Ternyata Manfaat Almond Penting buat Kita Semua!

567

Diedit:

Selama ini kebanyakan dari kita mungkin hanya mengenal kacang almond sebagai salah satu bagian dari bahan baku pembuatan kue dan roti, Biasanya digunakan sebagai campuran bahan adonan atau sebagai hiasan topping kue.

Tak banyak yang tau bahwa dari kacang yang dalam bahasa lokal juga kerap disebut dengan nama kacang badam ini mengandung banyak nutrisi dan juga memiliki banyak manfaat. Dan karenanya kali ini kita akan mengulas mengenai manfaat almond bagi kesehatan.

Kacang almond lebih sering tumbuh di kawasan pegunungan benua Eropa, terutama di kawasan Alpen. Karenanya pula kebanyakan bangsa Eropa jauh lebih mengenal jenis kacang ini dan lebih terbiasa memasukannya dalam aneka hidangan khas mereka.

Sebenarnya dari kacang gurih ini tersimpan sejumlah nutrisi seperti kandungan asam lemaknya yang tinggi, sejumlah vitamin seperti vitamin E, A, C, B, dan D yang tinggi, kandungan sejumlah senyawa mineral macam fosfor, tembaga, magnesium, dan mangaan. Selain itu terdapat sejumlah senyawa antioksidan semacam fenol, sterolid, flavonol, beberapa jenis senyawa asam, fenilalanin, dan biotin.

Apa saja sebenarnya manfaat almond bagi tubuh?

1. Melawan kolesterol LDL

Almond adalah salah satu jenis bahan makanan dengan kandungan asam lemak tak jenuh tertinggi. Tidak hanya itu dalam almond juga dijumpai beragam kandungan vitamin dan mineral yang berperan membantu mengangkat endapan kolesterol dalam darah dan pembuluh darah.

Menurut Nurses Health Study dan The Iowa Health Study ditemukan fakta bahwa mengonsumsi kacang, termasuk kacang almond akan sangat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan membantu menjaga kondisi kardiovaskular.

Dalam British Journal of Nutrition juga dilaporkan salah satu riset pada tahun 2012 mengenai 12 pasien dengan kadar kolesterol LDL tinggi yang berhasil menurunkan kadar kolesterol mereka setelah menjalankan diet khusus dengan kandungan almond pada menu mereka sehari-hari selama 2 minggu.

2. Menjaga kesehatan sistem kardiovaskular

Dalam almond ditemukan sejumlah besar kandungan fosfor, magnesium, dan potasium yang rupanya berperan besar dalam sistem aliran darah, kondisi elektrolida darah, menjaga stabilitas tekanan darah, serta membantu menjaga fungsi jantung. Satu paket bagian dari sistem perawatan sistem kardiovaskular.

Fakta mengenai kemampuan kacang almond dalam menjaga fungsi kardiovaskular telah disampaikan dalam salah satu jurnal yang diterbitkan oleh Physician Health Study Journal. Dikatakan mengonsumsi almond setidaknya 4 kali dalam 1 minggu sebanyak segenggam penuh akan menekan risiko masalah kardiovaskular hingga 37%.

Baca juga:  Kacang Almond: Kandungan dan Manfaatnya bagi Kesehatan

3. Membantu mencegah masalah diabetes

Menurut Jenkins DJ dan Kendall CW dalam Journal of Nutrition tahun 2008 disampaikan bahwa almond memiliki kemampuan menghambat proses pembentukan glukosa darah dan memiliki kandungan senyawa antioksidan yang bekerja membersihkan tubuh dari senyawa yang bersifat mengganggu sistem tubuh, termasuk pula sistem metabolisme dan penyerapan sel terhadap glukosa darah.

Mereka mendapati terjadi kenaikan gula darah hingga 2,8 mmol/L setelah seseorang mengonsumsi setangkap roti tawar putih, namun akan turun menjadi 2,2 mmol /L bila roti tawar itu disajikan dengan segenggam kecil almond di dalamnya. Bayangkan apabila Anda mengonsumsi lebih banyak almond, pasti kenaikan gula darah akan lebih banyak ditekan juga.

4. Membantu diet

Dalam penelitian yang dikembangkan Univesity of Toronto ditemukan fakta kemampuan almond sebagai penurun kadar lemak darah yang sama baiknya dengan gandum utuh. Kandungan karbohidrat di dalamnya bersifat kompleks sehingga memerlukan lebih banyak waktu dan energi dalam proses ekstraksinya, sehingga membantu untuk menahan lapar lebih lama. Fakta ini juga dikuatkan oleh penelitian yang telah dipublikasikan dalam Internatioal Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders.

