Cara Menghilangkan Kutu Rambut Sampai Tuntas!

351

Diedit:

Kutu rambut merupakan kutu yang hidup atau berkembang biak di rambut manusia, saat ini kutu rambut salah satu permasalahan rambut yang akrab kita dengar sehari hari. Gaya hidup masa kini dan pemakaian bermacam-macam produk rambut yang sering ganti-ganti bisa jadi penyebab datangnya kutu pada rambut.

Di Amerika Serikat enam hingga dua belas juta anak-anak mengalami masalah dengan kutu rambut tiap tahunnya. Melihat data tersebut tentunya ini permasalahan yang cukup serius yang harus segera ditangani.

Meskipun masalaah kutu rambut tidak terlalu membahayakan kesehatan, namun dengan adanya kutu rambut di kepala akan membuat penderita kerap menggaruk-garuk kepala akibat parasit yang berlindung di kulit kepala menghisap darah. Dan yang perlu Anda ketahui bahwa setiap hari kutu betina akan bertelur enam buah dan akan menetas setelah kurang lebih 8 hari,tentunya melihat ini harus cepat di atasi atau diberi perawatan agar kutu tidak berkemabang biak.

Apa Penyebab Kutu Rambut?

Adanya atau hadirnya kutu dirambut tidak semata mata sebuah kebetulan namun ada penyebab yang tidak Anda ketahui. Salah satu cara kutu hadir dikepala yaitu melalui benda-benda yang biasa digunakan untuk merawat rambut, salah satu penyebab yang sering terjadi yaitu Menggunakan sisir yang dipakai juga oleh seseorang yang sedang ditimpa masalah kutu kepala berisiko menularkan masalah tersebut pada Anda.

Untuk mengatasi masalah kutu rambut yang ada dikepala Anda, yang perlu Anda lakukan yaitu dengan mengusir terlebih dahulu kutu di rambut, kemudian baru melakukan perawatan secara rutin. Di bawah ini ada beberapa cara menghilangkan kutu paling ampuh yang bisa Anda lakukan

  • Alkohol

    Salah satu cara untuk menghilangkan kutu rambut yaitu dengan menggunakan alkohol, kandungan isopropil yang ada di dalam alkohol dapat Anda gunakan untuk membasmi kutu rambut yang bersarang dirambut Anda. Cara menggunakannya cukup kramas rambut dengan menggunakan alkohol dan bilas dengan air bersih

  • Minyak Zaitun

    Memang dari dahulu minyak zaitun sebagai salah satu minyak yang berguna untuk perawatan kulit dan rambut. Salah satu manfaat minyak zaitun yang ada pada rambut yaitu membersikan rambut dari kutu rambut. Minyaki seluruh bagian rambut dengan minyak zaitun, diamkan selama setidaknya 45 menit, lalu bilas sampai bersih. Anda mungkin harus berkali-kali mencuci rambut agar seluruh minyak zaitun luruh.

  • Almond

    Selain alkohol dan minyak zaitun, yang dapat menghilangkan kutu rambut yaitu minyak almond. Sebagaimana yang di ketahui almond merupakan bahan paling efektif untuk menghilangkan kutu rambut dan melakukan perawatan rambut. Cara menggunakan minyak almond sama dengan cara menggunakan minyak zaitun.

Baca juga:  Cara Mencegah Penyebaran Kutu Rambut

Itulah cara menghilangkan kutu rambut yang bisa Anda lakukan dirumah, namun yang perlu harus Anda ketahui walaupun kutu rambut sudah dihilangkan bukan berarti Anda sudah terbebas dari kutu rambut.

Kutu rambut ini sewaktu waktu bisa hadir kembali apabila Anda melakukan hal hal yang membuat kutu rambut hadir dikepala Anda. Maka dari itu perlu pencegahan agar kutu tidak lagi bersarang di rambut Anda, dibawah ini adalah cara mencegah kutu rambut yang bisa dilakukan di rumah

Cara Mencegah Kutu Rambut

  • Jangan tidur satu ranjang dengan orang yang sedang kutuan, sebab kutu dapat melompat ke rambbut Anda
  • Apabila ada keluarga Anda yang berhasil menghilangkan kutu rambut, sebaiknya Anda cek kembali sampai benar benar bersih. Jika masih ada yang tersisa telur kutu, sebaiknya langsung ditumpas.
  • Jangan memakai benda-benda seperti topi, sisir, atau handuk milik orang lain yang sedang kutuan

Demikianlah sejumlah cara menghilangkan kutu rambut yang sederhana namun ampuh. Dengan bahan-bahan alami seperti di atas, Anda tidak perlu mahal-mahal beli obat kutu rambut. Terlebih lagi, bahan-bahan alami tidak menimbulkan efek samping berbahaya.

Advertisement
Alinesia