7 Tanda-Tanda Kanker Lambung Stadium Awal

638
Shutterstock

Diedit:

0
()

Stadium kanker lambung wajib diwaspadai! Kanker lambung masuk dalam daftar 10 besar kanker yang paling mematikan di dunia. Kasusnya tidak banyak di Indonesia tetapi catatan WHO mengatakan kasus kanker lambung masuk dalam 3 besar penyakit kanker yang paling banyak terdeteksi.

Menurut Dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD., K-GEH, MMB, seorang pakar kanker dari RS Cipto Mangunkusumo, kasus kanker lambung bisa berkaitan dengan efek infeksi dan peradangan lambung berkepanjangan atau efek dari penyimpangan perilaku sel-sel lambung yang melakukan regenerasi tanpa terkendali. Akibatnya terjadi penumpukan sel dalam lambung yang kemudian menjadi agresif.

Infeksi bakteri Helicobacter pylori adalah salah satu masalah yang bisa memicu terjadinya kanker lambung. Selain dikatakan pula kasus kanker lambung kerap kali merupakan akibat metastasis (penyebaran) kanker dari organ lain.

Menurut sumber medicalnewstoday.com, lebih dari 90% kasus kanker mulut adalah kanker adenocarcinoma yang muncul dari jaringan mukosa penghasil enzim lambung. Dan itu sebabnya kanker lambung bisa sangat berbahaya karena akan mengganggu fungsi pencernaan secara menyeluruh.

Prognosis kemungkinan keberhasilan terapi dari kanker lambung pada stadium kanker lambung awal cukup baik berkisar pada 85%. Tetapi dalam stadium kanker lambung akhir bahkan kesempatan hidupnya tak lagi melebihi 15%.

Karenanya penting bagi pasien mendeteksi awal keberadaan gejala kanker lambung ini demi mengurangi risiko kegagalan terapi. Tentu untuk itu Anda perlu mengenali apa saja yang menjadi ciri-ciri kanker lambung. Berikut beberapa di antaranya.

  • Keluhan Kembung Berkepanjangan

    Gejala kanker lambung yang paling lazim muncul adalah keluhan kembung yang cukup kuat. Pasien akan mengalami pembesaran perut hanya karena tingginya kadar gas dalam perut. Pasien juga bisa jadi sangat mudah buang angin dan sendawa.

  • Sendawa Berbau Busuk

    Keluhan inflamasi pada lambung akan memicu terbentuknya aroma busuk dalam lambung. Perpaduan efek invasi kanker dan zat asam lambung serta enzim-enzim lain. Ini mendorong gas dalam perut meningkat dan naik menuju eksofagus.

    Gas yang banyak pada area diafragma ini menyebabkan pasien mengeluhkan sendawa yang cukup sering. Efek penumpukan aroma dalam lambung, sendawa yang dihasilkan juga beraroma tajam dan busuk.

  • Perut Kiri Terasa Perih

    Nyeri dan perih adalah tanda khas serangan gastritis. Namun gejala kanker lambung juga ditandai dengan keluhan yang sama. Yang khas adalah pada kasus kanker lambung rasa nyeri bisa menjadi sangat menusuk dan biasanya menyebar ke bagian perut lain. Beberapa pasien bisa mengalami keluhan kolik atau keram perut.

  • Perut Kiri Bengkak

    Posisi lambung berada di perut kiri atas tepat di bawah tulang rusuk. Ketika kanker lambung menyerang, pasien akan mengalami efek pembengkakan akibat perkembangan regenerasi sel lambung yang berlebihan dan mendorong pembesaran organ lambung. Keberadaan gas yang berlebihan juga bisa memicu pembengkakan.

  • Terasa Sesak Setelah Makan

    Meski tampak membengkak, sebenarnya justru rongga lambung pada kasus kanker ini akan menyempit karena efek desakan perkembangan kanker. Jadi lambung yang yang menyempit akan sulit menampung seluruh makanan yang Anda asup. Ini membuat Anda kerap merasa sesak setelah makan.

  • Gejala Mual Berkepanjangan

    Gangguan enzim dan kinerja lambung sebagai bagian penting proses pencernaan akan menyebabkan pasien merasa mudah sekali mual dan muntah. Biasanya efek mual ini akan mengganggu dalam jangka panjang.

  • Diare atau Sembelit

    Ciri-ciri kanker lambung yang juga kerap muncul tetapi kerap kali tidak dikaitkan dengan masalah kanker lambung adalah keluhan diare dan konstipasi. Ini karena pasien mengalami perubahan struktur feses akibat proses cerna yang tidak berjalan baik dan gangguan pada proses penyerapan air untuk feses. Hasilnya feses menjadi terlalu lembek atau malah sangat keras dan sulit dikeluarkan.

Baca juga:  Kenali Gejala Kanker Lambung dan Pilihan Pengobatan Herbal Terbaiknya

Itulah beberapa tanda-tanda kanker lambung yang perlu Anda waspadai. Terutama oleh Anda yang memiliki bakat tukak lambung dan mereka dengan pola makan tidak sehat dan kaya unsur toksin.

Jika Anda mengalami tanda-tanda kanker lambung seperti yang disebutkan artikel ini, khususnya kalau terjadi dalam waktu berbarengan, sebaiknya temui dokter yang terpercaya untuk memastikan penyebabnya dan supaya bisa ditangani secepat mungkin.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Rating: / 5. Pemilih:

(1 tidak bermanfaat / 5 sangat bermanfaat)

Ikuti media sosial kami untuk terus terhubung dengan deherba.com!

Maaf sekali artikel ini belum bermanfaat untuk Anda

Bantu kami untuk meningkatkan artikel ini!

Beritahukan apa yang bisa kami lakukan untuk meningkatkan mutu artikel ini?