Kenapa Sering Merasa Lapar? Ini 9 Penyebab Umumnya

58
Penyebab Kenapa Sering Merasa Cepat Lapar
Credit Photo: AndreyPopov / iStock

Diedit:

Rasa lapar adalah isyarat alami tubuh bahwa dia membutuhkan lebih banyak makanan. Ketika kita merasa lapar, perut kita mungkin mengeluarkan bunyi dan terasa kosong, atau kita jadi sakit kepala, cepat marah, atau susah konsentrasi. Tapi kenapa ada orang yang cepat lapar padahal baru saja makan? Apa sebenarnya penyebab seseorang cepat atau sering merasa lapar?

Kebanyakan orang bisa bertahan tanpa merasa lapar selama beberapa jam setelah makan. Tapi ada orang yang hanya bisa bertahan sebentar saja sebelum merasa kelaparan. Ada beberapa penyebab kenapa seseorang merasa cepat lapar, misalnya kurang asupan gizi, stres, atau dehidrasi. Artikel ini akan membahas penyebab-penyebab umum kita sering merasa lapar.

Penyebab Sering Merasa Lapar: Kurang Asupan Protein

Kurang asupan protein bisa membuat kita kurang mampu mengendalikan nafsu makan. Protein punya sifat mengurangi rasa lapar yang membantu kita secara otomatis mengonsumsi lebih sedikit kalori di jam makan siang. Nutrisi ini bekerja dengan meningkatkan produksi hormon yang memberi sinyal rasa kenyang dan mengurangi kadar hormon yang merangsang rasa lapar.

Itulah penyebab kenapa kita bisa cepat lapar kalau tidak cukup mengonsumsi makanan yang mengandung protein. Ada berbagai jenis makanan yang mengandung banyak protein, jadi tidak sulit untuk mencukupi kebutuhan asupan nutrisi ini.

Beberapa diantaranya yaitu daging ayam, ikan, daging merah, dan telur. Nutrisi ini juga bisa diperoleh dari susu dan produk olahannya, seperti yogurt dan keju, serta makanan dari tumbuh-tumbuhan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan serealia utuh.

Penyebab Sering Merasa Lapar: Kurang Tidur

Tidur penting agar otak dan sistem kekebalan kita berfungsi dengan semestinya. Bahkan cukup tidur juga dikaitkan dengan berkurangnya risiko menderita penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

Selain itu, cukup tidur juga berpengaruh pada nafsu makan kita. Itu karena tidur yang cukup membantu mengatur ghrelin, yaitu hormon perangsang nafsu makan. Kurang tidur menyebabkan kadar ghrelin meningkat; itulah penyebab kenapa kita biasanya merasa lebih cepat lapar saat kurang tidur.

Tidur yang cukup juga membantu memastikan ketersediaan hormon leptin yang memadai, yaitu hormon pendorong rasa kenyang. Supaya kita tidak cepat merasa lapar, upayakanlah tidur minimal 8 jam setiap malam.

Penyebab Sering Merasa Lapar: Tiroid Terlalu Aktif

Kelenjar tiroid terletak di bagian depan leher, di bawah jakun. Kelenjar ini punya fungsi penting untuk memproduksi hormon-hormon yang mengendalikan metabolisme tubuh kita. Metabolisme adalah kecepatan sel-sel dalam menggunakan energi.Perubahan pada fungsi tiroid dapat berpengaruh ke mood, berat badan, dan tingkat energi kita.

Baca juga:  Diet Sehat Apa Itu Diet Golongan Darah AB

Salah satu penyebab umum tiroid menjadi terlalu aktif adalah karena penyakit Grave. Penyakit Grave merupakan kelainan autoimun yang membuat tiroid memproduksi hormon tirodi secara berlebihan. Penyakit ini dapat membuat kita cepat lapar, serta gejala-gejala lain seperti detak jantung cepat, berkeringat, pembengkakan di leher, dan rasa letih. Segeralah periksa ke dokter jika mengalami gejala-gejala itu.

Penyebab Sering Merasa Lapar: Stres Berkepanjangan

Saat kita mengalami stres, sistem peringatan darurat dalam tubuh kita secara otomatis akan menyala. Sistem itu disebut “fight-or-flight” (lawan-atau-lari) dan berfungsi untuk membuat tubuh kita menjadi lebih waspada sehingga bisa bertindak cepat menghadapi bahaya atau ancaman apapun.

Dengan menyalanya sistem ini, maka tubuh akan secara besar-besaran memproduksi hormon kortisol dan hormon-hormon lain dari kelenjar adrenalin. Sebenarnya ini sistem ini bermanfaat bagi kita. Tapi akan jadi masalah kalau kita terus-menerus stres sehingga sistem ini terus menyala.

Akibatnya kadar kortisol akan tinggi sepanjang hari, setiap hari, lalu membuat kita cepat lapar, berat badan naik, dan bahkan bisa merusak sistem kekebalan tubuh kita. Coba periksa kembali kehidupan kita jika sering merasa stres, dan cobalah kurangi hal-hal tidak perlu yang bisa memicu stres.

