Lemon: Penggunaan, Pengolahan, dan Efek Samping

428
Pengolahan, Penggunaan dan Efek Samping Tanaman Lemon
Sumber Gambar: wallpaperexspert

Diedit:

Lemon merupakan buah yang menyegarkan dan biasanya tidak dimakan utuh, melainkan sebagai hiasan atau penyedap. Mengingat rasa asamnya yang luar biasa, membayangkannya saja sudah menggugah selera makan Anda. Namun, ternyata ada khasiat kesehatan dari buah ini. Apa saja manfaat penggunaan, pengolahan dan efek samping tanaman lemon?

Lemon mengandung antioksidan yang disebut bioflavonoid. Para peneliti berpikir bioflavonoid ini bertanggung jawab atas manfaat kesehatan yang diberikan tanaman ini. Benarkah demikian? Mari kita perhatikan ulasan selengkapnya sehubungan dengan tanaman berikut ini.

Pengolahan, Penggunaan dan Efek Samping Tanaman Lemon

Tanaman lemon memiliki kandungan bermanfaat beserta senyawa aktif lainnya, misalnya vitamin C, serat, mineral, dan minyak esensial. Juga mengandung sekitar 10% karbohidrat yang sebagian besar merupakan serat larut, beserta gula sederhana. Selain itu, terdapat kalium dan vitamin B6 yang layak dipertimbangkan. Apalagi kandungan bermanfaat lainnya?

  • Asam sitrat: Mencegah pembentukan batu ginjal.
  • Hesperidin: Memperkuat pembuluh darah dan mencegah aterosklerosis atau penumpukan timbunan lemak (plak) di dalam arteri.
  • Diosmin: Meningkatkan tonus otot dan mengurangi peradangan kronis pada pembuluh darah.
  • Eriocitrin: Merupakan antioksidan yang dapat ditemukan dalam kulit dan jus.
  • D-limonene: Merupakan komponen utama minyak atsiri dan aroma khas pada kulit.

Beragam kandungan bermanfaat ini menjadikan tanaman ini sebagai salah satu dari herbal unggulan yang banyak dicari orang. Selain itu, tanaman ini mudah dibudidayakan dan tak sulit didapatkan. Namun, secara finansial buah ini tergolong memiliki harga yang cukup mahal. Bagaimana dengan pengolahannya? Sulitkah untuk dilakukan?

Pengolahan Tanaman Lemon Bagi Kesehatan Anda!

Begitu banyak khasiat menakjubkan dari buah ini bagi kesehatan Anda. Anda mungkin ingin mencoba mengonsumsinya, tapi masih bingung bagaimana caranya. Berikut adalah beberapa tips bagi siapa pun yang ingin mendapatkan manfaatnya. Berikut adalah cara pengolahan air lemon untuk berbagai kebutuhan:

  • Pertama, potong lemon menjadi 2 bagian.
  • Peras hingga mengeluarkan air dan sisihkan bijinya.
  • Campur dengan 240 ml air dan dinginkan.
  • Setelah 30 menit, siap dihidangkan.
  • Lemonade segar siap disantap. Boleh juga tambahkan sedikit madu atau gula jika tidak ingin terlalu asam.

Anda bisa membuat ramuan yang menyegarkan ini, khususnya saat merasa lelah atau mengalami keluhan kesehatan lainnya. Ramuan ini bagus untuk diminum jika Anda ingin melindungi diri dari berbagai jenis penyakit, khususnya dalam menjaga keseimbangan tubuh.

Penggunaan Bagi Kesehatan Anda!

Lemon adalah salah satu jenis buah yang memiliki manfaat luas yang dapat mengatasi gangguan kesehatan, kecantikan, sampai urusan kebersihan. Ya, kandungan asam sitrat didalamnya sudah sering dimanfaatkan dari sejak dulu. Di bawah ini dijabarkan beberapa manfaat yang dapat Anda coba.

Baca juga:  Lemon Obat Diet: Alternatif Pengobatan Obesitas

Lemon sebagai Obat Anemia

Lemon yang kaya akan vitamin C dan asam sitrat mampu meningkatkan penyerapan zat besi yang diperoleh dari asupan makanan lainnya. Kemampuan ini membantu penderita anemia yang kekurangan zat besi untuk memaksimalkan penyerapan zat besi, sehingga tidak mengalami kurang darah merah. Mengonsumsi buah ini akan membantu kinerja tubuh dalam menyerap zat besi.

Lemon sebagai Obat Asma

Lemon yang kaya akan vitamin C memiliki potensi menurunkan risiko terjadinya asma. Hal ini didasarkan pada ulasan yang diterbitkan oleh Allergy, Asthma & Clinical Immunology terhadap potensi vitamin C dalam membantu penderita asma dan hipersensitivitas bronkial. Khususnya saat penderita menderita flu biasa. Diperlukan lebih banyak penelitian tentang peran vitamin C.

Lemon sebagai Obat Diet

Buah ini kaya akan fenol diyakini mampu membantu mencegah terjadinya kenaikan berat badan. Sebuah penelitian lemon obat diet yang terbit tahun 2008 terhadap hewan percobaan yang melakukan diet tinggi lemak dan asupan fenol selama 12 minggu dilakukan. Hasilnya tidak terjadi peningkatan berat badan pada hewan, namun efeknya pada manusia belum jelas.

