Apa Gejala Tumor Parotis?


By Cindy Wijaya

Bicara soal tumor parotis, tampaknya tak banyak orang yang mengetahui hal ini. Penyakit ini tergolong langka dan jarang terjadi. Kata parotis sendiri sebenarnya mengarah pada kelenjar ludah terbesar yang berada di depan telinga Anda – sebagian besar tumor kelenjar ludah terjadi disini.

Walaupun sebagian besar dari tumor parotis tidak bersifat kanker, namun kelenjar parotis sendiri merupakan sasaran utama serangan kanker pada kelenjar ludah. Maka dari itu Anda perlu terus memerhatikan apa gejala tumor parotis, sehingga penanganan yang tepat dapat segera dilakukan.

Berikut ini bukan hanya gejala tumor parotis saja yang tertera dalam artikel ini, melainkan beberapa dari gejala tumor kelenjar ludah lainnya seringkali mengakibatkan hal berikut; benjolan yang muncul pada rahang, pipi dan leher. Selain itu, timbul rasa nyeri yang tak kunjung hilang di sekitar mulut, pipi, rahang, telinga atau leher. Terlihat perbedaan antara sisi wajah sebelah kiri dan kanan. Mati rasa pada sebagian wajah dan melemasnya otot-otot pada sebagian wajah Anda. Sulit membuka mulut dengan lebar, sehingga makan dan berbicara menjadi terganggu – serta keluar cairan dari telinga.

Gejala tumor parotis yang paling umum diketahui dari munculnya benjolan atau pembengkakan di daerah sekitar pipi. Kondisi serupa bisa saja terjadi pada penyakit lainnya, sehingga pemeriksaan medis kepada dokter juga perlu dilakukan.

Lalu, kapan sebaiknya ini dilakukan? Sebenarnya saat gejala tersebut muncul Anda harus segera menghubungi dokter. Mengingat ada begitu banyak keahlian medis yang dimiliki dokter, manakah yang tepat untuk menangani tumor parotis ini? Ya, ahli medis yang terlibat ialah ahli bedah maksilofasial, onkologi, dan otolaringologis (dokter spesialis kepala).

Untuk mempermudah Anda sewaktu sedang berkonsultasi dengan dokter, sebaiknya Anda sendiri mencatat apa saja gejala yang Anda rasakan dan sudah berapa lama Anda mengalaminya. Hal ini bukan karena dokter tak bisa membantu Anda, justru dengan demikian – ia dapat memahami apa yang Anda butuhkan dan memperkuat diagnosis yang ia sendiri lakukan.

Baca Juga:  Apa Itu Tumor Parotis?

Pertanyaan lain yang bisa jadi diajukan ialah seberapa parah gejala yang Anda rasakan, ini juga membantunya dalam memberikan perawatan medis lanjutan. Sebaiknya jangan sekali-kali menyembunyikan gejala tumor parotis ini.

Tentu saja komplikasi berupa infeksi dan bertambah parahnya kerusakan yang terjadi pada jaringan saraf disekitar pipi dapat menjadi sasaran selanjutnya. Karena lokasi tumor parotis ada di sekitar wajah, tentu akan sangat memengaruhi penampilan fisik yang Anda miliki.

Hal yang paling menyedihkan ialah sulitnya melakukan aktivitas sehari-hari, seperti; makan dan berbicara, bahkan tidur juga menjadi hal yang sangat sulit untuk dilakukan – karena akan mengganggu posisi tidur. Namun, keadaan ini bukannya tanpa harapan! Yakinlah bahwa Anda dapat mengatasi kondisi yang sulit tersebut.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}