Layanan Medis: Bagaimana Cara Ambulans Membantu Anda?

665
Google Image

Diedit:

0
()

Siapa yang tak kenal dengan Ambulans? Sebuah layanan medis keliling yang selalu siap siaga menerima panggilan medis sewaktu Anda atau keluarga mengalami kondisi kritis. Walau setiap negara memiliki prosedur yang bisa jadi tak sama, tapi tak jarang juga yang memiliki persamaan dalam menangani keadaan kritis.

Kondisi Kritis yang Memerlukan Bantuan Ambulans

Persalinan—seorang wanita hamil yang berada diluar rumah bisa jadi membutuhkan layanan medis ini. Terutama jika kondisi kandungan sudah cukup mengkhawatirkan, ambulans yang datang tepat waktu akan benar-benar membantu pasien sewaktu menuju rumah sakit bersalin terdekat.

Penyakit Kritis—ini dapat bervariasi misalnya serangan jantung dan stroke, namun bukan berarti ambulans hanya dapat membantu pasien dengan keadaan tersebut. Penyakit yang berkaitan dengan keterbatasan mobilitas juga seringkali membutuhkan bantuan ambulans.

Kecelakaan—misalnya pada tahun 2004 di Madrid (Spanyol) telah terjadi musibah yang melibatkan 4 kereta penumpang dan sekitar 400 orang berhasil terselamatkan berkat kecekatan dari para ahli medis yang berda di ambulans. Dokter Ervigio Corral Torres yang adalah direktur unit layanan darurat kala itu menyatakan bahwa ambulans adalah aspek terbaik dari layanan medis yang mampu menyelamatkan nyawa korban yang hampir tak tertolong.

Bantuan yang Disediakan Ambulans

Layanan medis yang profesional akan selalu menyediakan perawatan intensif, misalnya dalam mobil ambulans yang mengantarkan pasien seringkali terdiri dari dokter, juru rawat, dan pengemudi yang sudah terlatih. Hampir sebagian besar peralatan medis yang dapat digunakan sebagai pertolongan pertama tersedia disana.

Masih ingat cuplikan kisah 400 nyawa yang selamat dari kecelakaan di Madrid? Ya, itu semua berkat kerjasama dari seluruh tim-tim ambulans yang bertindak dengan cepat juga efisien. Banyak hal yang tercakup dalam menyukseskan kinerja para ahli medis ini, terutama ketersediaan peralatan dan obat dalam ambulans.

Baca juga:  Layanan Medis: Bagaimana Cara Perawatan Hospis Membantu Anda?

Dokter Corral Torres menegaskan bahwa kebanyakan orang perlu menyadari pentingnya menelpon ambulans jika memang mengalami keadaan yang memerlukan layanan medis ini. Tujuan mereka adalah memberikan layanan spesialis kepada siapapun, dimanapun, kapanpun, dan secepat mungkin sesuai dengan kebutuhan pasien.

Ambulan bahkan dapat tiba dalam waktu kurang dari 10 menit pada kota besar yang memiliki infrastruktur baik. Sebagian kota yang padat penduduk seperti di Sao Paulo (Brasil), Kuala Lumpur (Malaysia), London (Inggris), dan Miami (USA), juga memiliki tenaga medis yang berkendara dengan sepeda motor, sehingga mereka dapat sampai lebih dahulu sebelum kedatangan ambulans guna mengevaluasi keadaan darurat dan mengendalikan situasinya.

Apa yang Anda Perlu Lakukan Jika Berada Dalam Keadaan Kritis?

Ya, tentu saja menghubungi layanan medis ambulans dapat menjadi pilihan utama guna menyelamatkan pasien. Namun bagaimana caranya, perhatikan langkah berikut ini:

Pertama, hubungi layanan gawat darurat dengan nomor 118 atau 119, untuk Uni Eropa 112, dan Amerika Serikat 911. Namun ingatlah hanya menghubungi nomor tersebut jika Anda berada dalam keadaan darurat. Beberapa negara menerapkan sanksi hukum bagi mereka yang menghubungi nomor tersebut dengan tujuan iseng.

Kedua, saat menghubungi layanan medis ini sebutkanlah dengan jelas dimana tempat kejadiannya, bagaimana keadaan pasien, apakah ada bagian tubuh yang mengalami cedera dan jangan mencoba untuk memindahkan pasien ketempat lain yang dapat membahayakan atau memperparah keadaannya.

Ketiga, Anda juga dapat berpartisipasi dalam menolong pasien jika ia muntah-muntah dengan memiringkan tubuh mereka.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 tidak bermanfaat / 5 sangat bermanfaat)

Rating: / 5. Pemilih:

Ikuti media sosial kami untuk terus terhubung dengan deherba.com!

Maaf sekali artikel ini belum bermanfaat untuk Anda

Bantu kami untuk meningkatkan artikel ini!

Beritahukan apa yang bisa kami lakukan untuk meningkatkan mutu artikel ini?