Punya Perut Buncit? Ikutilah Cara Mengecilkan Perut Ini!

488

Diedit:

Kegemukan tidak selalu berarti Anda tidak sehat. Sebenarnya ada banyak orang gemuk yang kondisi tubuhnya masih dalam taraf sehat. Malahan, ada banyak orang yang tidak gemuk tapi punya masalah metabolik yang berhubungan dengan obesitas. Kok bisa? Ini karena bukan lemak yang tersebar di seluruh tubuh, melainkan lemak di perut lah yang jadi masalah terbesar. Ikutilah cara mengecilkan perut di artikel ini supaya lemak perut Anda bisa berkurang.

Apabila Anda punya kelebihan lemak di sekitar area pinggang dan perut, meskipun tidak tergolong gemuk, maka Anda perlu mengambil langkah-langkah untuk menyingkirkannya.

Banyaknya lemak perut biasanya dapat diperkirakan berdasarkan ukuran lingkar pinggang Anda. Hal ini dapat dengan mudah dilakukan di rumah menggunakan pita meteran pengukur biasa. Hasil ukuran lingkar pinggang yang diatas 102 cm (pada pria) dan 88 cm (pada wanita), termasuk dalam golongan obesitas abdominal.

Namun tenang saja, ada beragam strategi yang terbukti efektif sebagai cara mengecilkan perut dan ditargetkan khusus mengurangi lemak di area perut. Berikut adalah sejumlah cara mengecilkan perut yang sudah dibuktikan oleh banyak orang.

Jangan Konsumsi Makanan dan Minuman yang Diberi Pemanis Tambahan

Gula tambahan sangat-sangat tidak sehat. Berbagai studi menunjukkan bahwa gula tersebut memiliki efek berbahaya yang unik pada kesehatan metabolik. Gula terdiri dari sebagian glukosa dan sebagian lagi fruktosa. Fruktosa hanya dapat dimetabolisme oleh hati dalam jumlah yang signifikan.

Apabila Anda makan banyak gula pasir, organ hati akan dibanjiri dengan fruktosa, dan terpaksa mengubahnya menjadi lemak. Beragam penelitian telah memperlihatkan bahwa kelebihan gula di dalam tubuh, yang kebanyakan adalah fruktosa, dapat memicu penumpukan lemak di perut.

Bukan hanya gula pasir, gula cair bahkan lebih berbahaya lagi. Kalori dari gula cair tidak dideteksi oleh otak sebagaimana halnya kalori gula padat. Sehingga ketika Anda minum minuman manis, Anda seringkali makan lebih banyak total kalori. Penelitian juga memperlihatkan bahwa minuman manis dihubungkan dengan 60% peningkatan risiko obesitas pada anak.

Konsumsi gula yang berlebih bisa jadi penyebab utama penumpukan lemak perut, terutama minuman manis seperti soft drink dan jus buah yang diberi gula tambahan.

Makan Lebih Banyak Protein sebagai Cara Mengecilkan Perut Jangka-Panjang

Protein merupakan nutrisi paling penting dalam strategi cara mengecilkan perut ini. Sudah dibuktikan protein sanggup mengurangi 60% hasrat ingin makan, meningkatkan metabolisme sebanyak 80-100 kalori per hari, serta membantu Anda mengurangi konsumsi hingga 441 kalori setiap harinya.

Baca juga:  10 Makanan Terbaik untuk Mengecilkan Perut Buncit

Jika Anda berencana mengurangi berat badan, maka menambahkan protein dalam menu makanan mungkin merupakan strategi paling jitu untuk dilakukan. Bukan hanya mengurangi lemak, tapi ini juga bisa membantu mencegah kenaikan berat badan kembali jika sewaktu-waktu Anda memutuskan untuk berhenti berdiet.

Suatu penelitian menunjukkan bahwa jumlah dan kualitas protein yang dikonsumsi berbanding terbalik dengan lemak perut. Artinya, orang yang makan protein yang berkualitas pasti memiliki lebih sedikit lemak perut.

