Apa Itu Tumor Kolon?

469

Diedit:

Sebelum mengetahui apa itu tumor kolon, sebaiknya Anda tahu terlebih dahulu apa itu kolon. Kolon merupakan sebuah bagian dari sistem pencernaan kita. Berbentuk memanjang, kolon bermula pada bagian cecum dan berakhir pada rektum.

Bagian awal dari usus besar dinamakan cecum, bagian tengahnya dinamakan kolon dan pada bagian akhir usus adalah rektum. Ketiga bagian inilah yang biasa disebut sebagai usus besar. Rektum yang merupakan bagian akhir kolon, berhubungan dengan anus.

Tumor kolon atau yang akrab dikenal dengan istilah tumor usus besar dapat bersifat jinak dan ganas. Memang, ada klasifikasi lagi pada penyakit tumor di bagian ini yaitu tumor jinak dan tumor ganas.

Tumor jinak memiliki ciri pertumbuhan yang lambat dan tak menyerang jaringan atau organ sekitar usus. Tumor jinak pada usus besar ini biasa disebut dengan polip. Tumor jinak pada usus besar ini relatif mudah disembuhkan dibanding tumor kolon ganas.

Namun demikian, perlu segera dilakukan upaya penyembuhan. Obat tumor kolon yang bisa dicoba adalah Sarang Semut. Obat herbal ini mengandung flavonoid dan tanin yang mampu menyembuhkan tumor usus.

Sementara, tumor yang memiliki pertumbuhan cepat dan menyerang organ sekitarnya disebut sebagai tumor ganas. Inilah yang biasa dikenal dengan nama kanker. Tumor kolon ganas ini biasanya berkembang dari tumor jinak yang tak segera diobati.

Sering kali penderitanya terlambat berobat sehingga tumor jinak mengganas menjadi kanker kolon. Tidak hanya itu, keterlambatan mengobati tumor pada usus besar bisa merembet ke organ lainnya sehingga sangat berpotensi dalam menciptakan terjadinya kanker paru-paru dan kanker hati.

Gejala Tumor Kolon

Seseorang yang diduga terkena tumor kolon biasanya mengalami gejala-gejala sebagai berikut. Pertama, mengalami perubahan frekuensi buang air besar. Bisa lebih sering buang air besar atau lebih jarang. Yang jelas, frekuensinya menjadi tak normal. Ini merupakan salah satu tanda seseorang mengidap tumor kolon.

Baca juga:  Apa Ciri-Ciri Tumor Kolon?

Gejala-gejala lain yang perlu diwaspadai adalah saat dalam kotoran (feses) seseorang bercampur dengan darah; terjadi penurunan berat badan yang cepat; sering mengalami sakit perut; sering lelah/capek yang tak ketahuan penyebabnya; sering mual dan muntah, dan sering mengalami nyeri perut.

Mudah merasa lelah/capek itu bisa juga disebabkan terkena anemia (kekurangan zat besi). Oleh karena itu, perlu berhati-hati juga jika seseorang mudah mengidap anemia.

Bila Anda atau ada anggota keluarga Anda yang sering mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya segera memeriksakan diri dan melakukan pengobatan. Harapannya agar bila benar terkena penyakit tumor kolon bisa dideteksi secepat mungkin sehingga bisa dilakukan penyembuhan secepatnya.

Pada umumnya, tumor kolon ini menyerang pada pria. Namun, tak menutup kemungkinan juga menjangkiti wanita. Saat ini tumor kolon merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya di dunia.

Kunjungi juga halaman Gejala-Gejala Tumor Otak pada Anak untuk mengetahui apa saja gejala adanya tumor otak terutama pada anak-anak dan dapatkan solusi pengobatan yang Anda butuhkan dengan membaca halaman Obat Tumor.

Advertisement
Alinesia