Lemon Obat Diet: Alternatif Pengobatan Obesitas

629
Lemon Obat Diet
Sumber Gambar: Shutterstock

Diedit:

Lemon merupakan buah yang serba guna. Pada dasarnya memanfaatkan air lemon sebagai asupan harian Anda sama dengan mengasup manfaat buah lemon. Ini karena pada umumnya komposisi air lemon terdiri dari air dan perasan jeruk lemon. Kadang air lemon ditambahkan gula, mint atau madu juga kayu manis. Bagaimana dengan penggunaan lemon obat diet?

Sejauh mana efektivitas penggunaan air lemon untuk diet? Bagaimana air lemon bisa bekerja membantu proses menurunkan berat badan? Beberapa gambaran akan kami coba sampaikan untuk memperlihatkan lebih dalam manfaat air lemon untuk diet Anda.

Tanaman Lemon sebagai Obat Diet

Meminum air perasan lemon segar dingin di udara panas mungkin akan sangat menyegarkan. Demikian pula ketika Anda menikmati secangkir air lemon hangat di sore yang dingin. Ini akan membantu Anda kembali merasa nyaman.

Hal ini dijelaskan mendalam dalam laman AUTHORITY NUTRITION. Beberapa komponen fitokimia dalam jeruk lemon diketahui memberi manfaat terhadap pembakaran energi, optimalisasi penyerapan glukosa, maksimalisasi fungsi liver, anti kanker, anti kolesterol dan anti diabetes. Juga memberi manfaat pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan.

Tetapi rupanya manfaat air lemon lebih dari sekedar memberi Anda rasa nyaman dan segar. Air lemon juga dikatakan baik untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Terlihat menarik bukan bila kita bisa menurunkan berat badan dengan cara yang menyegarkan dan nyaman seperti itu? Mari kita lihat khasiat lemon obat diet berikut!

Khasiat Tanaman Lemon untuk Diet

Menurut SELFNutritionData, buah lemon sendiri mengandung kalori yang sangat rendah, hanya sekitar 21 kalori atau kurang lebih 1% kebutuhan tubuh. Komponen utama dari lemon obat diet adalah vitamin C yang mencapai 83,2 mg. Vitamin lain yang dominan adalah vitamin B, termasuk B6, B1, B2, B3 dan B5.

Komponen serat dalam lemon mencapai kisaran 20% kebutuhan tubuh untuk perbuahnya, sebagian besar berupa komponen serat pektin yang merupakan jenis serat larut air. Dengan kandungan sejumlah mineral terutama kalsium dan tembaga. Beberapa komponen mineral lain dalam lemon antara lain magnesium, kalium, fosfor dan zink.

Selain mineral dan vitamin, buah lemon juga diketahui kaya akan sejumlah komponen fitokimia. Komponen asam ascorbat sebagai bagian dari vitamin C menjadi salah satu yang dominan. Kemudian terdapat pula komponen fitokimia lain seperti glikosida, flavonoid, kaemferol, lemonin, asam citrat, hesperidon, diosmin, polifenol dan eriocitrin.

Jadi memang ada sejumlah alasan mendasar kenapa beberapa pakar memanfaatkan air lemon untuk diet. Meski efeknya sebenarnya tidak bisa sesingkat yang banyak dirumorkan, tentu saja efek jangka panjang akan memberi hasil efektif. Tentu saja, komposisi air lemon tidak sepadat pada perasan lemon asli. Berikut beberapa peran baik dari air lemon dalam menurunkan berat badan:

Penunjang Hidrasi

Sebagaimana dijelaskan, meski dalam kondisi diet, menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah keharusan. Tubuh Anda akan mengalami penurunan metabolisme hanya karena dehidrasi. Dan gangguan sirkulasi darah akibat kadar air dalam darah yang berkurang sendiri mengganggu kinerja pembakaran lemak.

Baca juga:  Lemon: Penggunaan, Pengolahan, dan Efek Samping

Terhidrasi dengan baik juga akan membantu meningkatkan performa tubuh, termasuk performa otot dan pembentukan energi. Selama Anda tetap terhidrasi Anda bisa memberi beban otot dan melakukan latihan berat dengan lebih baik.

Dan fakta menarik dari Journal of Frontier Nutrition tahun 2016 membuktikan adanya manfaat tubuh yang terhidrasi dalam mencegah pembentukan cadangan lemak dan proses pembakaran. Ini membantu dengan efektif proses penurunan berat badan.

Tentu saja, telah kami sampaikan sebelumnya, lemon obat diet adalah pilihan terbaik untuk mendapatkan asupan minuman yang kaya vitamin dan mineral tanpa banyak menambahkan kalori dalam tubuh. Ini adalah cara terhidrasi yang sehat dan aman untuk diet Anda.

Pengendali Kalori

Minum air adalah kebutuhan tubuh dan tetap mutlak Anda lakukan sekalipun Anda dalam proses diet. Dan mengonsumsi air lemon memberi Anda beberapa kelebihan.

Salah satunya dijelaskan dalam SELFNutritionData bahwa lemon obat diet sangat rendah kalori, bahkan 1 gelas air lemon yang terbuat dari 200 ml air dan perasan dari ½ buah lemon tanpa gula hanya akan mengandung 6 kalori.

Bahkan bila Anda menambahkan 1 sendok madu penambahan kalori yang didapat masih cukup dibawah toleransi pelaku diet. Ini menjadi pilihan bijak untuk Anda ketimbang soda atau juice buah lain untuk melepas dahaga. Mengingat kadar kalori dalam minuman-minuman tersebut bisa di atas 200 kalori.

