Blog Herbal No. 1 Indonesia

Jangan Sampai Dehidrasi! Ini 9 Akibat Kurang Minum Air Putih


By Cindy Wijaya

Air sangat penting untuk kesehatan kita. Sekitar 60-70% dari tubuh kita sebenarnya adalah air, jadi kita sangat membutuhkannya untuk berbagai fungsi penting tubuh kita. Kita bisa tetap memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan dengan minum air putih dan mengonsumsi makanan yang punya kandungan air tinggi.

Namun banyak dari kita tidak minum cukup air setiap hari dan bahkan minum minuman yang memicu dehidrasi, seperti minuman manis dan minuman keras.

Jadi apa sebenarnya yang terjadi pada tubuh Anda jika Anda kurang minum? Berikut adalah akibat kurang minum air yang harus Anda ketahui. Mengetahui berbagai dampak buruk ini akan membuat Anda lebih berupaya untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan air setiap hari.

Apa Saja Akibat Kurang Minum Air Putih?

Pasti tubuh kita akan mengalami dampaknya jika kekurangan cairan. Beberapa dampak tersebut terlihat jelas dan mengganggu fungsi tubuh, sedangkan beberapa yang lainnya tidak terlalu kentara dan sering diabaikan. Namun jangan biarkan berlarut-larut jika Anda mengalami beberapa akibat kurang minum air putih berikut ini.

Merasa Kurang Energi

Ketika tubuh dehidrasi, Anda mungkin merasa jadi kurang berenergi. Itu karena air membantu menjaga pikiran tetap waspada dan kondisi tubuh tetap seimbang. Jika Anda kurang minum air di siang hari, Anda kemungkinan akan merasa kurang energi di sore harinya, dan mungkin merasa terlalu lelah untuk melanjutkan aktivitas atau berolahraga di malam hari. Siapkan sebotol air minum untuk mengingatkan Anda agar selalu minum sepanjang hari.

Pikiran Kurang Fokus

Otak Anda membutuhkan air (otak kita terdiri dari sekitar 80% air), dan cukup minum air membuat pikiran tetap tajam dalam jangka panjang. Sebuah penelitian dalam jurnal ilmiah Nutrients mendapati bahwa minum air putih meningkatkan kesehatan otak dan mencegah penurunan memori serta kelelahan mental. Jika Anda merasa kurang fokus dan sering melamun, cobalah minum air dan lihatlah apakah itu membantu.

Meningkatkan Risiko Stroke

Air juga baik untuk jantung Anda. Menurut sebuah penelitian pada BMC Cardiovascular Disorders, stroke merupakan salah satu risiko penyakit akibat kurang minum air putih atau dehidrasi. Dehidrasi juga memperlambat pemulihan dari stroke.

Jadi, untuk menjaga jantung Anda dalam kondisi prima, perhatikan seberapa banyak Anda minum sepanjang hari. Jika urin Anda berwarna kuning tua atau Anda merasa ingin pingsan, minumlah air terlebih dahulu.

Mood Tidak Stabil

Dehidrasi juga bisa membuat Anda mudah tersinggung dan rewel. Dua penelitian yang diadakan di University of Connecticut mempelajari pria dan wanita pada serangkaian tes kognitif, dan mereka para peneliti mendapati bahwa dehidrasi menyebabkan mood yang buruk, rasa kantuk, dan bahkan sakit kepala. Jika Anda merasa jadi sedikit mudah tersinggung dan tidak tahu kenapa, cobalah minum air dan lihat apakah mood Anda membaik setelahnya.

Makan Berlebihan

Kadang kita keliru mengira rasa haus sebagai rasa lapar. Jadi saat Anda merasa lapar padahal belum lama makan, cobalah untuk minum air dan lihat apakah itu membantu anda membedakan apa yang sebenarnya dibutuhkan tubuh Anda.

Jika Anda masih merasa lapar setelahnya, maka itu berarti Anda memang butuh makan. Sangat penting untuk mendengarkan isyarat tubuh Anda dan memberikannya apa yang yang dibutuhkannya.

Memperlambat Metabolisme

Air dibutuhkan untuk setiap fungsi tubuh Anda, jadi ketika Anda dehidrasi, maka metabolisme tubuh pun akan melambat. Begitu juga halnya dengan tingkat energi Anda. Minum air yang cukup dapat membantu tubuh melakukan fungsi-fungsinya dengan baik.

