3 Cara Membersihkan Pori-Pori Wajah Secara Alami


By Cindy Wijaya

Tidak soal apa jenis kulit Anda, Anda bisa mengalami masalah pori-pori kulit wajah tersumbat. Salah satu halangan terbesar untuk memiliki kulit yang tampak lebih cerah dan halus adalah pori-pori tersumbat.  Penumpukan di pori-pori dapat membuat kulit tampak kusam.

Dalam artikel ini akan dibahas tentang kenapa pori-pori bisa tersumbat, ciri-ciri pori-pori tersumbat, serta sejumlah cara membersihkan pori-pori wajah secara alami.

Mengapa Pori-Pori Bisa Tersumbat?

Pori-pori tersumbat adalah akibat dari sel-sel kulit mati yang terperangkap di kulit Anda sebaliknya daripada diluruhkan.

Pori-pori adalah lubang kecil di kulit yang melepaskan minyak dan keringat. Ketika pori-pori tersumbat, hal itu dapat menyebabkan komedo hitam, komedo putih, dan jerawat.

Terdapat faktor-faktor lingkungan yang dapat memicu pori-pori tersumbat, antara lain zat-zat beracun di udara, minyak dari tangan pindah ke wajah ketika Anda menyentuh wajah, dan keringat.

Bagaimana Ciri-Ciri Pori-Pori Tersumbat?

Kebanyakan orang menyadari pori-porinya tersumbat hanya ketika itu sudah menyebabkan salah satu masalah kulit berikut:

Komedo putih: Penyumbatan di lubang pori-pori dapat menyebabkan tonjolan putih atau berwarna seperti daging pada kulit.

Komedo hitam: Penyumbatan yang memperlebar bukaan pori-pori menyebabkan komedo hitam. Komedo ini tidak terlihat hitam karena kotoran, tapi itu adalah reaksi kimia dari isi pori-pori yang bercampur dengan oksigen yang membuatnya tampak hitam.

Jerawat dan pustula: Banyak kotoran dan minyak di dalam pori-pori dapat menyebabkan kemarahan, pembengkakan, dan iritasi. Sebenarnya komedo putih dan hitam adalah jenis dari jerawat. Jerawat disebut juga papula. Tetapi jika mengandung nanah, maka disebut pustula.

Nodul dan kista: Pori-pori yang sangat tersumbat dapat menyebabkan pembengkakan, nyeri, dan iritasi jauh di dalam kulit. Jika nodul berisi nanah, itu disebut kista (jerawat kistik). Jerawat kistik dapat menyebabkan bekas jerawat.

Bagaimana Cara Membersihkan Pori-Pori Wajah Secara Alami?

Penumpukan sel-sel kulit mati dan keringat, juga faktor-faktor lingkungan seperti polusi dan riasan wajah dapat memicu pori-pori tersumbat jika tidak dibersihkan dengan benar. Hal itu dapat menyebabkan komedo dan jerawatan. Berikut adalah sejumlah cara membersihkan pori-pori wajah secara alami.

1. Strip Pori-Pori

Strip pori dibuat dengan perekat. Strip tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran tergantung pada bagian wajah yang ingin Anda aplikasikan. Ini dapat digunakan untuk menghilangkan rambut, bakteri, minyak, kulit mati, dan apapun yang tersisa di permukaan kulit.

Berikut cara membersihkan pori-pori wajah secara alami dengan strip pori:

  • Basahi bagian strip yang lengket dan tempelkan ke wajah Anda.
  • Biarkan selama 5 – 10 menit.
  • Perlahan kelupas strip dari kulit.
  • Bilas area wajah itu dengan air hangat untuk menghilangkan residu yang tertinggal oleh strip.

Masih hanya ada sedikit penelitian ilmiah tentang manfaat atau bahaya strip pori. Beberapa dokter kulit memperingatkan bahwa strip pori tidak benar-benar membersihkan kulit secara mendalam dan berpotensi menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan. Juga, dapat menyebabkan iritasi dan mungkin tidak menghilangkan komedo.

Hindari penggunaan strip pori bila Anda memiliki alergi kulit atau kulit yang sensitif.

Bila Anda memakai strip ini, pastikan untuk mengikuti semua petunjuk penggunaannya di kemasan strip itu. Penting untuk membasahi kulit sebelum menempelkan strip. Juga, pakailah hanya seminggu sekali dan bersihkan kulit Anda setelahnya.

