Strategi Jitu untuk Cepat Menurunkan Berat Badan mulai Bulan Pertama!

550
virginiamason.org

Diedit:

Upaya untuk menurunkan berat badan tidak akan berhasil jika hanya mengandalkan diet yang tak sehat atau sesekali olahraga. Memang kadang-kadang bisa berhasil menghilangkan beberapa kilogram. Tapi untuk menjaga berat badan setelahnya, Anda butuh rencana yang matang dan tekad yang kuat.

Anda mungkin sudah membaca sejumlah rencana menguruskan badan yang tampak rumit, sehingga malah membuat Anda berpikir kalau itu terlalu sulit dijalankan. Tapi sebenarnya tidak usah rumit, strategi jitu untuk cepat menurunkan berat badan yang sederhana berikut ini mudah diikuti, namun efektif bahkan hasilnya bisa terlihat dalam 1 bulan pertama.

Anda tidak perlu mati-matian menahan lapar, strategi ini hanya membutuhkan rencana yang matang serta kepatuhan yang konsisten untuk mengikutinya.

1. Awali Pagi dengan Air Perasan Lemon

Air lemon adalah minuman detoks yang sangat bagus untuk menurunkan berat badan. Sari dari jeruk lemon membantu tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya untuk menggunakan lemak sebagai energi serta mencegah kenaikan bobot badan.

Selain itu, air lemon kaya akan vitamin C juga antioksidan lain, yang membantu membuang toksin yang memperlambat metabolisme dari dalam tubuh.

Pastikan Anda terus minum air lemon bahkan setelah meraih berat badan yang diinginkan untuk membantu mempertahankannya.

  • Peras air dari ½ buah lemon ke dalam segelas air suam-suam kuku.
  • Boleh ditambahkan sedikit madu murni. Anda juga bisa menambahkan sejumput bubuk lada hitam untuk membantu proses pembaran lemak dan mencegah penumpukan lemak.
  • Minum larutan ini setiap hari.

Catatan: Gunakan air perasan dari lemon segar, jangan dari yang sudah disimpan dalam botol. Jangan gunakan madu lain selain madu murni, karena akan membahayakan bagi kesehatan.

2. Konsumsi Cuka Apel

Cuka apel bermanfaat menurunkan berat badan karena mengandung asam asetat. Asam asetat diketahui sanggup membantu mencegah penumpukan lemak dalam tubuh. Cuka apel juga membantu proses penyerapan nutrisi oleh tubuh dari makanan yang dikonsumsi, mengatasi gangguan pencernaan, serta melawan infeksi.

  • Campurkan 1 – 2 sendok teh cuka apel raw, unfiltered, ke dalam segelas air.
  • Minum sekali sehari di malam hari.

Anda bisa secara bertahap menambahkan takaran cuka apel sampai 2 sendok makan per gelas. Tapi jangan sampai berlebihan, karena bisa membahayakan kesehatan.

3. Ganti Teh/Kopi dengan Teh Hijau

Jika Anda terbiasa minum kopi atau teh setiap hari, sekaranglah saatnya untuk mengganti dengan teh hijau yang lebih sehat. Teh hijau memiliki beragam kandungan antioksidan yang membantu meningkatkan metabolisme serta menurunkan berat badan.

Kandungan katekin yang dimilikinya khususnya berguna untuk menaikkan proses pembakaran lemak dengan cara melepaskan lemak dari sel-sel lemak. Katekin juga membantu melawan serangan radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit.

Gantilah minuman kopi atau teh yang biasa Anda minum dengan teh hijau organik. Anda boleh meminumnya sampai 3 – 4 cangkir per hari.

Baca juga:  Diet Sehat Cara Menentukan Berat Badan Ideal

4. Rajin Olahraga

Kalau Anda serius dengan rencana melangsingkan tubuh secara sehat, maka Anda wajib memasukkan aktivitas fisik dan olahraga ke dalam rencana ini. Kombinasi dari aktivitas fisik yang intens dan sedang akan membantu menurunkan berat badan sekaligus mengendalikannya secara efektif.

Misalnya olahraga lagi adalah cara yang sangat bagus untuk cepat menurunkan berat badan karena membakar kalori pada saat lari maupun setelahnya.

Bukan cuman itu, olahraga juga membantu mengurangi tingkat stres serta meningkatkan energi, mood, dan kualitas tidur. Tak perlu diragukan lagi, rutin olahraga juga menekan risiko Anda mengidap penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, sakit jantung, stroke, dan kanker jenis tertentu.

Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak meluangkan waktu guna berolahraga setiap hari. Jika Anda punya tekad kuat untuk menjadi langsing, pasti tidak akan merasa kurang waktu untuk berolahraga.

  • Lakukan olahraga treadmill selama setidaknya 25 menit setiap hari.
  • Alternatifnya, lakukan olahraga jalan cepat selama setidaknya 30 menit dan olahraga lari beberapa menit di taman terdekat.

5. Pola Makan Sehat

Diet sehat rendah kalori merupakan bagian inti dari rencana penurunan berat badan yang efektif. Berfokuslah pada buah-buahan segar, sayuran, dan whole grain dalam menu makan harian. Jangan isi menu makan dengan junk food yang cuman mengandung kalori kosong.

