Bisul: Carbuncle, Bagaimana Cara Mengobati dan Mencegahnya?

714

Diedit:

Apa itu Carbuncle? Ini adalah sekelompok bisul yang menyebabkan infeksi kulit, sehingga terjadi pengelupasan jaringan kulit yang meluas. Bisul jenis ini sering terdapat pada punggung atau bahu, tengkuk leher, dan paha. Kondisi bisul biasanya ditandai dengan demam, kelelahan, dan nyeri. Besarnya bisul dapat menyerupai bentuk bola golf dan dapat menular ke berbagai bagian tubuh lainnya.

Penyebab Carbuncle

Bisul ini juga disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes yang sering ditemukan pada permukaan kulit dan rongga hidung. Selain itu, beberapa penyebab lainnya seperti; gesekan karena pakaian atau setelah bercukur, rambut yang tertarik secara tidak sengaja, kurang menjaga kebersihan tubuh, melemahnya sistem kekebalan tubuh, dan kurang nutrisi. Pasien yang mengidap diabetes dan penyakit sistem imun, juga berpotensi mengalaminya.

Gejala Carbuncle

Selain ukuran bisul yang menonjol, pasien sering merasa menggigil karena mengalami demam—ini adalah reaksi tubuh dalam menghadapi serangan bakteri ataupun mikroba asing pada tubuh manusia, jika kondisi ini terjadi lebih dari dua minggu ada baiknya untuk pergi kedokter untuk memastikan seberapa parah bisul yang Anda alami. Rasa nyeri dan gatal seringkali membuat Anda ingin menggaruknya atau menekan-nekannya, namun tindakan ini hanya memperluas infeksi.

Pengobatan Carbuncle

Pengobatan dapat berupa pemberian antibiotik, pereda nyeri atau gatal, dan obat anti-peradangan yang dianjurkan oleh dokter. Obat-obat ini dapat berupa krim yang dioleskan langsung pada bisul ataupun obat yang harus diminum dengan takaran yang tepat.

Cara lainnya yang dapat Anda lakukan guna menghindari infeksi lebih lanjut adalah mengompresnya dengan air hangat, metode ini juga digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan. Hanya sekali lagi jangan tergoda menggosoknya. Pada kasus yang parah, bisul sebesar bola golf ini harus dikempiskan dengan bantuan dokter melalui penyayatan jaringan kulit yang terinfeksi dan proses pengeringan nanah.

Baca juga:  Langkah Tepat Menangani Bisul

Jangan sekali-kali berpikir bahwa Anda dapat melakukannya sendiri dirumah, mengingat penyayatan yang keliru dapat menimbulkan infeksi serius, salah satunya adalah abses. Infeksi ini dapat memicu hilangnya fungsi organ yang diserang.

Pencegahan Carbuncle

Tindakan pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan tubuh, salah satunya mandi dengan sabun anti-bakteri non perfume. Pada saat mencuci tangan, gunakanlah mild soap berbasis alkohol yang efektif membunuh kuman. Hindari kebiasaan meminjamkan barang-barang pribadi, seperti; handuk, sprei, pisau cukur, pakaian, bahkan peralatan olahraga.

Ingatlah bahwa bisul ini dapat menular tidak hanya melalui kontak langsung antar manusia, melainkan juga melalui objek yang disentuh penderitanya. Jika Anda memiliki luka atau bisul yang pecah, kemudian mengenai pakaian Anda, segera mencucinya dengan diterjen dan air panas. Lalu, tambahkan pemutih dan keringkan dalam suhu tinggi guna memastikan tidak ada bakteri yang tertinggal.

Advertisement
Alinesia