Daun Dewa dan Manfaatnya bagi Tubuh Anda!

603
indonesianplants.blogspot.com

Diedit:

Tanaman obat Daun Dewa (Gynura segetum) adalah salah satu herbal yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat. Masyarakat Tiongkok biasa menyebutnya Samsit atau San qi cao. Salah satu manfaat daun dewa yang cukup luar biasa adalah sebagai antikanker. Artikel ini akan membahas secara garis besar mengenai daun dewa dan manfaatnya bagi kesehatan.

Tinggi tanaman ini tergolong rendah yakni hanya sekitar 30-40 cm, dan tergolong tumbuhan yang tegak, berbatang daun lunak pendek, memiliki rambut di sisi luar, dan permukaan berbentuk lonjong. Warna batangnya hijau dan punya cabang yang akan semakin banyak seraya tanaman bertambah tua.

Daun tanaman dewa bersifat tunggal, bentuknya ada yang bulat seperti telur ada juga yang bulat memanjang, bertangkai pendek, berujung lancip, dan memiliki panjang antara 8-20 cm dengan lebar sekitar 5-10 cm. Warna daun dewa hijau keunguan dan punya bulu-bulu halus. Tanaman ini juga punya bunga majemuk yang tumbuh di bagian ujung batang, kelopak hijau menyerupai cawan, serta benang sari kuning yang mirip jarum.

Nama daun dewa berasal dari Sumatera, ini dikarenakan bentuk daun tanaman dewa punya pinggiran yang bergerigi menyerupai gambaran ornamen-ornamen jubah yang dikenakan para dewa.

Sekarang mari kita bahas mengenai daun dewa dan manfaatnya untuk kesehatan. Daun dewa dipercayai ampuh untuk memperlancar peredaran darah, memulihkan luka memar, mengurangi peradangan dan pembengkakan, menurunkan panas, meredakan nyeri, menghentikan pendarahan, menurunkan kadar kolesterol, mengatasi gangguan ginjal, menghilangkan kutil, menetralisir racun dari tubuh, menggempur serangan bakteri dan virus, juga bahkan membantu pengobatan tumor maupun kanker.

Semua manfaat daun dewa tersebut tentu saja berkat kandungan berbagai senyawa aktif yang dimilikinya. Daun dewa punya senyawa flavonoid, saponin, tanin, monoterpen, serta seskuiterpen lakton. Semua senyawa ini diketahui mampu menghambat pertumbuhan maupun perkembangan sel-sel tumor atau kanker.

Baca juga:  Manfaat Daun Dewa sebagai Herbal Multikhasiat

Saponin ialah senyawa aktif sejenis glukosida yang sanggup menetralisir racun dan melawan serangan virus. Glukosida sendiri merupakan glikosida yang ditemukan pada beberapa jenis tanaman. Antibiotik streptomisin yang banyak dimanfaatkan dalam dunia kedokteran saat ini juga adalah salah satu senyawa glikosida.

Senyawa aktif saponin dalam daun dewa merupakan salah satu senyawa yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi radang amandel, radang pankreas, radang kulit, dan juga mengoptimalkan kinerja hati agar sirkulasi darah lebih lancar.

Selain itu, ada juga senyawa flavonoid yang terdapat dalam daun dewa dan manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan. Flavonoid dibuktikan mampu mencegah penggumpalan darah sehingga bisa mengurangi pembengkakan luka memar. Sejumlah bagian senyawa flavonoid juga telah diuji kemampuannya dalam menekan pertumbuhan sel-sel kanker dengan menghambat interaksi antara metabolit aktif dengan DNA.

Inilah sekilas mengenai daun dewa dan manfaatnya bagi kesehatan. Jika manusia lebih memanfaatkan alam, sebenarnya alam telah memberikan berbagai tanaman obat yang sanggup memperbaiki kerusakan pada tubuh manusia. Hanya saja memang pengobatan herbal biasanya tidak memberikan efek secepat pengobatan medis.

Advertisement
Alinesia