Efektifkah Asam Jawa untuk Pengobatan Sakit Perut

463
Asam Jawa untuk Pengobatan Sakit Perut
Sumber Gambar - Shutterstock

Diedit:

Anda, para wanita yang sering berada di dapur, pastinya sudah sangat familiar dengan buah yang berbentuk panjang dan memiliki rasa yang masam ini, bukan? Ya, Asam jawa biasanya sering digunakan sebagai bumbu dapur. Namun, selain dapat digunakan untuk bumbu dapur, ternyata Asam jawa ini juga memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit, termasuk sakit perut. Seberapa efektif penggunaan asam jawa untuk pengobatan sakit perut?

Dalam artikel ini Anda akan menemukan efektivitas asam jawa untuk pengobatan sakit perut. Serta proses pengolahan ramuan asam jawa untuk pencernaan Anda. Ingin tahu lebih banyak kinerja asam jawa untuk pengobatan sakit perut? Temukan info selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Asam Jawa untuk Pengobatan Sakit Perut

Asam jawa (Tamarindus indica) merupakan tanaman khas daerah tropis dengan batang pohon yang cukup keras. Pohonnya sendiri bisa bertumbuh sampai besar dengan daunnya yang rindang.

Panjang tangkai daunnya bisa mencapai 17 cm dan memiliki sirip genap. Bunga Asam jawa berwarna kuning dan buahnya berwarna cokelat dengan rasa khasnya yang masam.

Bagian yang biasanya dimanfaatkan yakni dari daging buah, kulit kayu, dan juga daunnya yang masih muda. Rasanya yang asam memiliki sifat untuk mendinginkan dan berfungsi untuk melancarkan peredaran darah.

Pengobatan Sakit Perut

Asam jawa bisa digunakan untuk mengobati sakit perut, yang jika dibiarkan, tentu akan sangat mengganggu. Tapi, ingat! Sakit perut di sini, yang bisa diatasi dengan Asam jawa adalah sakit perut ringan dengan ciri feses yang cair, berlendir, dan berbau menyengat.

Pengobatan Sakit Perut
Sumber Gambar – Shutterstock

Jika Anda menderita sakit perut, pengobatan dengan Asam jawa patut Anda coba karena terjangkau dan mudah tentunya. Tapi ingat, jika sakit perut yang Anda alami bersifat kronis, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Cara Menggunakan Asam Jawa

Penggunaan asam jawa dalam pengobatan sakit perut dapat dilakukan selama 3 hari. Setidaknya Anda membutuhkan 100 ml air untuk 1 ruas jari asam jawa dan kunyit. Berikut merupakan tiga cara untuk membuat ramuan Asam jawa untuk meringankan sakit perut Anda.

  • Siapkan Asam jawa yang sudah matang, kapur Sirih secukupnya, dan juga minyak Kayu putih. Kemudian, semua bahan yang telah disiapkan tersebut dicampurkan dalam sebuah wadah sampai merata. Lalu, usapkanlah pada bagian perut yang terasa sakit. Lakukanlah hal tersebut sampai rasa sakit terasa agak mendingan dan akhirnya sembuh.
  • Siapkan Asam jawa yang sudah matang dan juga Gula aren. Kemudian, tambahkan air panas ke dalam campuran Asam jawa dan gula Aren. Diamkan beberapa saat. Setelah sekiranya agak dingin, minumlah ramuan tersebut sampai habis. Lakukan hal tersebut sampai 2 kali setiap harinya.
  • Siapkan Asam jawa, Kunyit, dan juga Gula kelapa sepotong. Parut Kunyit terlebih dahulu. Kemudian, campurkanlah dengan bahan yang lain. Seduhlah dengan satu gelas air panas dan tunggu sampai airnya agak dingin. Setelah itu, saring dan minumlah. Lakukan sebanyak 2 kali sehari sampai rasa sakit perutnya hilang.

Selain sakit perut, Asam jawa juga bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit lainnya di antaranya demam, eksim, dan nyeri haid. Masih banyak manfaat alami yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan herbal asam jawa.

Demikianlah info lengkap sehubungan dengan penggunaan asam jawa untuk pengobatan sakit perut. Ingatlah bahwa efektivitas penggunaan herbal bergantung pada kondisi dari penderita dan tingkat keseriusan dari penyakit yang dialami. Jika kondisi cukup serius, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan medis terlebih dahulu, sehingga Anda dapat memastikan pengobatan yang tepat.

Baca juga:  Manfaat Asam Jawa yang Luar Biasa untuk Kesehatan Anda: Bagian 2
Advertisement
Alinesia