Dalam jurnal ini juga disampaikan bahwa dalam setiap biji almond setidaknya terdapat 25% kandungan asam lemak tidak jenuh yang sehat dan memiliki khasiat baik untuk Anda yang menjalankan diet.

5. Meningkatkan metabolisme dan pembentukan energi

Ada beberapa kandungan dari almond yang terbukti memberi kontribusi besar dalam proses metabolisme, pembakaran, dan pembentukan energi. Sebut saja mangan, tembaga, magnesium, fosfor, vitamin B, asam amino, kabohidrat kompleks, dan vitamin C.

Menambah asupan almond dalam menu harian akan memberi Anda kemampuan pembakaran dan pembentukan energi lebih efektif. Inilah yang menyebabkan almond berperan dalam proses diet, karena selain membantu memaksimalkan pembakaran cadangan lemak tubuh juga sekaligus membantu menjaga kuantitas dan kualitas energi selama menjalani diet.

6. Membantu merawat kesehatan kulit

Almond yang dikonsumsi akan membantu meningkatkan jumlah vitamin E dan C dalam tubuh. Keduanya berperan besar dalam proses regenerasi sel, membantu memperbaiki tekstur kulit dan bekas jerawat, membantu proses pembentukan kolagen, serta menekan pembentukan sebum.

Baca juga:  Kacang Almond: Kandungan dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Almond juga membantu proses pembentukan gluthathione yang berperan dalam proses regenerasi sel dan pigmen kulit sehingga baik untuk membantu mencerahkan kulit. Itu pula sebabnya beberapa orang memanfaatkan tepung almond sebagai bahan pembuatan masker alami.

7. Mencegah bayi cacat

Dalam almond ditemukan asam folat atau B9 dalam jumlah yang cukup untuk membantu kebutuhan ibu hamil usia di bawah 5 bulan untuk menjaga kondisi janin tetap tumbuh sempurna. Ini dengan menghalangi terbentuknya sel-sel abnormal pada janin sehingga mencegah bayi lahir cacat.

8. Mengatasi masalah pencernaan

Lemak dan minyak dari kacang almond bersifat basa dan akan sangat baik untuk melawan masalah asam lambung dengan bekerja sebagai penetralisir sifat asam. Kandungan serat dalam almond terutama pada jenis almond utuh sangat tinggi dan akan membantu melancarkan pembuangan.

9. Membantu pembentukan tulang

Bukan rahasia lagi bahwa kacang almond adalah satau satu sumber fosfor dan kalsium yang akan berperan sangat besar dalam proses pembentukan dan pertumbuhan tulang. Kalsium dan fosfor akan membantu tulang tumbuh kuat dan menjaga kondisi tulang supaya tidak mudah keropos.

10. Membantu merawat rambut

Kekayaan vitamin B dan vitamin E dalam kacang almond sangat penting untuk membantu proses pertumbuhan rambut dan menjaga kondisi rambut tetap sehat, bercahaya, mudah diatur, dan tidak mudah rapuh serta bercabang.

Tidak salah memang kalau kemudian kacang almond dimasukan dalam salah satu jenis makanan yang dianggap superfood. Tersimpan sederet manfaat almond dan sederet pula nutrisi dalam kacang almond ini yang layak untuk dijadikan menu harian Anda.

Meski demikian kacang almond bagi sebagian orang juga perlu dikonsumsi dengan bijak. Senyawa Sianida dalam kacang almond bisa memberi efek mabuk serupa dengan efek mabuk kendaraan atau vertigo ringan. Akan tetapi, senyawa Sianida dalam almond sangat rendah sehingga paling berat hanya menimbulkan efek mabuk bagi orang yang sensitif saja.

Selain itu dalam almond juga ditemukan oksalat yang sanggup membebani fungsi ginjal, terutama bagi mereka yang menderita gangguan ginjal. Bagi penderita kelainan ginjal dan gagal ginjal, sebaliknya daripada menikmati manfaat almond, justru bisa memperburuk kondisi kesehatan ginjal mereka. Karenanya, jika Anda punya gangguan ginjal sebaiknya hindari konsumsi kacang Almond. Namun bagi yang tidak, silakan nikmati dalam porsi secukupnya.