Aritmia Jantung: Ketika Detak Jantung Bermasalah

861

Aritmia jantung adalah gangguan pada laju atau irama detak jantung. Apabila Anda mengalaminya, detak jantung Anda bisa menjadi terlalu cepat, terlalu lambat, atau iramanya tidak beraturan (kadang cepat, kadang lambat). Ya, jenis-jenis aritmia jantung cukup beragam. Apa saja itu? Simak jawabannya di artikel ini.

Kondisi detak jantung yang terlalu kencang disebut sebagai takikardia. Sedangkan detak jantung yang terlalu lambat disebut sebagai bradikardia. Meski kedengarannya agak menakutkan, namun sebenarnya sebagian besar kasus aritmia tidaklah membahayakan. Memang ada yang kondisinya serius bahkan bisa berakibat fatal, tapi itu jarang terjadi. Artimia jantung bisa disembuhkan dan para penderitanya dapat hidup selayaknya orang yang memiliki detak jantung normal.

Jenis-Jenis Aritmia Jantung

Terdapat 4 jenis utama aritmia yaitu detak jantung prematur (ekstra), aritmia supraventrikular, aritmia ventrikular, serta bradiaritmia.

Detak Jantung Prematur (Ekstra)

Jenis aritmia ini merupakan jenis yang paling umum dialami orang-orang. Jenis ini biasanya tidak berbahaya dan seringkali tidak menimbulkan gejala apapun. Kalaupun ada gejala, biasanya hanya perasaan berderbar di dada atau seperti ada detak jantung yang terlewat. Jika terjadi di atrium (bilik atas jantung) maka disebut kontraksi atrium prematur. Bila terjadi di ventrikel (bilik jantung bawah) disebut kontraksi ventrikel prematur.

Detak jantung prematur pada orang yang sehat tidak membutuhkan perawatan apapun. Dalam kebanyakan kasus, kondisi ini terjadi secara alami. Namun sejumlah penyakit juga dapat menyebabkan detak jantung prematur. Stres, terlalu banyak olahraga, atau terlalu banyak kafein serta nikotin juga turut menimbulkan detak jantung prematur.

Aritmia Supraventrikular

Jenis ini adalah takikardia yang bermula di atrium atau node atrioventrikular (AV). Node AV merupakan sekelompok sel yang terletak diantara atrium dan ventrikel. Aritmia supraventrikular terdiri dari beberapa macam yaitu atrium fibrilasi, atrium flutter, takikardia paroksimal supraventrikular, dan sindrom Wolff-Parkinson-White.

Aritmia Ventrikular

Aritmia ini bermula di bilik bawah jantung, yaitu ventrikel. Jenis ini adalah salah satu aritmia jantung yang dapat berakibat fatal dan membutuhkan perawatan segera. Dua macam aritmia ventrikular mencakup takikardia ventrikular dan fibrilasi ventrikular. Penyebab aritmia ventrikular biasanya adalah penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan pelemahan otot jantung—ketiga gangguan jantung yang butuh penanganan segera.

Bradiaritmia

Bradiaritmia terjadi apabila detak jantung lebih lambat dari biasanya. Apabila detak jantung terlalu lemah, itu menandakan darah yang mencapai otak tidak mencukupi. Kondisi demikian dapat membuat Anda kehilangan kesadaran.

Pada orang dewasa, rata-rata detak jantung kurang dari 60 kali dalam semenit digolongkan sebagai bradiaritmia. Beberapa orang memang secara alami memiliki rata-rata detak jantung rendah, khususnya mereka yang fisiknya sangat aktif dan bugar. Bagi mereka, detak jantung kurang dari 60 kali semenit bukanlah sesuatu yang membahayakan. Namun bagi orang lain, penyakit atau kondisi serius bisa jadi adalah penyebab bradiaritmia.

Penyebab Aritmia Jantung

Dari penjelasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa jenis-jenis aritmia jantung dapat disebabkan oleh hal-hal yang berbeda. Secara umum, penyebab aritmia jantung adalah sebagai berikut:

  • Serangan jantung
  • Luka pada jaringan jantung akibat serangan jantung
  • Perubahan pada struktur jantung
  • Penyakit jantung koroner
  • Tekanan darah tinggi
  • Diabetes
  • Hipertiroidisme dan Hipotiroidisme
  • Merokok, konsumsi alkohol dan kafein berlebih
  • Stres
  • Obat-obatan dan suplemen diet tertentu

Apabila Anda hanya mengalami aritmia jantung saat mengonsumsi makanan, minuman, atau produk tertentu, sebaiknya batasi atau hindari hal tersebut. Jika obat-obatan yang menyebabkannya, bicarakanlah dengan dokter, mungkin ia akan menyesuaikan resep dan dosis dari obat tersebut.

Bacalah artikel “Obat Artimia Jantung Alami” yang menyajikan informasi mengenai herbal untuk membantu pengobatan aritmia jantung dan mencegah terjadinya serangan jantung maupun penyakit jantung parah lainnya.