0812-8187-1234 | 0812-80-61-0777
0818-029-100-88 | 0856-99-34341
Senin-Jumat, pkl. 8.30-16.00 WIB

My Cart
A+ A A-
Obat galau Obat galau Shutterstock

Obat Galau yang Patut Dicoba!

Galau, istilah ini sedang menjadi tren di kalangan anak muda bahkan salah satu operator telekomunikasi di Indonesia pun mengambil istilah galau menjadi slogan andalan produk mereka.

Sebenarnya apa arti dari kata galau ini? Adakah obat galau? Simak artikel ini untuk mencari tahu jawabannya.

Apa Itu Galau?

Galau adalah suatu keadaan yang disebabkan oleh beberapa kondisi seperti  urusan asmara, pekerjaan atau hal lain yang menuntut kita untuk segera membuat keputusan sehingga mengakibatkan perasaan kita menjadi labil dan cemas.

Resep Obat Galau

Tidak soal muda dan tua, tentu semua orang pasti pernah merasakan yang namanya galau. Ya, galau boleh saja dan hal itu sangat manusiawi. Tapi, yang patut diingat adalah jangan pernah membiarkan perasaan galau itu berlarut-larut.

Perasaan galau yang berlarut-larut dapat mengakibatkan sebuah kondisi yang lebih serius yaitu depresi kronis. Apakah kamu memiliki teman, keluarga, atau bahkan mungkin dirimu sendiri yang sedang mengalami galau. Segera atasi itu! Berikut beberapa resep obat galau yang patut dicoba.

  • Jangan dengarkan musik yang iramanya mellow
    Kesalahan terbesar ketika kita sedang galau adalah cenderung mencari dan mendengarkan lagu mellow. Imbasnya, perasaan galau tersebut bukannya hilang tapi malah membuat perasaan semakin tidak karuan. Cobalah pilih musik yang iramanya sedikit lebih cepat. Musik tersebut dapat menjadi obat galau yang efektif untuk membuat kita lebih bersemangat dan tenang sehingga kita bisa menyelesaikan masalah kita dengan pikiran yang segar. Baca juga di artikel apa saja jenis Musik terapi dan untuk mengetahui manfaat musik bagi tubuh, baca di artikel Terapi musik, alternatif yang patut dicoba!
  • Menangislah  dan berteriak
    Tidak soal wanita ataupun pria, menangis dan berteriak adalah obat galau yang paling ampuh. Jangan anggap remeh menangis dan berteriak! Menangis tidak selalu berarti seseorang itu lemah atau cengeng. Berdasarkan penelitian, menangis dan berteriak ternyata dapat mengeluarkan hormon stres yang bernama endorphin leucine enkaphalin dan prolactin yang dapat membantu kita mengurangi resiko darah tinggi. Bahkan pemerintah China membuat sebuah kafe galau khusus agar orang-orang yang perasaannya sedang galau dapat menangis dan berteriak sekencang-kencangnya.
  • Curahkan perasaanmu
    Salah satu obat galau yang tidak kalah ampuh adalah curhat. Sebagai manusia, kita adalah mahluk yang butuh bersosialisasi. Oleh karena itu, coba curhat pada sahabatmu atau keluargamu mengenai problemmu. Dengan menceritakan problemmu, kamu bisa melihat problemmu dari sudut pandang yang berbeda dan bahkan dapat membantu kita menemukan solusi yang praktis.
  • Jalan-jalan
    Selain menangis, jalan-jalan juga merupakan obat galau yang ampuh. Cobalah untuk berjalan-jalan di luar selama 30 menit. Jika perlu, coba rencanakan liburan bersama keluarga atau sahabat.
  • Makan
    Banyak anggapan bahwa makan adalah obat galau paling ampuh untuk mengatasi galau. Ya, memang makan merupakan salah satu daftar obat galau yang cukup ampuh. Contohnya, dengan mengonsumsi cokelat. Berdasarkan penelitian, cokelat dapat membantu mengusir rasa sedih kita hingga 60% dalam waktu 15 menit.
  • Tuliskan perasaanmu pada buku diary
    Jika kamu tidak mempunyai sahabat yang untuk diajak curhat, cobalah untuk menuliskan apa yang kamu rasakan sewaktu kamu galau di diary. Dengan menulis, kamu bisa menuangkan semua perasaanmu dan kamu juga bisa mengetahui alasan mengapa kamu galau. Sebulan kemudian, coba bacalah kembali diary-mu. Apakah perasaanmu sekarang sudah tidak galau? Jika ya, coba tuliskan juga apa yang membantumu mengatasi perasaan galau tersebut.
  • Tidur
    Tidur juga merupakan obat galau yang cukup ampuh. Meskipun tidak menyelesaikan masalah, tetapi setidaknya setelah tidur pikiran kita dapat menjadi segar kembali sehingga pikiran menjadi lebih fokus dan tenang saat menyelesaikan masalah.
  • Optimislah bahwa situasi dapat berubah
    Ada pepatah mengatakan, habis gelap terbitlah terang. Ya, tidak soal seberapa parah problemmu, yakinlah dan bersabarlah bahwa situasi tersebut pasti dapat berubah. Berdasarkan hasil penelitian jika kita optimis maka kita dapat mengurangi resiko depresi klinis.
  • Konsumsi Kopi
    Mengonsumsi kopi juga dapat menjadi obat galau yang efektif. Kopi memiliki kandungan kafein yang dapat membantu kita mengurangi perasaan galau.  Meskipun kopi memiliki manfaat untuk menenangkan, tentu tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan. Jika dikonsumsi berlebihan, kopi dapat mengakibatkan kita menjadi sulit tidur dan gemuk. Jika memang tidak terbiasa mengonsumsi kopi, cobalah alternatif minuman kesehatan seperti Noni Juice. Noni juice adalah minuman kesehatan yang dapat meningkatkan hormon serotonin yang memiliki fungsi untuk mengurangi perasaan galau kita.

Ayo segera atasi perasaan galaumu dengan beberapa resep obat galau di atas, jangan biarkan galau mengendalikan hidupmu!

Log In or Register