Apa Ciri Tumor Mediastinum?

544
Shutterstock

Diedit:

Bisa jadi Anda baru mendengar jenis penyakit ini – tumor mediastinum. Penyakit ini lebih mudah dipahami jika Anda mencari lebih banyak informasi mengenai bagian manakah yang disebut dengan mediastinum. Mulai dari saluran kerongkongan, trakea, pembuluh darah aorta, kelenjar timus, dan jantung merupakan bagian dari mediastinum. Ini merupakan rongga yang ada ditengah paru-paru bagian kiri dan kanan. Mediastinum juga terbagi dalam 3 bagian, yaitu; mediastinum depan (anterior), mediastinum tengah, dan mediastinum belakang (posterior). Apa pengaruhnya?

Rongga ini merupakan sarana yang dapat dilalui kanker paru-paru menuju getah bening, hal ini membuat Anda perlu memastikan kondisinya – mengingat hampir 40% orang yang mengidap tumor ini tidak merasakan adanya ciri tumor mediastinum. Kebanyakan dari mereka berhasi didiagnosis setelah mengeluh karena gangguan yang timbul pada sumsum tulang belakang maupun jantung. Keluhan lainnya yang biasa dirasa oleh penderita tumor mediastinum ialah; suara serak, batuk berdarah, sesak napas, napas tersengal-sengal, nyeri dada, demam, keringat yang terjadi di malam hari, pembengkakan pada kelenjar getah bening, serta penurunan berat badan yang tidak diketahui sebabnya.

Karena kebanyakan ciri tumor mediastinum yang disebutkan ini tampak serupa dengan ciri dari penyakit lain, maka Anda memerlukan bantuan tenaga medis yang ahli – guna memperoleh hasil yang memuaskan. Misalnya; Anda akan sulit membedakan antara tumor mediastinum dengan tuberkulosis atau TBC dengan gejala yang hampir sama – batuk berdarah dan nyeri dada. Begitu pula dengan penyakit flu berat yang ditandai dengan demam, keringat yang terjadi pada malam hari dan suara serak. Atau pada penderita asma yang sering mengalami sesak napas dan napas yang tersengal-sengal. Bahkan penurunan berat badan dapat terjadi jika Anda terserang berbagai penyakit lainnya.

Baca juga:  Apa Obat Tumor Mediastinum?

Ada yang berpikir bahwa mereka dapat membiarkan penyakit ini tanpa disembuhkan, namun ini adalah pemikiran yang keliru. Jika tidak diatasi segera, tumor mediastinum dapat menyebabkan komplikasi – baik serius atau tidak. Misalnya; anemia, diare, kerontokan rambut, kelelahan, konstipasi, kerontokan rambut, mual, muntah, sembelit, dan rasa sakit yang tak tertahankan. Komplikasi yang lebih serius dapat berupa kompresi sumsum tulang belakang, atau bahkan terjadi penyebaran dari sel kanker yang mengganas pada jaringan sekitar aorta, vena cava, dan perikardium. Ingatlah, setiap penyakit apapun yang dibiarkan tanpa perawatan tentu akan memberikan dampak buruk bagi Anda.

Adakalanya komplikasi datang dari perawatan medis itu sendiri – baik itu pembedahan, radiasi, ataupun kemoterapi. Komplikasi yang ditimbulkan berupa perubahan pada kondisi kulit Anda, misalnya; kulit tampak kering, melepuh, atau terasa gatal – terjadi pada jenis perawatan medis radiasi. Hal ini biasanya dapat diatasi oleh dokter dengan tambahan obat lainnya. Komplikasi yang ditimbulkan dari perawatan medis tidak sebesar komplikasi yang timbul karena tidak dirawat sama sekali. Untuk dapat memahami setiap komplikasi yang timbul sebaiknya segera konsultasi pada dokter.

Advertisement
Alinesia