Penyebab Sering Merasa Lapar: Konsumsi Obat Tertentu

Ada beberapa jenis obat yang dapat menjadi penyebab kenapa kita cepat merasa lapar. Contohnya adalah obat-obatan antipsikosis, seperti clozapine dan olanzapine, juga obat-obatan antidepresan, penstabil mood, kortikosteroid, dan obat-obatan anti-kejang.

Selain itu beberapa obat diabetes, seperti insulin, insulin secretagogue, dan thiazolidinedione, juga diketahui dapat membuat kita cepat lapar dan meningkatkan nafsu makan. Ada juga dugaan bahwa pil KB dapat merangsang nafsu makan, tapi dugaan ini belum didukung oleh penelitian ilmiah yang kuat.

Jika kita merasa bahwa masalah cepat lapar yang dialami disebabkan oleh obat yang dikonsumsi, sebaiknya beritahukan pada dokter yang meresepkan obat itu. Mungkin dokter bisa memberikan obat pengganti yang tidak membuat kita gampang lapar.

Penyebab Sering Merasa Lapar: Banyak Olahraga

Rumus untuk menurunkan berat badan kelihatannya mudah: olahraga + jaga makan = badan langsing. Tapi tidak semudah itu. Masalahnya, olahraga cenderung membuat kita gampang lapar, karena tubuh kita mulai meminta pengganti dari energi yang telah dikeluarkan.

Para ahli berpendapat bahwa semakin kita terbiasa berolahraga, pada akhirnya sinyal rasa lapar kita juga akan kembali normal. Sementara itu, hindari mengemil setelah berolahraga dengan alasan “saya boleh mengemil karena sudah olahraga!”

Ingatlah bahwa bahkan olahraga berat yang dilakukan selama 45 menit hanya membakar kurang dari 100 kalori. Jadi jangan batalkan semua kerja keras itu hanya dengan satu potong kue.

Baca juga:  Mengatasi Gemuk Air Dengan 15 Cara Efektif Berikut!

Penyebab Cepat Merasa Lapar: Kurang Asupan Serat

Mengonsumsi makanan yang tinggi serat membantu kita tidak sering merasa lapar. Makanan berserat tinggi akan memperlambat proses pengosongan perut kita dan makanan itu juga butuh waktu lebih lama untuk diserap oleh tubuh.

Di samping itu, asupan serat yang tinggi memengaruhi pelepasan dari hormon-hormon penekan rasa lapar dan produksi dari asam lemak rantai-pendek, yang berperan dalam membuat kita merasa kenyang.

Penting untuk diingat bahwa ada jenis-jenis serat yang berebda, dan beberapa jenis lebih baik daripada yang lain untuk membuat kita kenyang lebih lama. Jenis serat yang larut dalam air lebih mengenyangkan daripada serat tak larut. Kita bisa memperoleh jenis serat itu dengan mengonsumsi makanan seperti oatmeal, ubi jalar, wortel, brokoli, apel, dan kacang merah.

Penyebab Cepat Merasa Lapar: Penyakit Diabetes

Salah satu gejala utama dari penyakit diabetes adalah sering merasa lapar. Diabetes membuat kadar gula darah kita terlalu tinggi. Ada tiga jenis utama diabetes: diabetes tipe 1 yang sering didiagnosis pada anak-anak, diabetes tipe 2 yang sering diderita oleh orang dewasa dan lansia, dan diabetes gestational yang terjadi di masa kehamilan.

Selain mudah merasa lapar, penyakit diabetes juga dicirikan dengan rasa haus berlebihan dan sering buang air kecil. Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti itu, ada baiknya temui dokter untuk memastikan apa penyebabnya.

Penyebab Cepat Merasa Lapar: Kadar Gula Darah Rendah

Bukan hanya kadar gula darah tinggi, kadar gular darah rendah juga dapat menjadi penyebab kenapa kita cepat lapar. Kondisi ini disebut hipoglikemia. Para penderita diebetes sering mengalami hipoglikemia secara mendadak, tapi biasanya dalam taraf ringan dan bisa dengan mudah diatasi dengan mengonsumsi sedikit makanan/minuman bergula.

Apabila dibiarkan, kadar gula darah bisa menjadi lebih rendah dan dapat menyebabkan kebingungan, kecerobohan, dan kehilangan kesadaran. Hipoglikemia yang parah bahkan bisa mengakibatkan kejang-kejang, koma, hingga kematian.

Itulah 9 penyebab umum kenapa seseorang bisa merasa cepat lapar. Pada umumnya penyebab-penyebab itu ada hubungannya dengan kebiasaan gaya hidup kita. Kalau kita sering merasa lapar, ada baiknya periksa bagaimana gaya hidup kita dan buatlah penyesuaian yang dibutuhkan.


Sumber Referensi:

Elliott, Brianna. 14 Reasons Why You’re Always Hungry. Published: 2019-10-02. URL: https://www.healthline.com/nutrition/14-reasons-always-hungry. Accessed: 2019-11-27

Drugs.com. Always Hungry? You Just Might Have One Of These Conditions. Updated: 2019-06-04. URL: https://www.drugs.com/slideshow/always-hungry-1163#. Accessed: 2019-11-27