2. Masker Arang

Arang aktif adalah bahan perawatan kulit yang sedang tren. Sekarang dapat ditemukan dalam bentuk pembersih wajah dan tubuh, scrub, dan masker.

Sebagai bahan dalam produk perawatan kulit, arang aktif dapat memberikan manfaat seperti menghilangkan kotoran, polusi, dan racun dari pori-pori. Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keefektifannya.

Petunjuk penggunaan masker arang berbeda-beda tergantung pada produknya. Sering kali, cara membersihkan pori-pori wajah secara alami dengan masker arang harus diawali dengan membilas wajah sebelum menggunakannya, kemudian membiarkan masker selama 5 – 10 menit sebelum melepasnya.

Beberapa jenis masker bisa mengeras dan dapat ditarik lepas. Sedangkan jenis masker yang lain perlu dibilas dengan air.

Dokter kulit menyarankan agar berhati-hati dalam menggunakan masker wajah DIY yang beredar online. Ini adalah masker buatan sendiri yang terbuat dari bubuk arang dan lem yang dioleskan dan dikupas. Kombinasi bahan ini bisa berbahaya.

Anda dapat menghilangkan area permukaan penting dari kulit Anda, membuat kulit kering dan rusak. Lebih buruk lagi, itu sebenarnya bisa menyumbat pori-pori sebaliknya dari membersihkannya.

Daripada menggunakan masker buatan sendiri, belilah masker arang aktif yang sudah terjamin di toko obat atau toko kecantikan setempat. Anda juga dapat meminta dokter kulit Anda untuk memberikan rekomendasi perawatan kulit yang aman.

3. Uap Panas

Memberi wajah terpaan uap panas adalah bagian khas dari perawatan wajah. Jika Anda datang ke klinik kecantikan, seorang spesialis dapat menggunakan alat steamer kulit untuk memadukan udara hangat dan lembap ke wajah Anda. Ini membantu pori-pori untuk terbuka.

Setelah pori-pori terbuka, seorang spesialis perawatan kulit dapat lebih baik dan lebih mudah menerapkan perawatan seperti masker dan pelembap karena akan diserap lebih dalam ke dalam kulit. Hal ini mungkin memberikan hasil yang lebih baik.

Anda juga bisa memberi alat steamer wajah secara online untuk menggunakannya sendiri di rumah. Atau bisa juga menggunakan peralatan seadanya, seperti mangkuk diisikan air panas baru mendidih dan handuk untuk menutupi kepala agar uap terarah ke wajah.

Cara membersihkan pori-pori wajah secara alami dengan uap panas ini sebaiknya dilakukan hanya sekitar 10 menit, atau segera hentikan jika wajah terasa tidak nyaman atau teriritasi. Setelah itu cuci muka dengan air hangat dan kemudian dengan air dingin.

Tips untuk Mencegah Pori-Pori Tersumbat

Setelah mengupayakan cara membersihkan pori-pori wajah secara alami, Anda sebaiknya lakukan pencegahan agar pori-pori tidak tersumbat lagi. Rutinitas perawatan kulit yang baik dapat membantu mencegah pori-pori tersumbat oleh minyak dan kotoran lainnya. Pastikan untuk memasukkan hal-hal berikut dalam rutinitas Anda:

  • Cuci wajah Anda dua kali sehari dengan pembersih wajah yang dapat membantu menghilangkan minyak dan mengangkat sel-sel kulit mati.
  • Cuci wajah Anda setelah berolahraga atau berkeringat berlebihan.
  • Oleskan toner untuk membantu menghaluskan dan membersihkan pori-pori Anda.
  • Gunakan scrub wajah yang mencerahkan beberapa kali seminggu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan membantu meratakan tekstur dan warna kulit.
  • Oleskan masker clay atau arang setidaknya seminggu sekali untuk membantu mengontrol minyak dan membersihkan kulit.

Setelah Anda menemukan rutinitas perawatan kulit yang sesuai dengan Anda, pastikan untuk mengikutinya dengan baik. Luangkan waktu untuk merawat wajah Anda setiap hari, dengan begitu pori-pori wajah akan jadi lebih bersih dan tidak tersumbat.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang cara membersihkan pori-pori wajah secara alami. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Healthline. 5 Ways to Unclog Pores and 2 Methods to Avoid. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-unclog-pores

Biore. How To Unclog Your Pores. https://www.biore.com/en-us/blog/brightening/clogged-pores/

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>