7 Tanda-Tanda Kanker Lidah Stadium Awal

661
tanda-tanda kanker lidah
Shutterstock

Diedit:

Kanker lidah adalah bentuk khusus dari kanker mulut. Kanker ini berkembang pada batang lidah dengan sejumlah kondisi, baik berupa abses dan lesi atau inflamasi yang menyakitkan atau berupa pembengkakan dan benjolan baik dengan warna maupun tanpa warna.

Prognosis kanker lidah atau kemungkinan hidup pasien kanker lidah termasuk tinggi. pada stadium awal bisa mencapai kisaran 80 – 95%. Dan karenanya penting untuk memastikan kanker lidah tidak terlambat terdiagnosa.

Itulah sebabnya penting untuk mengenali dengan baik apa saja tanda-tanda kanker lidah yang biasa muncul pada stadium awal. Dan berikut adalah beberapa di antaranya.

Luka Lidah yang Tak Kunjung Sembuh

Ciri-ciri kanker lidah yang paling khas tetapi justru paling sulit dikenali adalah terbentuknya luka pada lidah. Banyak penderita kanker lidah tak mengenali keberadaan luka ini sebagai kanker karena bentuknya yang mirip sariawan biasa.

Hanya saja, sebaiknya segera periksakan diri bila sariawan tidak juga membaik setelah 10 hari Anda merawatnya dengan terapi sariawan biasa. Karena sariawan biasa tidak akan efektif mengatasi kerusakan sel masif akibat invasi sel kanker.

Pembengkakan atau Benjolan

Gejala kanker lidah lain yang juga kerap muncul adalah dengan terbentuknya pembengkakan atau benjolan pada lidah. Bisa jadi bentuknya relatif kecil jadi tidak kentara pada stadium awal. Rasakan dengan baik dan tekan bila Anda menemukan ketidak simetrisan pada permukaan lidah. Bila ketika Anda tekan terasa nyeri dan linu, sebaiknya segera periksakan diri.

Lidah Terlihat Pucat

Lidah yang pucat dan seperti berlapis sisik putih bisa menjadi tanda adanya keluhan lidah yang perlu Anda perhatikan. Dan kondisi tersebut juga bisa menjadi gejala kanker lidah yang perlu Anda waspadai. Sisik putih pada permukaan lidah adalah bentuk sel kanker yang sedang menginvasi lidah.

Baca juga:  Kenali Gejala Kanker Lidah dan Pilihan Pengobatan Herbal Terbaiknya

Lidah Mudah Berdarah

Serangan sel kanker pada lidah membuat sel-sel dinding kapiler pada lidah menjadi lemah. Pembuluh darah akan mudah sekali pecah. Ini membuat lidah akan sangat mudah untuk berdarah.dalam beberapa kondisi lidah yang mudah berdarah bisa jadi sekedar masalah kekurangan vitamin C. Tetapi bila Anda sudah menambahkan asupan vitamin C dan keluhan masih berulang, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri.

Kehilangan Indera Perasa

Kerusakan pada lidah akibat invasi sel kanker akan menyebabkan sejumlah sistem saraf pada lidah kehilangan fungsinya. Ini menimbulkan ciri-ciri kanker lidah dimana Anda tidak lagi bisa merasakan seperti seharusnya. Setiap makanan yang Anda cicipi sama sekali tidak memiliki rasa atau hambar di lidah.

Gatal pada Lidah

Kasus gatal pada permukaan lidah juga kadang menjadi tanda-tanda kanker lidah. Meski jarang muncul, pasien bisa jadi justru mengeluhkan rasa gatal akibat efek inflamasi dari sel kanker pada lidah.

Lidah Terasa Kaku

Bila kanker pada lidah mengganggu fungsi motorik dari otot-otot lidah, maka pasien bisa jadi akan mengeluhkan lidah yang kaku, sulit digerakan dan terasa linu. Rasa kaku dan linu juga bisa menyerang sampai daerah pangkal lidah dan tonsil.

Menurut mayoclinic.org, kanker lidah termasuk kanker yang jarang. Dan biasanya disebabkan oleh efek toksin yang menyerang mulut. Toksin bisa masuk dari rokok yang dihisap, dari makanan yang diasup dan mengandung unsur toksin juga dari minuman alkohol.

Kanker lidah memang bukan jenis penyakit yang sering terjadi, tetapi kasus kanker ini bisa menjadi sangat berbahaya ketika menyerang. Pastikan Anda mengenali tanda-tanda kanker lidah sedini mungkin agar manfaat pengobatan yang dilakukan dapat lebih optimal mengatasi penyakit.

Baca juga:  Apa Itu Kanker Lidah?