Info Lengkap Manfaat Tauge; Lebih dari Sekadar untuk Kesuburan

295
Watchfit

Diedit:

Menikmati semangkuk soto tanpa tauge tentu saja kurang nikmat. Atau mungkin Anda termasuk penggemar hidangan khas bogor, yaitu tauge goreng yang menggugah selera? Tentu saja, tauge selama ini dikenal dalam kuliner nusantara dan lazim digunakan dalam berbagai hidangan yang Anda gemari.

Anda mungkin juga sudah sering mendengar kalau mengonsumsi tauge sangat baik untuk kesuburan pria. Pandangan ini sudah diyakini turun temurun oleh masyarakat.

Sebenarnya, apakah benar kabar mengenai manfaat tauge untuk kesuburan pria? Dan apakah ada manfaat tauge yang lain untuk kesehatan? Adakah pengingat khusus yang perlu Anda pahami seputar konsumsi tauge?

Benarkah Ada Manfaat Tauge untuk Kesuburan?

Pada sejumlah besar biji-bijian terkandung komponen zink yang sebenarnya berperan penting dalam fungsi hormonal dan sekaligus tentu saja bekerja dalam fungsi seksual dan kesuburan. Hanya saja karena seratnya yang padat, tak semua komponen zink dalam biji-bijian bisa Anda serap ke dalam tubuh.

Beruntung ada metode kecambah yang membuat biji-bijian ini bisa disajikan dalam bentuk tauge. Tauge membantu memecah sejumlah serat biji-bijian dan memudahkan tubuh menyerap zink.

Dalam laman HealthBenefitstimes.com dikatakan bahwa tauge baik itu diproduksi dari kacang kedelai maupun dari kacang hijau memiliki manfaat baik untuk meningkatkan kesuburan. Bukan hanya pada pria, tetapi juga pada wanita.

Bukan hanya karena adanya peran zink dalam tauge, tetapi juga karena tauge diketahui kaya akan vitamin E dan mangaan. Vitamin E dan mangaan memiliki peran penting dalam kesuburan, membantu proses produksi sperma dan membantu proses produksi telur dalam ovum.

Vitamin E juga melindungi sperma dan sel telur dari kerusakan akibat efek radikal bebas, karena vitamin E sendiri merupakan senyawa anti oksidan.

Sementara laman EmBody Heart and Mind mengatakan tauge terutama jenis tauge kacang hijau juga merupakan salah satu makanan yang mensuport produksi hormon progesteron pada wanita. Ini karena tauge diketahui kaya akan vitamin B6 yang menjadi komponen penting pembentuk progesteron.

Hormon ini berperan penting dalam banyak fungsi seksual dan genital wanita. Termasuk dalam mengatasi PMS, membantu meregulasi haid, menjaga keseimbangan hormon estrogen dan androgen, dan mendukung proses kehamilan.

Itu sebabnya, selain bermanfaat untuk kesuburan pria, mengonsumsi tauge juga terbukti akan membantu meningkatkan kualitas fungsi seksual, genital dan kesuburan wanita.

Tauge kedelai juga bisa membantu produksi progesteron, tetapi kedelai sendiri mengandung isoflavon yang mendorong produksi estrogen. Meski terkesan kontradiktif, peran isoflavon pada tauge kedelai juga baik untuk membantu kesehatan wanita, terutama di usia produktif dan masa menopause.

Apa Saja Manfaat Lain dari Tauge?

Selain terbukti memang memiliki manfaat untuk kesuburan pria dan wanita, rupanya tauge juga memiliki banyak manfaat lain. Pada dasarnya, manfaat tauge merupakan pengembangan dari manfaat biji-bijian, terutama biji kacang hijau dan biji kedelai yang sangat lazim digunakan.

Proses pembentukan kecambah membantu memecah komponen nutrisi dari biji-bijian sehingga lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh. Dan sebagaimana pula dijelaskan dalam laman ALODOKTER, tauge sendiri dalam proses pembuatannya mengalami peningkatan nilai nutrisi.

Proses pembentukan kecambah meningkatkan kadar asam amino, serat, asam lemak omega 3, sejumlah komponen vitamin B termasuk B6, vitamin E, kalsium, magnesium dan komponen anti oksidan seperti betakaroten dalam tauge.