Lemon sebagai Obat Flu

Lemon yang kaya akan vitamin C juga memiliki potensi dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kemampuan ini membantu Anda untuk terhindar dari pilek (indikasi flu). Sebuah penelitian memperlihatkan bahwa asupan vitamin C mampu meningkatkan kekebalan tubuh pada aktivitas fisik ekstrem dan mengurangi durasi pilek, bukan mengurangi insiden pilek pada suatu populasi.

Lemon sebagai Obat Hipertensi

Lemon yang kaya akan flavonoid mampu menurunkan tekanan darah sistolik (atas) dan tekanan darah diastolik (bawah). Hal ini diketahui berdasarkan penelitian di Jepang terhadap 101 wanita yang mengonsumsinya setiap hari. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa para wanita tersebut memiliki tekanan darah yang rendah, namun penelitian lanjutan masih perlu dilakukan.

Lemon sebagai Obat Kanker

Buah ini kaya akan antioksidan dan vitamin C yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya radikal bebas pemicu serangan kanker. Selain itu, kandungan hesperidin dan d-limonene diyakini mampu mengurangi risiko beragam kanker, termasuk kanker payudara. Walau demikian, efektivitas penggunaan lemon obat kanker masih belum dapat dipastikan dan masih perlu diteliti.

Lemon sebagai Obat Keriput

Lemon yang kaya akan vitamin C memliki potensi dalam membentuk kolagen yang dibutuhkan kulit untuk tetap menjaga elastisitas dan kebugarannya. Konsumsi atau penggunaannya dapat membantu Anda untuk meremajakan kulit, terhindar dari kerusakan kulit akibat polusi atau matahari, mengurangi dampak kemunculan keriput, hingga memperbaiki tekstur kulit seutuhnya.

Lemon sebagai Obat Kolesterol

Lemon yang kaya akan serat telah terbukti menurunkan kadar kolesterol darah, dan minyak esensial didalamnya dapat melindungi partikel kolesterol LDL (jahat) dari teroksidasi. Sehingga mencegah terjadinya stres oksidatif yang turut memicu beragam jenis penyakit. Bagi Anda penggemar makanan berlemak, konsumsi buah ini dapat membantu Anda menetralisir kolesterol.

Baca juga:  Lemon Obat Kanker: Alternatif Pengobatan Kanker

Lemon sebagai Obat Mual

Lemon yang kaya akan minyak esensial dapat membantu wanita yang sedang hamil agar terhindar dari mual. Hal ini didasarkan pada sebuah penelitian kecil yang menunjukkan berkurangnya reaksi mual pada wanita hamil yang menempatkan minyak esensial tersebut pada bola kapas dan menghirup aromanya. Kesegarannya ternyata mampu menenangkan tubuh dari rasa mual.

Lemon sebagai Obat Nefrolitiasis

Lemon yang kaya akan asam sitrat diyakini mampu memengaruhi kadar sitrat dalam urin guna mencegah terjadinya batu ginjal (nefrolitiasis). Ada laporan sehubungan dengan konsumsi 2 liter limun setiap hari memiliki potensi terhindar dari batu ginjal. Beberapa penelitian menyebutkan manfaat tersebut, namun penelitian lain tidak menemukannya.

Setelah membaca daftar manfaat buah yang luar biasa ini, Anda mungkin berminat untuk mengonsumsinya. Namun, selalu bijak dalam menggunakan buah ini agar terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan. Apa saja efek samping yang bisa ditimbulkan?

Efek Samping Bagi Kesehatan Anda!

Walaupun ada begitu banyak khasiat penggunaan lemon bagi kesehatan tubuh, tapi bukan berarti tidak ada efek samping sewaktu mengonsumsinya. Apa saja sejumlah efek samping yang perlu diwaspadai keberadaannya?

Alergi

Lemon biasanya ditoleransi dengan baik oleh kebanyakan orang, namun pada beberapa orang dapat menyebabkan gangguan kulit. Mereka juga dapat menyebabkan alergi kontak dan iritasi kulit pada orang yang mengalami dermatitis. Ada baiknya untuk menghindari aplikasinya terhadap mereka yang memiliki kulit terang, karena ada potensi mengalami kondisi kulit terbakar.

Gastro-Esophageal Reflux Disease (GERD)

Jika Anda memiliki gangguan lambung ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Mengingat kandungan asam dalam lemon dapat meningkatkan aktivitas asam lambung. Maka terjadilah kenaikan asam lambung berupa sensasi mulas dan regurgitasi atau kontraksi perut sehingga makanan yang sudah ditelan kembali menuju kerongkongan.

Kerusakan Enamel Gigi

Kandungan asam pada lemon juga dapat merusak enamel gigi atau lapisan pelindung gigi bagian luar. Sesekali mengonsumsinya tidak dapat merusak gigi, namun jika ini terjadi secara berlebihan maka kerusakan dapat terjadi. Ada baiknya untuk tidak langsung mengisapnya untuk mencegah kerusakan enamel gigi. Jika ini terjadi segera kunjungi dokter agar terbantu.

Kini Anda sudah mengetahui penggunaan, pengolahan, serta cara menghindari efek samping yang mungkin ditimbulkan tanaman lemon. Jadi masihkah Anda menahan diri untuk tidak mencoba herbal menakjubkan ini.


Adda Bjarnadottir, MS. Lemons 101: Nutrition Facts and Health Benefits. March 22, 2019. URL: https://www.healthline.com/nutrition/foods/lemons.


Advertisement
Alinesia