Manfaat Buah Kiwi: Buah Eksotik Padat Nutrisi

400

Diedit:

Buah kiwi adalah salah satu buah impor yang cukup digemari masyarakat Indonesia. Buah kiwi biasa dijadikan bahan salad, es krim, atau sebagai penghias kue. Ukurannya terbilang kecil, seukuran dengan telur ayam besar. Tapi, manfaat buah kiwi bagi kesehatan boleh dibilang luar biasa.

Kiwi dikenal sebagai buah super karena banyaknya kandungan nutrisi bermanfaat yang dimiliknya. Oleh karena itu, kiwi juga sering ditemukan dalam bentuk suplemen bubuk atau tablet di berbagai belahan dunia.

Menambah Sistem Kekebalan Tubuh

Buah kiwi kaya akan kandungan vitamin C dan E. Dua buah kiwi ukuran sedang memberikan sebanyak 230 persen dari rekomendasi kebutuhan harian vitamin C—hampir dua kali lipat vitamin C yang diberikan jeruk! Berbagai studi mengungkapkan bahwa vitamin C memperkuat sistem imun dan melawan dampak stres serta penuaan. Kiwi juga mempercepat proses penyembuhan luka dan penyerapan zat besi demi kesehatan tulang, pembuluh darah, dan gigi.

Kiwi juga mengandung vitamin E yang merupakan antioksidan kuat untuk membantu menurunkan kolesterol serta meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin C dan E keduanya berperan sebagai antioksidan dan sedang diteliti potensi mereka dalam melawan sel-sel penyebab kanker.

Membuat Badan Lebih Rileks

Ingin merasa lebih baik? Beragam studi menunjukkan bahwa 2 buah kiwi memberikan Anda pasokan 30 mg magnesium. Mineral ini sangat dibutuhkan saraf dan otot agar berfungsi dengan baik serta meningkatkan tingat energinya. Ditambah dengan kandungan potasium—kiwi punya 20% lebih banyak daripada pisang—menyediakan manfaat buah kiwi yang baik untuk mengendalikan tekanan darah, mencegah batu ginjal, osteoporosis, juga stroke.

Bikin Bernapas Lebih Lega

Berdasarkan American Lung Association, rata-rata orang dewasa bernapas sebanyak 20.000 dalam sehari. Tentu ini butuh upaya keras dari sistem pernapasan Anda untuk bernapas sebanyak itu! Sebuah studi menunjukkan bahwa anak yang makan 5-7 takaran saji buah kiwi (atau jenis buah citrus lain) dalam seminggu, mengalami perbaikan fungsi pernapasan yang ditandai dengan jarang bersin, jarang sesak napas dan batuk di malam hari.

Baca juga:  Mengenal Buah Kiwi dan Khasiatnya

Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata

Buah kiwi mengandung fitokimia lutein. Ini adalah vitamin karotenoid, yang berdasarkan sejumlah studi, sanggup mencegah rabun yang berkaitan dengan efek penuaan. Lutein juga melindungi mata dari serangan radikal-radikal bebas. Karena tubuh tak bisa memproduksi lutein yang dibutuhkan tubuh, maka penting khususnya bagi Anda untuk mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung lutein, seperti kiwi.

Untuk Kesehatan secara Keseluruhan

Buah kiwi bebas dari lemak dan 2 buah kiwi saja bisa mengandung lebih banyak serat dibandingkan kebanyakan sereal yang diklaim berserat. Buah kiwi adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang perlu mengendalikan kadar gula darah, karena indeks glikemik kiwi hanya 52. Rajin makan kiwi juga adalah cara yang enak dan menyegarkan untuk menjaga kesehatan jantung, pencernaan, serta mengendalikan kolesterol.

Dengan mengonsumsi buah kecil ini, Anda bisa mendapatkan beragam manfaat buah kiwi yang sangat baik bagi kesehatan. Bahkan, bisa dibilang bahwa kiwi adalah salah satu buah paling bernutrisi di dunia.

Advertisement
Alinesia