Khasiat Daun Dewa bagi Kesehatan


By Cindy Wijaya

Daun dewa merupakan jenis tanaman herbal yang bisa tumbuh pada ketinggian 200 hingga 800 mdpl, menurut ilmu biologi tumbuhan ini termasuk dalam keluarga Compositae. Di Indonesia sendiri daun dewa di kenal dengan berbagi macam nama seperti di pulau jawa tengah tumbuhan ini disebut dengan daun dewa nama sambung nyawa. Sedangkan di Tiongkok menyebut daun dewa ini dengan sebutan San qi cao.

Adapun ciri ciri daun dewa yang bisa Anda ketahui diantaranya daun dewa memiliki tinggi antara 30 -40 cm, daunnya memiliki panjang hingga 2 cm dengan lebar 10 cm, memiliki batang yang tegak dan memiliki tangkai daun yang pendek.

Dan sebagai salah satu tumbuhan herbal, saat ini tidak sedikit orang yang membudidayakan tumbuhan ini. Para pembubidaya daun dewa biasanya memanen daun ini saat penampang daun telah lebar dengan warna hijau tua, untuk umurnya sendiri daun dewa bisa dipanen jika sudah menginjak umur 6-8 bulan. Sebagai salah satu tumbuhan herbal, pasti menjadikan daun dewa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat daun dewa untuk kesehatan tubuh simak informasinya dibawah ini.

Mengobati Rematik

Rematik merupakan gangguan kesehatan yang terjadi pada tulang persendian, bagi Anda yang ingin terhindar dari penyakit ini sebaiknya kita menerapkan pola makan yang sehat. Namun jika Anda sudah terlanjur penyakit ini Anda bisa menyembuhkan dengan menggunakan daun dewa. Dengan cara meminum air rebusan daun dewa secara rutin.

Mengobati Stroke

Stroke merupakan salah satu penyakit yang disebabkan akibat rusaknya jaringan di otak sebagai akibat dari penyumbatan pembuluh darah arteri yang bertugas untuk mengalirkan darah ke otak. Untuk menyembuhkan penyakit ini Anda bisa mencobanya dengan menggunakan ramuan daun dewa sehari dua kali.

Mengobati Diabetes

Diabets merupakan penyakit yang disebabkan akibat kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi, penyakit ini tidak bisa dianggap remeh harus cepat mendapatkan pengobatan secara medis maupun secara alami. Salah satu cara mengobati diabtes secara alami yaitu dengan menggunakan daun dewa, hal ini di sebabkan kandungan hipoglikemin yang ada dalam daun dewa mampu membantu menurunkan kadar gula tersebut.

Mengobati Hipertensi

Hipertensi merupakan penyakit yang disebabkan tekanand darah meningkat tajam, biasanya orang yang terkena hipertensi akan mengobatinya dengan cara meminum obat anti hipertensi. Namun jika Anda mengetahuinya daun dewa juga mempunyai kemampuan untuk mengobati tekanan darah yang berlebih, hal ini disebabkan kandungan hipotesif dapat menurunkan tekanan darah.

Mengobati Sakit Jantung

Sebagaimana yang kita ketahui bersama,sakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia, maka dari itu bagi Anda yang saat ini sedang menderita sakit jantung perlu ditangani atau diobati dengan serius. Salah satu cara mengobati sakit jantung yaitu denga menggunakan daun dewa. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengonsumsi ramuan umbi daun dewa secara rutin sehari 2 kali.

Inilah sejumlah khasiat daun dewa yang penting untuk diketahui. Ternyata memang bukan namanya saja yang menyandang kata “dewa”, tapi juga khasiatnya yang seperti “dewa”—sanggup mengobati beragam penyakit berat.

Banyaknya manfaat daun dewa tersebut tentu saja berkat kandungan berbagai senyawa aktif yang dimilikinya. Daun dewa punya senyawa flavonoid, saponin, tanin, monoterpen, serta seskuiterpen lakton. Semua senyawa ini diketahui mampu menghambat pertumbuhan maupun perkembangan sel-sel tumor atau kanker.

Saponin ialah senyawa aktif sejenis glukosida yang sanggup menetralisir racun dan melawan serangan virus. Glukosida sendiri merupakan glikosida yang ditemukan pada beberapa jenis tanaman. Antibiotik streptomisin yang banyak dimanfaatkan dalam dunia kedokteran saat ini juga adalah salah satu senyawa glikosida.

Senyawa aktif saponin dalam daun dewa merupakan salah satu senyawa yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi radang amandel, radang pankreas, radang kulit, dan juga mengoptimalkan kinerja hati agar sirkulasi darah lebih lancar.

Selain itu, ada juga senyawa flavonoid yang terdapat dalam daun dewa dan manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan. Flavonoid dibuktikan mampu mencegah penggumpalan darah sehingga bisa mengurangi pembengkakan luka memar. Sejumlah bagian senyawa flavonoid juga telah diuji kemampuannya dalam menekan pertumbuhan sel-sel kanker dengan menghambat interaksi antara metabolit aktif dengan DNA.

Inilah sekilas mengenai daun dewa dan manfaatnya bagi kesehatan. Jika manusia lebih memanfaatkan alam, sebenarnya alam telah memberikan berbagai tanaman obat yang sanggup memperbaiki kerusakan pada tubuh manusia. Hanya saja memang pengobatan herbal biasanya tidak memberikan efek secepat pengobatan medis.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.