Tanda-Tanda Kehamilan Ini Jelas Diketahui

547

Diedit:

Tanda kehamilan, beberapa ada yang terasa, jika Anda mengerti maka Anda akan dengan mudah mengetahuinya. Karena seringkali orang-orang melewatkan tanda-tanda tersebut. Apabila memang tak mengerti, maka bisa saja kehamilan terlambat diketahui. Karena itu informasi mengenai tanda kehamilan penting bagi para calon ibu. Dengan mengetahuinya, akan memberikan Anda banyak keuntungan, termasuk persiapan kehamilan yang lebih mantap.

Beberapa gejala dari terjadinya kehamilan itu memang ada yang sulit untuk dideteksi dengan mata kosong dan juga gejalanya tidak begitu jelas. Kondisi ini sesungguhnya sama saja dengan sindrom premenstruasi atau biasa disebut juga dengan PMS. Memang cara yang terbaik adalah dengan menggunakan tes kehamilan, itu merupakan salah satu cara yang paling maksimal untuk mengetahui tanpa perlu banyak asumsi.

Jika ingin mengetahui apakah Anda telah mendapatkan kehamilan atau tidak, selain menggunakan alat tes kehamilan, sesungguhnya masih banyak cara lainnya. Jangan hanya melihat satu tanda kehamilan saja, melainkan kumpulkan hingga beberapa. Sebab jika hanya satu tanda saja yang dilihat, maka bisa saja anggapan Anda salah.

Misalnya saja mual, mual selain sebagai tanda dari kehamilan, juga dapat disebabkan karena Anda terserang penyakit tertentu. Banyak penyakit yang memiliki gejala mual juga. Tetapi janganlah khawatir, karena tanda kehamilan itu lebih umum juga lebih mudah untuk dikenali dibandingkan tanda-tanda yang lainnya.

Tanda Kehamilan yang Terlihat 1 Minggu Sesudah Berhubungan

Tanda kehamilan bisa jadi sudah terlihat satu minggu sesudah aktivitas berhubungan suami-istri. Untuk tanda-tanda yang ini, beberapa diantaranya yaitu:

  • Telat Haid

    Tanda kehamilan yang pertama dalam 1 minggu sesudah berhubungan suami-istri adalah telat haid. Tanda ini termasuk salah satu dari gejala yang paling mudah untuk Anda ketahui. Ketika sel telur telah dibuahi, sel telur pun tak akan dikeluarkan lagi oleh tubuh, ovarium tak akan memproduksi sel telur yang baru ketika masa kehamilan datang. Oleh karena itu, saat Anda memasuki masa kehamilan, Anda pun tak akan mengalami haid. Jika dilihat dari sisi medis, tanda-tanda ini dapat menjadi salah satu dari pedoman dalam menentukan jika seseorang itu sudah hamil atau belum.

  • Kram Perut

    Tanda kehamilan kedua yang terlihat 1 minggu sesudah berhubungan suami-istri adalah mengalami kram perut. Umumnya, seorang wanita yang mengalami hamil muda pada minggu awal kehamilannya akan merasakan tanda kehamilan tersebut. Apabila Anda mengalami kram perut atau sakit perut, ada kemungkinan ada janin yang terbentuk dalam rahim Anda. Rasa sakit atau kram pada perut tersebut disebabkan juga karena implantasi janin ke dinding rahim, di mana itu akan terjadi terus menerus selama proses itu berlangsung. Tanda kehamilan ini termasuk yang mudah untuk dikenali.

  • Muntah

    Tanda kehamilan yang ketiga yakni rasa mual dan keinginan untuk muntah. Kondisi ini dapat terjadi pada wanita hamil hingga sepanjang hari, walaupun memang biasanya hanya terjadi sewaktu pagi hari saja. Gejala ini dikenal dengan sebutan morning sickness. Apabila Anda tiba-tiba sering merasa ingin muntah dan juga merasa mual ketika pagi hari, maka itu dapat menjadi salah satu dari tanda kehamilan satu minggu sesudah aktivitas hubungan suami-istri. Tanda kehamilan ini juga tak sulit untuk Anda kenali.

  • Buang Air Kecil Lebih Sering

    Tanda kehamilan yang berikutnya yakni buang air kecil menjadi lebih sering. Apabila Anda hamil muda, maka janin dalam rahim pun akan otomatis perlu ruang lebih luas. Perluasan rahim tersebut akan menyebabkan kandung kemih jadi tertekan sehingga membuat ibu muda lebih sering merasa ingin buang air kecil. Tanda kehamilan ini sudah sering dialami oleh ibu hamil muda. Walaupun begitu, mengalami tanda kehamilan ini belum tentu karena hamil. Beberapa penyakit ada juga yang menyebabkan pasiennya lebih sering buang air kecil.

  • Mudah Letih

    Tanda kehamilan 1 minggu sesudah aktivitas suami-istri yang berikutnya adalah mudah letih. Ketika biasanya Anda melakukan aktivitas sehari-hari, Anda cukup kuat, namun ketika mengalami kehamilan muda, Anda akan dengan mudah merasa letih. Tak hanya aktivitas yang berat, bahkan ketika Anda melakukan aktivitas yang kecil pun Anda akan merasa gampang lelah. Kondisi tanda kehamilan ini akan semakin parah jika Anda mempunyai gangguan tekanan darah rendah. Bahkan tidak jarang sampai membuat pingsan. Tanda kehamilan ini harus Anda waspadai, khususnya bagi yang memiliki tekanan darah rendah tersebut, karena bisa berbahaya jika sewaktu-waktu pingsan.

Baca juga:  Apakah Pijat Refleksi Aman Selama Kehamilan?

Selain tanda kehamilan yang Anda rasakan, baik pada perubahan fisik maupun stamina, Anda juga dapat menggunakan cara medis. Memang melalui metode medis, Anda dapat mengetahui kehamilan dengan lebih pasti dan lebih akurat dibandingkan hanya melihat tanda-tanda seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Tanda kehamilan memang bisa digunakan, tetapi lebih baik lagi menggunakan cara medis. Perkembangan dunia medis yang semakin modern juga mendukung hal tersebut. Di mana tingkat keakuratan dalam menentukan sebuah kehamilan akan lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Cara medis alternatif melihat tanda kehamilan adalah dengan menggunakan USG.