Baca juga:  Besarnya Manfaat Kecambah untuk Kesehatan Manusia

Dan dengan adanya peningkatan nutrisi sekaligus pemecahan nutrisi sehingga lebih mudah untuk dicerna tubuh, berikut adalah beberapa manfaat tauge bagi kesehatan tubuh manusia.

  • Membantu menjaga berat badan

    Tauge dikenal kaya akan serat. Menuru ALODOKTER , kadarnya bisa meningkat 200% pasca biji diolah menjadi tauge. Serat baik untuk melancarkan pencernaan serta mengurangi penyerapan gula dan lemak oleh usus.

    Dalam laman LIVESTRONG.COM, dijelaskan bahwa kalori dalam semangkuk tauge hanya sebesar 31 kalori, dengan kadar lemak hanya sekitar 0,11 gram. Dan itupun adalah komponen lemak sehat omega 3. Fakta-fakta ini menguatkan tauge sebagai makanan diet yang lezat dan menyenangkan.

    Catatan lain yang menarik adalah tauge kaya akan protein yang menjadikannya pilihan sayuran yang akan membantu Anda bertahan kenyang lebih lama. Selain protein sendiri berperan dalam proses pembentukan kepadatan otot, tanpa membuat tubuh Anda gemuk.

  • Baik untuk pencernaan

    Tauge diketahui cenderung mudah dicerna, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh mereka dengan masalah pencernaan karena tidak memberatkan fungsi lambung dan usus., juga oleh mereka yang sensitif dengan biji-bijian.

    Juga diketahui memiliki sifat alkali atau basa. Sifat basa ini membuatnya efektif membantu meredam kenaikan asam lambung dalam pencernaan. Selain juga karena kandungan zink dapat membantu meregulasi produksi enzim dalam pencernaan.

    Kandungan seratnya juga sangat tinggi, dikatakan kenaikan kadar serat pasca proses kecambah bisa mencapai 2 kali lipat dari bijinya sendiri. Tentu saja serat sangat penting untuk membantu melancarkan fungsi pencernaan.

  • Baik bagi ibu hamil

    Tauge diketahui kaya akan folat, sebagaimana dijelaskan dalam LIVESTRONG.COM. Folat sendiri memiliki peran khusus dalam proses perkembangan janin, terutama pada trimester pertama. Folat akan membantu melindungi DNA dalam tubuh janin, sehingga pertumbuhan sel demi sel dari janin akan berjalan dengan normal.

    Jangan lupa, kalau tauge sendiri memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh secara general, yang artinya juga tauge dibutuhkan oleh setiap ibu hamil untuk menunjang nutrisi dari janin yang dikandungnya.

  • Baik untuk tulang

    Dari sayuran yang terkesan ringan ini ternyata terkandung komponen mineral kalsium dan magnesium yang turut berperan membantu menjaga densitas tulang. Ditemukan pula komponen vitamin D meski dalam dosis lebih kecil yang turut membantu meningkatkan manfaat.

    Kami sempat menjelaskan dalam salah satu ulasan kami sebelumnya di sini, bahwa tubuh manusia membutuhkan perpaduan kedua komponen mineral ini untuk bisa bekerja menguatkan tulang.

  • Baik untuk imunitas

    Kandungan zink dan saponin dalam tauge diketahui relatif tinggi. Zink sendiri berperan besar dalam regulasi hormon tiroid yang bertanggung jawab pada fungsi imunitas. Dan saponin adalah senyawa yang memiliki pengaruh baik dalam kinerja imunitas.

    Jangan lupa tauge juga memiliki kandungan vitamin B dan C yang juga memiliki peran besar dalam fungsi imunitas. Dalam laman LIVESTRONG.COM dijelaskan kadar vitamin C dalam satu mangkuk tauge mencapai 18% kebutuhan tubuh manusia.

  • Membantu suplai oksigen

    Peran tauge dalam membantu meningkatkan suplai oksigen terbilang kompleks. Sedang oksigen dibutuhkan oleh seluruh tubuh secara krusial, termasuk pada seluruh sel dan fungsi otak.