Penelitian lain di Denmark memperlihatkan bahwa protein hewani dikaitkan dengan pengurangan risiko penumpukan lemak perut selama periode waktu 5 tahun. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa sayuran dan buah-buahan bermanfaat untuk mengecilkan perut.

Upayakanlah meningkatkan asupan protein dengan mengonsumsi telur, ikan, seafood, daging merah, daging unggas, dan produk susu. Ini adalah contoh-contoh sumber terbaik protein dalam menu makanan.

Mengonsumsi cukup protein merupakan cara mengecilkan perut yang paling efektif.

Kurangi Karbohidrat dari Santapan Anda

Cara mengecilkan perut yang satu ini didukung oleh beragam penelitian. Dibuktikan bahwa ketika Anda mengurangi porsi karbohidrat, nafsu makan jadi menurun dan berat badan juga berkurang.

Ada beberapa studi yang membandingkan antara diet rendah lemak dan diet rendah karbohidrat. Diperlihatkan bahwa diet rendah karbohidrat secara khusus menargetkan pengurangan lemak di sekitar perut dan organ-organ dalamnya.

Anda tidak perlu sama sekali membatasi semua jenis karbohidrat, hanya dengan menghindari karbohidrat olahan (roti putih, pasta, mie, dll) sudah cukup banyak mengurangi porsi karbohidrat sekaligus lemak perut.

Beragam studi menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat efektif dalam menyingkirkan lemak di area perut, sekitar organ perut dan hati.

Makanlah Makanan yang Kaya Serat

Memang benar bahwa makan banyak serat bisa mengurangi berat badan. Namun tidak semua serat sebanding manfaatnya. Tampaknya serat viskos adalah yang paling berefek pada berat badan. Ini adalah serat yang mengikat air dan membentuk gel tebal yang terletak di dalam usus.

Baca juga:  6 Cara Mengecilkan Perut Buncit yang Terbukti Manjur

Gel tebal ini sanggup secara dramatis memperlambat pergerakan makanan menuju lambung dan usus kecil, sekaligus memperlambat pencernaan serta penyerapan nutrisi. Dan pada akhirnya akan menimbulkan rasa kenyang lebih lama serta mengurangi nafsu makan.

Cara terbaik untuk mendapatkan banyak serat ialah dengan memakan banyak buah-buahan serta sayuran. Kacang-kacangan dan sereal gandum utuh juga merupakan sumber serat yang bagus.

Ada sejumlah bukti bahwa serat larut dalam makanan dapat mengurangi lemak perut.

Olahraga Aerobik Sangat Efektif Mengecilkan Perut

Olahraga merupakan salah satu cara terbaik jika Anda ingin memiliki hidup sehat yang lebih lama dan menhindari beragam penyakit berat. Olahraga jenis aerobik khususnya terbukti menyebabkan pengurangan lemak perut dalam jumlah yang besar. Ini termasuk olahraga jalan kaki, lari, berenang, dan bersepeda.

Suatu studi lain juga menemukan bahwa olahraga dapat mengecilkan perut sekaligus mencegah kembalinya penumpukan lemak di perut. Ini menyiratkan bahwa olahraga sangat penting dilakukan apabila Anda ingin mempertahankan bentuk dan berat badan yang optimal.

Olahraga sangat efektif dalam usaha mengecilkan perut. Selain itu, olahraga juga memiliki segudang manfaat kesehatan lainnya.

Demikianlah cara-cara mengecilkan perut yang bisa Anda ikuti. Penting untuk diingat bahwa meskipun Anda tidak gemuk, namun bukan berarti Anda selalu punya perut yang rata. Bahkan orang yang kelihatan kurus pun bisa punya perut buncit.

Jadi, cara mengecilkan perut yang dijelaskan di artikel ini sangat bermanfaat untuk orang yang kegemukan maupun bagi mereka yang berat badannya masih tergolong normal.

Advertisement
Alinesia