Sirsak: Penggunaan, Pengolahan, dan Efek Samping

374
Pengolahan, Penggunaan dan Efek Samping Tanaman Sirsak
Sumber Gambar: Shutterstock

Diedit:

Kini semakin terungkap berbagai manfaat penggunaan, pengolahan dan efek samping tanaman sirsak bagi penyembuhan beragam penyakit. Kita tahu bahwa buah maupun daunnya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sesuai dengan judulnya, artikel ini akan berfokus membahas manfaat tanaman sirsak bagi kesehatan.

Di tahun-tahun belakangan ini, para peneliti telah mendapati bahwa tanaman ini memiliki efek super untuk membantu mengatasi beragam jenis penyakit, bahkan yang berat sekalipun. Terungkap bahwa tanaman ini sanggup memberi kebaikan yang limpah bagi tubuh Anda. Ya, tanaman ini sering dijadikan obat tradisional oleh masyarakat Indonesia. Berikut ulasannya!

Pengolahan, Penggunaan dan Efek Samping Tanaman Sirsak

Tanaman sirsak mengandung beragam senyawa aktif serta kandungan bermanfaat lain, misalnya flavonoid, saponin, tanin, alkaloid, karbohidrat, vitamin A, B, dan C, fosfor, kalsium, serta fitosterol. Namun yang paling utama terkandung di dalamnya ialah senyawa bernama annona acetogenins yang adalah sejenis asam lemak. Maka tak heran jika tanaman ini berguna sebagai;

  • Analgesik: Meredam rasa sakit.
  • Anti bakteri: Membunuh bakteri di dalam tubuh.
  • Anti inflamasi: Mengurangi nyeri akibat peradangan.
  • Anti malaria: Mencegah malaria.
  • Anti mutagenik: Mencegah mutasi genetik.
  • Anti parasit: Mencegah dan menekan pertumbuhan parasit.
  • Anti tumor: Mencegah dan menekan pertumbuhan sel tumor.
  • Anti virus: Menekan pertumbuhan virus di dalam tubuh.
  • Astringent: Mengurangi masalah kulit kering.
  • Diuretik: Mendorong produksi air seni.
  • Galactogogue: Merangsang produksi ASI.
  • Hipoglikemik: Membantu mengurangi kadar glukosa.
  • Kardio-depresan: Menahan aktivitas jantung.
  • Nervin: Menguatkan saraf-saraf.
  • Vasogilator: Memiliki zat-zat untuk pembuluh darah.
  • Vermifuge: Berguna sebagai obat cacing.

Beragam kandungan bermanfaat ini menjadikan tanaman sirsak sebagai salah satu dari herbal unggulan yang banyak dicari orang. Selain itu, tanaman ini mudah dibudidayakan dan tak sulit didapatkan. Bagaimana dengan pengolahannya? Sulitkah untuk dilakukan?

Pengolahan Tanaman Sirsak Bagi Kesehatan Anda!

Jadi Anda sudah tahu bahwa tanaman ini memiliki banyak khasiat menakjubkan bagi kesehatan. Kemungkinan besar Anda sekarang jadi termotivasi untuk mencoba mengonsumsinya, tapi masih bingung bagaimana caranya. Berikut adalah beberapa tips bagi siapa pun yang ingin mendapatkan manfaatnya. Berikut adalah pengolahan cara membuat teh daun sirsak:

  • Pertama, masaklah air seukuran 1 gelas sampai mendidih.
  • Ambil sekitar 3 – 5 daun yang sudah dikeringkan, lalu potong menjadi kecil-kecil.
  • Taruh semua potongan daun kering ke dalam air yang sedang mendidih. Biarkan mendidih sampai sekitar 30 menit dengan api sedang.
  • Setelah 30 menit, saring air rebusannya.
  • Teh panas siap disajikan. Boleh juga tambahkan sedikit madu atau gula jika tidak ingin terlalu pahit.

Anda bisa membuat ramuan teh herbal dari tanaman ini, khususnya jika ingin meminum minuman yang alami dan menyegarkan. Teh daun sirsak bagus untuk diminum jika Anda ingin melindungi diri dari berbagai jenis kanker.

Baca juga:  Sirsak Obat Kanker: Alternatif Pengobatan Kanker

Penggunaan Bagi Kesehatan Anda!

Maka tak heran jika penggunaan sirsak dapat diterapkan dalam mengatasi beragam gangguan kesehatan. Lalu, apa saja khasiat yang dimungkinkan oleh berbagai kandungan bermanfaat di dalamnya? Mari kita perhatikan beberapa manfaat tanaman ini bagi kesehatan lainnya.

Sirsak sebagai Obat Asam Urat

Beberapa penelitian juga memperlihatkan khasiat sirsak untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan kadar asam urat. Tapi jika Anda sudah terlanjut mengidap asam urat tinggi, maka herbal ini juga dapat membantu penyembuhannya.

Sirsak sebagai Obat Diabetes

Manfaat sirsak untuk diabetes mungkin adalah salah satu manfaatnya yang terbaik. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa tanamn ini dapat menstabilkan serta mempertahankan kadar gula darah pada batasan normal, yaitu antara 70 – 120 mg. Kemampuannya dalam melawan masalah penyebab diabetes, misalnya obesitas dan gula darah tinggi dalam tubuh cukup dikenal baik.

Sirsak sebagai Obat Diare

Kandungan ekstrak metanol di dalam sirsak sanggup menekan perkembangan parasit serta bakteri, termasuk bakteri penyebab diare Escheriscia coli.

Sirsak sebagai Obat Hipertensi

Suatu penelitian yang dirilis pada American Journal of Research Communication tahun 2014 menunjukkan bahwa sirsak mempunyai senyawa anti hipertensi yang sanggup mengurangi tekanan darah tanpa memengaruhi kinerja jantung.