    Proses pembentukan kecambah sendiri membantu meningkatkan kadar oksigen dalam tauge. Tetapi sebenarnya peran utamanya berasal dari perpaduan kandungan vitamin C, zat besi dan tembaga dalam tauge. Zat besi dalam tauge menurut LIVESTRONG.COM  mencapai 13 – 30 % kebutuhan.

    Untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dibutuhkan sel darah merah yang diproduksi dengan peran zat besi. Sementara tubuh membutuhkan vitamin C dan tembaga untuk menyerap zat besi ke dalam tubuh. Jadi kehadiran 3 nutrisi ini dalam tauge adalah korelasi sempurna untuk tubuh Anda.

  • Baik untuk kulit, rambut, dan kuku

    Vitamin E dan vitamin C dalam tauge memiliki peran besar dalam produksi kolagen, komponen penting dalam peran regenerasi sel kulit, juga sebagai proteksi dari radikal bebas. Ini membuat tauge akan membantu kulit lebih sehat dan bebas kerutan dini.

    Kandungan zink juga bekerja membantu meregulasi hormon, enzim dan termasuk pula produksi minyak kulit. Ditambah manfaat tauge terhadap kinerja imunitas, rutin mengonsumsi tauge juga baik untuk mengatasi jerawat.

    Yang menarik, manfaat dari tauge juga baik untuk rambut dan kuku. Magnesium, zink dan vitamin E rupanya juga baik dalam melindungi kualitas zat tanduk dalam kuku dan rambut. Membantu melembutkan sekaligus menguatkan. Zink sendiri diketahui efektif untuk menyehatkan kulit kepala.

  • Menurunkan kolesterol

    Saponin dalam tauge akan berperan dalam membantu meregulasi kadar kolesterol dalam tubuh. Saponin membantu meningkatkan HDL kolesterol, yang tentu saja akan bekerja otomatis menurunkan kadar LDL kolesterol dari dalam tubuh.

    Peran ini dibantu dengan adanya sejumlah komponen nutrisi lain seperti magnesium dan vitamin C. Keduanya memiliki kontribusi dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

  • Mencegah kanker

    Tauge memiliki sejumlah komponen anti oksidan alami yang juga bisa bekerja mencegah kanker, seperti vitamin C dan E. Selain itu komponen serat di dalamnya efektif membantu mengeluarkan kotoran dan toksin dari dalam tubuh dengan lebih optimal.

    Tauge juga baik untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah, sementara ekosistem kaya oksigen bukan kondisi yang disukai oleh sel kanker. Sehingga ini mencegah sel kanker berkembang dalam tubuh. Tauge juga diketahui baik untuk mencegah PCOS dan endometriosis.

    Hanya saja, pasien kanker payudara justru disarankan menghindari tauge. Tauge memiliki komponen biokimia yang mengurangi efektivitas salah satu terapi kanker payudara.

Baca juga:  Besarnya Manfaat Kecambah untuk Kesehatan Manusia

Pengingat seputar Konsumsi Tauge

Meski diakui memiliki manfaat, ternyata tauge juga bisa berisiko. Menurut catatan LIVESTRONG.COM, ditemukan bahwa tauge mentah memiliki risiko tinggi terkontaminasi Salmonella dan E. coli. Itu sebabnya tidak disarankan mengonsumsi tauge mentah.

Sejumlah catatan diberikan pada pasien kanker, HIV, wanita hamil dan menyusui, anak-anak dan penderita kasus penurunan imunitas lain untuk tidak mengonsumsi tauge mentah sama sekali.

Tetapi memasak tauge juga tidak bisa sembarangan. Memasak terlalu matang akan menghilangkan 60% kandungan nutrisinya. Jadi pastikan memasukan tauge terakhir pada masakan Anda dan masak sebentar sampai air mendidih. Pastikan tauge masih terasa renyah sehingga nutrisi di dalamnya masih cukup banyak tersisa.

Dengan menerapkan cara konsumsi tauge yang aman, Anda bisa mendapatkan manfaat tauge secara lebih maksimal serta menekan efek samping yang mungkin ditimbulkannya.

Advertisement
Alinesia