Sakit Kepala

Karena otak membutuhkan air yang cukup, maka salah satu akibat kurang minum air putih adalah sakit kepala dan kelelahan. Jadi saat Anda mulai merasa sakit kepala, cobalah untuk minum air terlebih dulu dan istirahat. Sakit kepalanya mungkin akan membaik tanpa perlu minum obat.

Merusak Kulit

Kulit kita membutuhkan air untuk tetap sehat dan terlihat segar. Salah satu akibat kurang minum air putih bagi kulit adalah meningkatnya efek penuaan pad akulit. Kolagen bisa pecah, menyebabkan garis-garis halus dan kerutan.

Itulah sebabnya mengapa orang membutuhkan pelembap dan penghidrasi dalam rangkaian perawatan kulit untuk melengkapi asupan air mereka agar kulit tampak kenyal dan lembut.

Berat Badan Naik

Berat badan yang terus naik, terutama di daerah perut, dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung. Minum air dapat membantu anda menurunkan berat badan, khususnya jika Anda meminumnya sebagai pengganti minuman manis atau minuman berkalori tinggi lainnya. Air dapat membuat perut terasa penuh, sehingga Anda jadi kurang lapar di saat belum jam makan. Tapi air tidak boleh dijadikan penggangi makanan.

Apa Saja Ciri-Ciri Kurang Minum Air Putih?

Anda mungkin berpikir bahwa ciri-ciri kurang minum air putih pastilah rasa haus. Tapi sebenarnya rasa haus bukanlah petunjuk awal yang dapat diandalkan dari kebutuhan tubuh akan air. Banyak orang, terutama orang yang sudah lansia, tidak merasa haus bahkan sampai mereka mengalami dehidrasi. Itulah sebabnya penting untuk meningkatkan asupan air saat cuaca panas atau saat sedang sakit.

Ciri-ciri kurang minum air putih dapat berbeda-beda tergantung pada usia seseorang.

Berikut ciri-ciri kurang minum air putih pada bayi atau anak kecil:

  • Mulut dan lidah kering
  • Tidak ada air mata saat menangis
  • Popok tidak basah selama tiga jam
  • Mata dan pipi cekung
  • Titik lunak cekung di atas tengkorak
  • Terlihat lemas atau gampang marah

Berikut ciri-ciri kurang minum air putih pada orang dewasa:

  • Sangat merasa haus
  • Jarang buang air kecil
  • Urin berwarna gelap
  • Kelelahan
  • Kepala pusing
  • Kebingungan

Kapan sebaiknya periksa ke dokter? Segeralah ke dokter apabila terjadi gejala-gejala berikut: diare selama 24 jam atau lebih, gampang marah atau bingung dan lebih mengantuk atau kurang aktif dari biasanya, detak jantung atau bernapas jadi lebih cepat, atau BAB berdarah atau berwarna hitam.

Kesimpulan tentang Akibat Kurang Minum Air Putih

Apa saja akibat yang dirasakan tubuh jika kurang minum air putih? Sewaktu dehidrasi Anda kemungkinan akan merasa kurang berenergi, pikiran kurang fokus, mood tidak stabil, makan berlebihan, sakit kepala, kulit jadi lebih kering, serta metabolisme tubuh jadi lebih lambat dan meningkatkan risiko stroke.

Apa saja ciri-ciri kurang minum air putih? Anda kemungkinan harus minum lebih banyak air jika merasa sangat haus, jarang buang air kecil, urin berwarna gelap, kelelahan, pusing, dan merasa bingung.

Untuk mencegah dehidrasi dan akibat buruk lain dari kurang minum air putih, minumlah cukup air sepanjang air dan makanlah makanan dengan kandungan air tinggi, seperti buah-buahan dan sayuran.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang berbagai akibat kurang minum air putih. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

WebMD. Are You Dehydrated?. URL: https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-diet-dehydration

Eating Well. What Happens to Your Body When You Don’t Drink Enough Water. URL: https://www.eatingwell.com/article/292133/10-dangerous-side-effects-of-not-drinking-enough-water/

Well+Good. 7 Consequences of Not Drinking Enough Water Throughout the Day. URL: https://www.wellandgood.com/drink-enough-water/

Mayo Clinic. Dehydration. URL: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dehydration/symptoms-causes/syc-20354086

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review ★★★★★

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}