P3K Tersedak: Cara Menolong Orang yang Tersedak

558
www.firstaidforlife.org.uk

Diedit:

Tersedak dapat terjadi jika benda asing tersumbat di tenggorokan, sehingga menghalangi aliran udara. Pada orang dewasa, sepotong makanan sering menjadi penyebabnya. Sedangkan, anak-anak lebih sering mengalami tersedak karena menelan benda-benda kecil. Karena tersedak dapat menghambat oksigen ke otak, maka pertolongan pertama secepat mungkin perlu dilakukan. Tanda umum seseorang yang sedang tersedak ialah posisi tangan yang cenderung mencengkeram tenggorokan.

Jika orang tersebut tidak memberikan sinyal, carilah indikasi ini: Tidak mampu berbicara, kesulitan bernapas atau batuk yang dipaksakan, kulit (bibir bahkan kuku) berubah warna menjadi biru atau kehitaman, lalu terjadi penurunan kesadaran.

Bagaimana jika orang lain tersedak? Palang Merah merekomendasikan 5 langkah upaya yang bisa dilakukan untuk memberikan P3K Tersedak:

Berikan 5 pukulan punggung diantara tulang bahu dengan menggunakan tumit tangan Anda (Namun, perlu diingat Anda tak boleh asal melakukannya dan kekuatan tenaga yang dikeluarkan perlu dipertimbangkan agar tidak menjadi cedera baru bagi korban).

Berikan 5 tekanan perut, juga dikenal sebagai manuver Heimlich. Hal ini dilakukan dengan melakukan 5 pukulan punggung dan 5 tekanan perut hingga sumbatan berhasil keluar. Manuver Heimlich dilakukan dengan berdiri di belakang orang tersebut, lalu memeluk pinggangnya, sambil Anda merapatkan jari-jemari. Kepalan tangan hendaknya berada sedikit diatas pusar tekan keras perut dengan cepat, dorong ke atas – seolah berusaha mengangkat orang itu. Jika sumbatan masih tidak keluar lakukan kembali metode tersebut.

Jika Anda satu-satunya orang yang ada disana cobalah lakukan metode ini sebelum melakukan panggilan medis. Jika ada orang lain, mintalah bantuan orang itu untuk melakukan panggilan medis. Jika orang itu tidak sadarkan diri, cobalah lakukan CPR standar dengan menekan dada.

Bisakah metode manuver Heimlich dilakukan pada diri sendiri? Pertama, segera lakukan panggilan medis. Sekalipun Anda tidak dapat melakukan pukulan punggung sendirian, Anda masih dapat menekan perut Anda agar sumbatan keluar. Hal ini dilakukan dengan menempatkan tinju Anda di atas pusar lalu menekannya dengan bantuan tangan yang lainnya, sambil membungkukkan badan pada sebuah meja atau kursi. Dorong kepalan tangan Anda ke dalam dan ke atas.

Bagaimana dengan seorang wanita hamil atau orang yang gemuk? Pada situasi ini, posisi tangan hendaknya berada di dasar tulang dada, tepat didasar tulang rusuk paling bawah. Lalu, lanjutkan dengan menekan dada dan mendorongnya sesegera mungkin. Ulangi hingga makanan atau sumbatan lainnya hilang.

Bagaimana jika seseorang tidak sadarkan diri dan ada sumbatan dalam tenggorokkannya? Setelah menghubungi layanan medis. Posisi-kan orang tersebut di lantai secara terlentang, cobalah melihat kedalam tenggorokkannya apakah sumbatan tampak jelas dan coba untuk mengeluarkannya, namun berhati-hatilah agar ini tidak masuk lebih dalam – karena dapat menyumbat saluran napas orang tersebut (melesaknya makanan lebih mudah terjadi pada anak-anak).

Setelah sumbatan berhasil dikeluarkan, cobalah untuk melakukan CPR, namun jika pasien tidak segera siuman, cobalah untuk memeriksanya kembali. Untuk mempersiapkan diri pada situasi ini dapat mempelajari manuver Heimlich dan CPR di kursus pelatihan pertolongan pertama yang bersertifikat. Demikianlah P3K Tersedak yang bisa Anda terapkan.

Advertisement
Alinesia