5 Khasiat Semangka untuk Kesehatan Anda

564
Khasiat Semangka untuk Kesehatan
Sumber Gambar - Shutterstock

Diedit:

Hampir semua orang menyukai buah yang satu ini: Semangka. Rasanya yang manis dan warna buahnya yang merah menggoda menjadi faktor kuat mengapa buah Semangka banyak disukai orang. Buah yang memiliki nama latin Citrullus vulgaris schard ini, ternyata mengandung aneka jenis manfaat untuk kesehatan. Ya, bukan hanya rasanya yang manis, manfaatnya juga terasa “manis”. Apa saja khasiat semangka untuk kesehatan?

Dalam artikel berikut Anda dapat melihat 5 khasiat semangka untuk kesehatan Anda. Buah yang mengandung banyak air ini, ternyata memiliki beragam manfaat yang berguna bagi tubuh. Maka apa saja khasiat semangka untuk kesehatan Anda? Temukan info selengkapnya pada artikel berikut ini!

Khasiat Semangka untuk Kesehatan

Mungkin tak banyak yang tahu kalau buah Semangka ini ternyata banyak memiliki kandungan manfaat sebagai obat bagi beberapa penyakit. Selain itu, buah Semangka juga dapat digunakan untuk menambah kesuburan.

Beberapa khasiat yang terkandung dalam Semangka diantaranya sebagai peluruh kencing, anti-peradangan, penyejuk di saat udara panas, dan juga dapat menghilangkan rasa haus karena banyaknya kandungan cairan di dalamnya.

Dalam konteks pengobatan China, Semangka biasanya digunakan untuk menjadi pelawan summer heat yang merupakan gejala penyakit dengan ditandai oleh rasa haus, suhu tubuh yang meningkat, diare, urin yang jernih, dan muntah darah.

Buah Semangka mengandung sejumlah zat seperti protein, air lemak, karbohidrat, abu, serat; vitamin A, B, dan C. Disamping itu, Semangka juga mengandung asam amino, asam aminoasetat, sitrulin, asam folat, asam malar, arginin, karoten, bromine, kalium, natrium, silvit, dektrosa, sukrosa, dan juga fruktosa.

Masing-masing zat tersebut memiliki manfaatnya tersendiri. Arginin dan sitrulin misalnya, sangat berperan dalam pembentukan urea di dalam hati dari karbondioksida (CO2) dan ammonia sehingga keluarnya urin dapat meningkat.

Pengobatan Tekanan Darah Tinggi

Semangka juga memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi sehingga dapat membantu kinerja jantung dan mampu menormalkan tekanan darah.

Pengobatan Tekanan Darah Tinggi
Sumber Gambar – Shutterstock

Kandungan likopen dalam Semangka juga sangat bermanfaat untuk antioksidan yang ternyata lebih unggul dari vitamin E dan C. Bagaimana dengan bijinya?

Biji Semangka ternyata juga mengandung protein, sitrulin, enzim urease, dan vitamin B12. Sedangkan, kandungan senyawa aktif kukurbositrin di dalam biji Semangka berfungsi dalam memacu kinerja ginjal dan menjaga tekanan darah supaya tetap dalam keadaan normal.

Pengobatan Kanker Prostat

Semangka memiliki kandungan likopen yang tinggi sehingga sangat berperan dalam mengurangi resiko kanker prostat. Penelitian pernah dilakukan oleh lembaga sekaliber All India Institute of Science New Delhi di India, pada sekitar 30-an pria yang sudah didiagnosa tidak subur.

Pengobatan Kanker Prostat
Sumber Gambar – Shutterstock

Dan tahukah Anda, apa yang terjadi? Hasilnya, ke-30 orang tersebut memiliki jumlah sperma yang meningkat dibandingkan dengan sebelum diberikan likopen secara rutin tersebut.

Pengobatan Kencing Manis

Untuk Anda yang tengah menderita kencing manis, maka bisa menggunakan buah Semangka ini untuk pengobatan alternatifnya.

Pengobatan Kencing Manis
Sumber Gambar – Shutterstock

Bagaimana caranya? Potong-potong kulit buah Semangka sebanyak lebih kurang 30 gram dan juga Jambu biji. Kemudian, rebuslah dengan menggunakan 3 gelas air. Minumlah air rebusan tersebut jika sudah dingin. Lakukan setiap hari sebanyak 2-3 kali dalam seharinya.

Pengobatan Infeksi Kemih

Untuk mengobati infeksi kandung kemih, biji Semangka yang telah dipersiapkan, terlebih dahulu direbus dengan air sampai mendidih selama lebih kurang 5 menit.

Pengobatan Infeksi Kemih
Sumber Gambar – Shutterstock

Biarkanlah sampai dingin untuk kemudian diminum sebanyak 3-4 kali sehari, masing-masing sebanyak 1 sendok makan. Lakukanlah hal tersebut secara konsisten sampai infeksi kandung kemihnya sembuh.

Pengobatan Kulit

Untuk Anda yang mendambakan kulit yang halus dan bersih dari flek hitam, bisa juga dicapai dengan memanfaatkan Semangka.

Pengobatan Kulit
Sumber Gambar -alobacsi

Caranya, jemur Semangka sampai kering. Kemudian, gilinglah sampai menjadi serbuk. Lalu, masukkan serbuk tersebut sebanyak 2 sendok ke dalam jus yang terbuat dari campuran Lidah buaya dan satu buah Mentimun. Setelah diaduk, gunakanlah sebagai masker. Lakukan hal tersebut sebanyak 2-3 kali dalam seminggu sampai Anda melihat hasilnya.

Itulah beberapa khasiat Semangka yang ternyata cukup banyak sehingga tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak mencobanya. Terutama, bagi kalangan pria yang hendak menambah tingkat kesuburannya, Semangka bisa dikonsumsi secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya yang menakjubkan ini.

Baca juga:  Aneka Khasiat Kesehatan Buah Semangka

Demikianlah info khasiat semangka untuk kesehatan Anda. Ingatlah bahwa herbal apapun termasuk buah yang memiliki manfaat kesehatan, hanyalah pendukung pengobatan medis. Jika Anda mengalami kondisi kesehatan yang serius, cobalah untuk melakukan pemeriksaan medis dengan dokter. Hal ini akan membantu Anda untuk memperoleh pengobatan yang tepat.

Advertisement
Alinesia