  • Hindari makanan yang digoreng atau yang berlemak. Juga, batasi asupan gula dan garam (kelebihan garam dapat memicu retensi air yang menambahkan bobot air). Carilah cara sehat untuk mengolah makanan favorit Anda. Misalnya, popcorn buatan sendiri (tanpa tambahan mentega) yang dimasak menggunakan microwave tanpa minyak.
  • Hindari makanan yang terbuat dari tepung putih seperti roti putih, kue, biskuit, pizza, hot dog, burger, pasta, dan makanan serupa lainnya. Ganti dengan makanan dari whole grain atau yang terbuat dari bahan-bahan sehat. Pilihlah produk yang berlabel “100 persen whole grain”, bukan hanya ditulis “terbuat dari whole grain” atau “multi-grain”.
  • Konsumsi lebih banyak serat dan protein, tapi kurangi karbohidrat. Protein membantu Anda kenyang lebih lama sehingga tidak gampang lapar.
  • Makan makanan sehat seperti apel, buah beri, yogurt rendah lemak, oat, whole wheat, nasi merah, kacang-kacangan, polong-polongan, bayam, brokoli, dan buah-buahan segar, sayuran, serta whole grain
  • Agar tetap termotivasi, Anda boleh sesekali melanggar diet dengan mengonsumsi makanan favorit, misalnya semangkuk mie ayam, 2 potong pizza, atau sepotong kue cokelat. Sediakan satu hari untuk satu kali camilan sekali seminggu. Ingat, batasi secukupnya adalah kuncinya. Untuk mendapat kepuasan maksimal, coba makan secara perlahan dan hindari gangguan saat makan.
  • Minumlah jus dari buah segar, bukan jus buah yang mengandung banyak gula dan pengawet. Sebisa mungkin, konsumsilah lebih banyak buah utuh daripada jus buah, karena buah utuh memberikan Anda lebih banyak serat.
  • Sertakan minyak kelapa murni dalam menu harian. Minyak ini sangat mudah dicerna, bagus untuk kesehatan, juga membantu memperbaiki metabolisme. Kombinasi unik dari asam lemak dalam minyak kelapa sangat baik untuk mengurangi lemak perut. Juga membantu mengatasi kecanduan gula dan alkohol. Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun extra-virgin untuk memasak.
  • Makanlah dalam porsi kecil, tapi lebih sering.
  • Jangan lewati waktu makan, terutama waktu sarapan.
  • Santaplah makan malam setidaknya 2 jam sebelum tidur, dan jangan mengemil apa pun di malam hari.
  • Kendalikan porsi makan Anda dengan menggunakan piring atau mangkuk yang berukuran kecil.
Baca juga:  Langkah Tepat untuk Menaikkan Berat Badan

6. Minum Banyak Air

Minumlah banyak air sepanjang hari untuk membantu tubuh membilas toksin-toksin keluar. Disarankan untuk meminum air 8 – 10 gelas sehari.

Selain memiliki fungsi detoksifikasi, air juga meningkatkan tingkat proses pembakaran lemak oleh tubuh. Ditambah lagi, air juga membantu pencernaan, mengatasi kelelahan, memperbaiki mood, serat mengatasi bau mulut. Sewaktu meningkatkan asupan air, ingatlah:

  • Jangan minum air selama atau langsung setelah makan karena bisa memengaruhi pencernaan. Yang terbaik adalah minum air sekitar 30 menit setelah makan.
  • Jangan ganti air putih dengan minuman ringan dan bersoda yang mengandung kalori.
  • Makanlah lebih banyak buah dan sayuran yang mengandung banyak air.

7. Cukupi Kebutuhan Tidur

Tidur dan istirahat yang cukup juga berperan penting jika ingin cepat menurunkan berat badan. Faktanya, kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk berdampak pada hormon yang mengatur rasa lapar dan kenyang, memengaruhi metabolisme secara negatif, serta mengubah cara genetika memengaruhi indeks massa tubuh Anda.

Kurang tidur membuat Anda ingin mengemil, membuat pilihan buruk soal makanan, dan membuat Anda terlalu lelah untuk olahraga. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat mengurangi efektivitas upaya menurunkan berat badan Anda.

Berdasarkan penelitian tahun 2010 oleh peneliti di University of Chicago, waktu tidur yang kurang bisa menekan manfaat diet. Didapati bahwa meskipun penurunan berat badan yang diperoleh seimbang antara mereka yang cukup tidur dan yang kurang tidur, tapi mereka yang cukup tidur lebih banyak kehilangan lemak daripada yang kurang tidur.

Jadi, cukupilah kebutuhan tidur Anda sekitar 6 – 8 jam sehari agar bisa cepat menurunkan berat badan. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan tetap mengikuti jadwal—pergi tidur dan bangun tidur di waktu yang sama setiap hari.

Sebenarnya inti dari proses penurunan berat badan adalah mengurangi asupan kalori dari makanan/minuman dibarengi dengan meningkatkan aktivitas fisik agar lebih banyak kalori yang dibakar.

Jadi, cobalah jalankan strategi untuk cepat menurunkan berat badan ini selama beberapa waktu sampai meraih bobot yang diinginkan. Setelahnya, Anda juga harus terus menjaganya dengan aktif beraktivitas fisik, pola makan sehat, dan tips-tips lain dari strategi jitu ini.