. Ini juga dapat memperbaiki suasana hati. Bunga kenanga bisa jadi menjadi obat yang efektif untuk membantu mereka yang mengalami kerusakan saraf dan depresi akut setelah kecelakaan.

Antiseborea: Dermatitis seborea merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh kerusakan kelenjar sebaceous. Akibat kerusakan ini, produksi sebum jadi tak teratur dan timbul infeksi di sel-sel epidermis. Penyakit ini sangat tidak enak dipandang dan biasanya terjadi di kulit kepala, pipi, alis, dan tempat-tempat lain yang ditumbuhi rambut. Minyak bunga kenanga dapat bermanfaat untuk menyembuhkan inflamasi dan mengurangi iritasi kulit serta kemerahan dengan mengontrol produksi sebum dan mengobati infeksi itu sendiri.

Antiseptik: Luka apapun, entah luka sayat, lecet, atau luka bakar, punya kemungkinan terkena infeksi bakteri. Bahkan luka akibat besi bisa saja terinfeksi kuman tetanus. Minyak bunga kenanga dapat membantu mencegah infeksi seperti itu dengan menghambat pertumbuhan mikroba dan membasmi kuman di daerah luka. Manfaat bunga kenanga yang satu ini juga berguna untuk mempercepat proses pemulihan luka.

Hipotensif: Minyak bunga kenanga efektif untuk menurunkan tekanan darah tanpa efek samping yang merugikan.

Sedatif (Penenang): Manfaat bunga kenanga yang selanjutnya ialah untuk meringankan stres dan kecemasan. Minyak bunga kenanga diketahui sanggup menenangkan seseorang yang sedang gugup, marah, cemas, dan stres agar lebih rileks.

Di samping itu, ada juga yang memanfaatkan bunga kenanga untuk menyembuhkan infeksi organ dalam seperti lambung, usus, usus besar, dan saluran kemih. Minyak bunga kenangan juga baik bagi orang yang menderita insomnia, kelelahan, dan kondisi-kondisi lain yang berkaitan dengan stres.

Baca juga:  Efektifkah Kenanga untuk Pengobatan Sesak Nafas