Sibak 15 Manfaat Alpukat Yang Super Lengkap: Bagian 3

487

Diedit:

Ada sejumlah manfaat alpukat yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan Anda. Itulah yang sudah kami jelaskan dari artikel bagian pertama dan artikel bagian kedua seri artikel 15 manfaat alpukat ini.

Apakah Anda mau menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan kulit, atau mencegah penyakit seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung? Manfaat seperti inilah yang akan Anda dapatkan jika rutin mengonsumsi alpukat.

Berikut ini kami jelaskan 6 manfaat alpukat yang terakhir yang tentunya semakin meyakinkan Anda untuk memasukkan buah ajaib ini ke dalam menu makanan sehari-hari.

1. Membantu menjaga kesehatan kulit

Anda ingin tampil dengan kulit yang tampak lembab dan halus bebas kerutan, bebas dari komedo dengan warna kulit yang cerah? Ternyata buah alpukat bisa menjadi jawaban tepat untuk Anda.

Di dalam alpukat ditemukan kandungan asam omega 3, vitamin E dan vitamin C, kandungan anti oksidan dan sejumlah komponen mineral. Kulit membutuhkan asam omega 3 untuk menjaga elastisitas kulit, kandungan vitamin E dan C akan menstimulasi pembentikan glutathione sebagai anti oksidan dan anti melanoid sehingga kulit menjadi lebih cerah. Kandungan kolagen akan membantu mengatasi kulit yang kusam dan keriput.

Anda bisa mendapatkan manfaat buah alpukat untuk wajah dengan mengasupnya langsung sebagai makanan atau minuman. Atau Anda tertarik menjajal terapi masker dengan daging buah alpukat?

2. Memperbaiki mood

Ternyata ada manfaat lain dari alpukat dalam membantu menstimulasi mood positif. Komponen utama yang berperan terhadap mood adalah asam folat dan sejumlah kadar fitonutrient di dalam buah alpukat.

Asam folat yang bekerja sama dengan sejumlah komponen fitosterol ternyata bekerja menghambat pembentukan hormon homocyestine yang berfungsi mendorong mood menjadi “mendung”. Ketika asam folat berhasil menghambat hormon homocyestine, maka hormon mood baik seperti serotonin dan dopamin akan terstimulasi untuk keluar.

Baca juga:  Alpukat, Nutrisi untuk Keindahan dan Kesehatan Wajah Anda

Kandungan vitamin B yang cukup lengkap disertai protein, lemak, energi dan sejumlah mineral juga memberi Anda manfaat lebih. Mengasup alpukat 1 jam menjelang tidur akan mendorong tubuh mudah merasa lebih fresh ketika bangun tidur.

3. Mengatasi perdarahan

Selain mengandung folat, dalam buah alpukat ditemukan kadar vitamin K yang sangat tinggi. Kadar vitamin K ini membantu Anda dalam banyak aspek kehidupan, termasuk untuk mencegah terjadinya kerusakan serta mempercepat pengeringan luka atau abses.

Anda bisa mengalami perdarahan akibat sayatan dan akan menjadi masalah berat bila Anda abaikan begitu saja. Namun dengan kadar vitamin K yang tinggi dalam darah, besar kemungkinan luka akan cepat sembuh dan mengering.

4. Membantu pengobatan diabetes

Kandungan senyawa unik bernama D-Mannoheptulose ternyata memberi manfaat untuk diabetes. Anda bisa menemukan informasi terkait ini pada jurnal D-mannoheptulose and perseitol in ‘Hass’ avocado: Metabolism in seed and mesocarp tissue dalam South African Journal Botany.

5. Baik untuk kesehatan tulang

Sangat menarik menemukan adanya kandungan kalsium dalam alpukat meski dalam prosentasi yang kecil. Tetapi ternyata bukan hanya kalsium yang hanya dalam porsi kecil ini yang menjadikan alpukat baik untuk kesehatan tulang.

Ini karena dalam buah alpukat ditemukan kandungan zeaxanthin dan lutein yang ternyata juga memiliki peran dalam mendorong proses penyerapan dan pengisian keropos mikro pada tulang dengan kalsium baru. Disempurnakan dengan khasiat fosfor, magnesium dan tembaga yang juga berperan dalam proses pembentukan dan penjagaan kepadatan tulang.

6. Sebagai terapi anti UV

Dalam sejumlah riset diketahui bahwa buah alpukat baik untuk merawat permukaan kulit. Senyawa unik di dalamnya bekerja menetralkan dan mengatasi keluhan pada kulit akibat paparan sinar omega 3 dan 6.

Baca juga:  Manfaat Buah Alpukat untuk Menurunkan Kolesterol

Demikian sudah kami jelaskan 15 buah manfaat dari buah alpukat yang akan sangat baik bagi kesehatan. Anda bisa lihat dari ke-3 seri artikel ini bahwa memakan alpukat dapat membuat jantung Anda lebih sehat, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah diabetes, menyehatkan tulang, dan masih banyak manfaat lain.

Manfaat-manfaat alpukat ini tentunya sudah lebih dari cukup untuk memotivasi Anda mulai rutin memakan buah ini. Jadi lain kali berbelanja kebutuhan, jangan lupa sempatkan membeli buah alpukat agar bisa Anda seger nikmati manfaatnya.

Advertisement
Alinesia