Dan tentu saja sudah menjadi rahasia umum, semakin bijak Anda dalam mengendalikan asupan kalori ke dalam tubuh Anda, semakin baik tubuh Anda dapat efektif menurunkan berat badan.

Peningkat Kolesterol

Tidak ada komponen lemak dalam lemon, tetapi lemon sendiri mengandung komponen lipid dan asam yang membantu meningkatkan kadar HDL kolesterol. Serat di dalamnya membantu menurunkan daya serap usus terhadap lemak dan kolesterol jahat.

Asam dalam lemon obat diet cukup efektif membantu meluruhkan plak kolesterol yang mengendap dalam pembuluh darah. Sedang vitamin C di dalamnya efektif menstimulasi produksi kolagen yang penting dalam regenerasi sel pembuluh darah.

Pada dasarnya ada manfaat air lemon dalam kadar terbatas untuk membantu mengatasi kolesterol jahat dan memperbaiki sirkulasi darah. Pada jangka panjang terapi air lemon akan membantu meningkatkan kemampuan sel darah dalam menghantarkan nutrisi ke seluruh sel tubuh. Sebuah peran tidak kecil yang akan membantu sel-sel memaksimalkan proses pembentukan energi.

Penurun Lemak

Sebuah riset yang diungkap dalam Nutrition Research tahun 2015 menunjukan adanya manfaat lemon untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Tidak hanya itu, riset ini juga membuktikan peran lemon terhadap perbaikan resistensi insulin.

Karenanya dalam konsumsi jangka tertentu, terapi dengan lemon obat diet akan membantu menurunkan kadar lemak tubuh, terutama di area perut. Sekaligus meningkatkan kemampuan tubuh merespon sinyal insulin.

Pada dasarnya lemon membantu meningkatkan kemampuan reseptor insulin pada sel untuk merespon lebih baik sinyal insulin. Lemon juga meningkatkan respon liver ketika kadar insulin menjadi terlalu tinggi, ada peran liver untuk menetralisir insulin dan menarik kelebihan gula dalam darah keluar dari dalam tubuh melalui urin.

Baca juga:  Lemon Obat Kanker: Alternatif Pengobatan Kanker

Peningkatan fungsi liver ini pula yang menyebabkan lemon dapat memaksimalkan fungsi liver dalam melakukan sekresi lemak menjadi sumber energi. Dan itu sebabnya sebagian besar lemak yang terangkat akan terfokus pada area perut yang dekat dengan liver.

Pendorong Metabolisme

Menjaga kondisi tubuh tetap terhidrasi membantu menjaga volume darah dalam kondisi stabil. Kadar air dalam darah yang baik akan membantu memaksimalkan penyaluran nutrisi dan gula ke seluruh tubuh. Setiap sel mendapatkan cukup gula sehingga memaksimalkan pembakaran.

Lemon obat diet membantu meningkatkan metabolisme, dan pada akhirnya ketika metabolisme masih dilanjutkan tubuh akan mulai memanfaatkan energi dari lemak cadangan, setelah glukosa dalam darah habis.

Tetapi manfaat dari air lemon tentu saja lebih dari sekedar air biasa. Komponen asam citric dalam lemon membantu mendorong pembakaran lemak dan menstimulasi liver mengolah lemak cadangan di kawasan perut.

Hanya saja jangan terlalu banyak berharap ada keajaiban sehingga dalam beberapa hari minuman ini membuat perut buncit Anda merata. Pada dasarnya komposisi asam citrit dalam air lemon relatif kecil, jadi efeknya tak bisa banyak berpengaruh. Konsumsi dalam beberapa pekan mungkin memberi hasil, tetapi tidak memberi Anda keajaiban.

Pelancar Pencernaan

Pektin dalam lemon adalah komponen serat dominan yang menjadi faktor lemon memiliki manfaat baik untuk pencernaan. Pektin sendiri adalah serat larut yang akan membantu memperlambat pencernaan dengan menambah volume air dalam pencernaan.

Di satu sisi, penambahan air akan menghambat proses penyerapan komponen lemak dan kolesterol dalam pencernaan. Dengan penambahan komponen asam yang dominan dari lemon, komponen lemak akan pecah, gagal diserap tubuh dan akhirnya keluar menjadi feses.

Pektin sendiri membantu memudahkan proses pembuangan feses, karena berkat pektin feses akan lebih lunak. Ini karena komponen air akan terhimpun pada usus besar dan membantu feses lebih lunak dan mudah dikeluarkan.

Pencernaan yang lancar adalah salah satu kunci utama dari diet. Proses pembuangan bukan hanya membantu membuang sisa makanan dari perut, tetapi membuang toksin dan menyingkirkan lemak-lemak dari pencernaan.

Dalam laman European Journal of Clinical Nutrition tahun 2012, dijelaskan bahwa pektin dari lemon akan memberi manfaat untuk penurunan kadar kolesterol, kendali glukosa darah dan kadar lemak dalam tubuh.

Hanya saja terapi dengan lemon obat diet bukan tanpa resiko. Kandungan asamnya yang tinggi pada beberapa orang bisa cukup mengiritasi. Beberapa konsumen air lemon  mengeluhkan efeknya terhadap kenaikan asam lambung dan menciptakan efek panas pada perut.

Sejumlah pakar herbal menyarankan untuk memadukan air lemon dengan madu atau perasan kunyit. Kedua elemen ini memiliki efek cukup baik untuk membantu meredam efek iritasi dari kandungan asam air lemon. Dengan cara itu diharapkan Anda bisa memperoleh manfaat air lemon tanpa efek samping.


SELFNutritionData. Lemons, raw, with peel Nutrition Facts & Calories. May 25, 2018. URL: https://nutritiondata.self.com/facts/fruits-and-fruit-juices/1937/2.