Apa Itu Tumor Ovarium?

703
Shutterstock

Diedit:

Tumor ovarium adalah jenis tumor yang sering mengakibatkan kematian pada wanita. Dari tahun ke tahun, jumlah penderita tumor ovarium yang kemudian meninggal juga terus meningkat.

Hal ini mungkin disebabkan oleh sedikitnya wanita yang tahu cara untuk mendeteksi terkena tumor ini sehingga saat dilakukan pengobatan telah terlambat. Tumor ini telah mengganas menjadi kanker ovarium.

Yang perlu diketahui, wanita berumur lebih dari 40 tahun biasanya beresiko terkena tumor ovarium. Faktor usia tersebut bisa menjadi salah satu cara antisipasi bagi wanita.

Jika seorang wanita berumur di atas 40 tahun, wanita tersebut harus lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan tubuhnya. Fakta lainnya, penderita tumor ovarium bisa disebabkan karena faktor keturunan.

Untuk itu, seorang wanita sebaiknya memeriksa riwayat kesehatan orang tuanya untuk memastikan apakah penyakit tersebut pernah menimpa pada mereka sehingga wanita tersebut bisa mengantisipasi lebih dini jika memang penyakit ganas tersebut pernah diidap oleh orangtuanya.

Gejala Tumor Ovarium pada Wanita

Tumor ovarium memiliki beberapa gejala yang harus diwaspadai oleh wanita. Gejala yang paling umum adalah terjadinya pembengkakan pada perut yang diikuti dengan rasa sakit pada pinggul. Gejala lain yang perlu diperhatikan adalah saat wanita kehilangan nafsu makan.

Di samping itu, gejala yang bisa diamati adalah ketika merasa sakit saat berhubungan badan dengan pasangan. Juga saat sering merasa sakit pada bagian punggung bagian bawah.

Jika gejala-gejala tersebut terlihat bertambah buruk, perlu dilakukan segera pemeriksaan medis agar deteksi dini tumor ovarium bisa diketahui. Sebab, jika tak segera ditangani, bukan tak mungkin tumor ovarium tersebut bisa menjadi kanker ovarium.

Keterlambatan untuk mengetahui apakah seseorang terkena tumor ovarium atau tidak juga bisa berakibat sangat fatal. Sebab, bisa menyebabkan terjadinya komplikasi penyakit dan bahkan kematian.

Baca juga:  Apa Ciri-Ciri Tumor Ovarium?

Jenis Tumor/Kanker Ovarium

Tumor ovarium atau dalam status yang lebih ganas disebut kanker ovarium memiliki beberapa tingkatan. Biasanya kalangan medis mengelompokkannya dari stadium satu sampai stadium empat.

Pada stadium satu, kemungkinan pasien untuk sembuh masih sangat tinggi. Peluangnya bisa sampai 90 persen. Tentu, dengan catatan harus segera diobati.

Sementara, pada stadium dua, peluang penderita kanker/tumor ovarium untuk sembuh di atas 60 persen. Sedangkan pada stadium keempat, harapan penderita untuk hidup hanya tinggal 20 persen.

Oleh karena itu, bagi wanita khususnya perlu segera memeriksakan diri ketika terjadi gejala-gejala tumor ovarium. Semakin cepat terdeteksi, semakin cepat upaya penyembuhan penyakit tumor ini bisa dilakukan.

Obat herbal yang banyak dipercaya untuk mengobati tumor ovarium adalah Sarang Semut. Obat alami anti-tumor ini memiliki khasiat untuk menumpas tumor yang bersarang di rahim wanita. Kandungan antioksidan yang terdapat pada Sarang Semut, selain mampu mencegah tumor, juga bisa memberantas penyakit tumor pada wanita.

Baca juga ulasan mengenai tumor paru dengan mengunjungi halaman Gejala-Gejala Tumor Paru dan Cara Mengobatinya dan temukan informasi menarik lain seputar pengobatan tumor dengan mengunjungi halaman Obat Tumor.