Sirsak sebagai Obat Imunitas

Khasiat sirsak berikutnya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Di dalamnya terdapat antioksidan yang dapat memperkuat kemampuan sel kekebalan tubuh untuk melawan serangan mikroorganisme atau radikal bebas pemicu berbagai penyakit. Dan ada juga kandungan zink yang membantu memperkuat daya tahan tubuh sehingga penyakit tidak mudah menyerang.

Sirsak sebagai Obat Kanker

Sirsak obat kanker merupakan salah satu khasiat yang paling terkenal. Beragam penelitian sudah membuktikan kemampuannya dalam menekan pertumbuhan berbagai sel kanker di dalam tubuh. Senyawa annona acetogenins yang dimilikinya merupakan senyawa fitokimia yang bersifat anti kanker. Itulah sebabnya jika dikonsumsi rutin, maka akan bekerja dalam tubuh untuk memburu sel kanker serta membunuhnya.

Sirsak sebagai Obat Kolesterol

Kolesterol “jahat” LDL yang menimbun dalam tubuh bisa memicu berbagai keluhan dan penyakit. Beberapa penelitian memperlihatkan bahwa sirsak bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam tubuh. Ini karena kandungan sejumlah komponen di dalamnya yang sanggup menyingkirkan kadar kolesterol tersebut.

Sirsak sebagai Obat Maag

Sirsak memiliki kemampuan anti peradangan yang sanggup menghambat kenaikan asam lambung, melindungi lapisan dinding lambung, juga memberantas bakteri penyebab infeksi di dalam saluran pencernaan. Dengan rutin mengonsumsi rebusan daunnya saja, Anda bisa mengurangi gejala maag yang disebabkan oleh infeksi atau peradangan pada saluran pencernaan.

Sirsak sebagai Obat Peradangan

Sirsak mengandung senyawa aktif yang sanggup bertindak sebagai anti peradangan sekaligus sebagai pereda rasa sakit. Kandungan senyawa etil asetat serta antioksidan yang dimiliki tanaman ini membuatnya berkhasiat untuk membantu pemulihan luka terbuka pada kulit. Manfaat ini bisa diperoleh melalui penggunaannya sebagai obat luar. Anda juga bisa menggunakan herbal ini untuk membantu menyembuhkan luka di kulit dan nyeri yang disebabkan oleh peradangan, seperti artritis.

Baca juga:  Daun Sirsak untuk Kanker Serviks: Manfaat & Resepnya

Sirsak sebagai Obat Stres

Kandungan senyawa anonain, alkaloid, asimilobin, dan nornuciferin dalam tanaman ini memiliki khasiat sebagai anti depresan. Karena itu mereka dapat menekan stres dan mendorong otak untuk menghasilkan serotonin yang berguna untuk meredakan stres.

Mungkin Anda selama ini sudah sering menikmati buahnya yang lezat. Tapi karena begitu banyak manfaat penggunaan sirsak yang sekarang sudah diketahui, tak ada salahnya untuk mulai menikmati bagian daunnya juga. Tapi ingat, konsumsilah dengan bijak dan jangan berlebihan. Jika perlu konsultasikan juga dengan dokter sebelum mulai mengonsumsinya.

Efek Samping Bagi Kesehatan Anda!

Walaupun ada begitu banyak khasiat penggunaan sirsak bagi kesehatan tubuh, tapi bukan berarti tidak ada efek samping yang harus Anda waspadai sebelum mengonsumsinya. Berikut adalah sejumlah efek samping yang perlu dipertimbangkan.

Hipotensi

Ada sejumlah percobaan pada hewan yang memperlihatkan bahwa daun sirsak dapat mengurangi tekanan darah. Jadi, akan berbahaya jika orang yang memiliki tekanan darah rendah mengonsumsinya.

Tapi bagi penderita darah tinggi pun harus membatasi dosis konsumsi ramuan tersebut. Jika berlebihan maka bisa memicu masalah neurotoksisitas seperti yang akan dijelaskan berikutnya. Selain itu juga dapat menyebabkan efek samping mual dan muntah.

Neurotoksisitas

Berdasarkan beberapa penelitian, terlalu sering mengonsumsi teh daun sirsak dapat menimbulkan masalah berkaitan dengan neurotoksisitas. Ini adalah sejenis kerusakan otak yang akhirnya bisa mengganggu neuron-neuron otak.

Gejala gangguan neurotoksisitas sangatlah berbahaya, misalnya hilang ingatan, sakit kepala, dan disfungsi seksual. Jadi, Anda harus mengonsumsi ramuan ini secukupnya saja. Jika Anda minum 2 – 3 gelas sehari, itu masih dalam batas normal dan kemungkinan besar tidak akan ada efek samping berbahaya pada tubuh.

Parkinson

Sejumlah penelitian menunjukan bahwa sirsak memiliki senyawa kimia yang juga dimiliki oleh para penderita penyakit Parkinson. Jadi siapa pun yang punya riwayat Parkinson atau yang sedang mengidap penyakit ini sebaiknya jangan mengonsumsi ramuan tersebut karena dikhawatirkan malah memperburuk gejala-gejala Parkinson.

Kini Anda sudah mengetahui penggunaan, pengolahan, serta cara menghindari efek samping yang mungkin ditimbulkan tanaman sirsak. Jadi tak ada alasan lagi Anda menahan diri untuk tidak mencoba herbal menakjubkan ini.


Rachael Link, MS, RD. Soursop (Graviola): Health Benefits and Uses. October 6, 2017. URL: https://www.healthline.com/nutrition/soursop-benefits.


Advertisement
Alinesia