Artritis: Bagaimana Anda Dapat Mengatasi Peradangan Sendi?


By Fery Irawan

Apakah peradangan sendi atau artritis dapat disembuhkan? Tentu saja, berbagai upaya yang di kerahkan dokter akan membantu Anda dalam menangani masalah kesehatan yang berkaitan dengan hal tersebut. Seperti apakah metode pengobatan yang Anda butuhkan? Berikut ini adalah berbagai cara mengatasi Artritis secara umum!

Terapi Gerak Badan

Penggunaan obat-obat yang di berikan oleh dokter seringkali bermanfaat, namun tanpa terapi gerak badan, Anda tentu tidak akan mendapat manfaat pengobatan yang maksimal. Seorang fisioterapi memberikan anjuran bagi pasien artritis untuk mencoba program latihan yang menggabungkan gerakan aerobik, latihan beban, isometrik dan isotonik.

Latihan isometrik adalah latihan kekuatan yang dilakukan dalam posisi statis yang tidak memerlukan gerakan berlebih pada sendi atau panjang otot selama kontraksi berlangsung. Sedangkan, latihan isotonik adalah latihan kekuatan yang memengaruhi panjang otot sewaktu kontraksi berlangsung. Adapula terapi panas-dingin dan akupuntur yang dapat meredakan nyeri.

Latihan demikian telah terbukti dapat mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh artritis seperti pembengkakkan dan nyeri pada persendian, juga dapat memberikan batas maksimal bagi hilangnya kepadatan tulang. Dampak lainnya berupa kelelahan, depresi, dan lesu juga dapat teratasi—bahkan pasien yang sudah tua sekalipun mendapat manfaat yang sama.

Kurangi Berat Badan

Untuk dapat mengurangi berat badan di butuhkan diet yang sehat, ini meliputi konsumsi makanan yang mengandung; kalsium dan asam lemak omega-3. Manfaatnya tidak hanya berlaku bagi pembentukan tubuh saja, para ahli yakin bahwa metode ini dapat mengurangi nyeri dan menghambat peradangan. Sebaiknya Anda menghindari konsumsi daging, produk olahan susu, maupun sayuran dari keluarga Solanaceae (kentang, tomat, terung, dan cabai).

Pembedahan

Artroskopi adalah pembedahan yang sering di rekomendasikan oleh para ahli, hal ini dilakukan dengan memasukkan sebuah alat kedalam sendi, sehingga dokter bedah dapat mengangkat jaringan sinovial yang menghasilkan enzim perusak. Hanya saja metode seperti ini sering tidak efektif, karena peradangan dapat kembali menyerang sendi.

Baca Juga:  Artritis: Apa Itu Peradangan Sendi?

Artroplasti merupakan prosedur medis yang dilakukan dengan mengganti seluruh sendi pada pinggul atau lutut. Sendi buatan yang tertanam dapat bertahan selama 10 sampai 15 tahun dan efektif dalam menghilangkan rasa nyeri yang timbul.

Pengobatan

Adapula pengobatan yang disebut dengan viscosupplementation, yaitu penyuntikkan cairan hyaluronat atau kondroitin yang dapat merangsang regenerasi kartilago ke dalam sendi pada lutut. Obat yang benar-benar dapat menyembuhkan masih diteliti, namun beberapa obat dapat memperlambat penyakit artritis dan mengurangi akibat yang timbul, hanya saja penggunaan obat-obat ini harus disertai dengan konsultasi dokter.

Obat ini dapat berupa; penawar rasa nyeri, anti peradangan nonsteroid, anti-rematik yang dapat memodifikasi penyakit, penghambat reaksi kekebalan tubuh, pengubah respons biologis, dan terapi kortikosteroid—perlu diingat bahwa obat-obat ini sering menimbulkan efek samping yang dapat membahayakan Anda.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}