Pertolongan Pertama pada Luka Bakar

467

Diedit:

Sebagian besar orang sudah pernah mengalami luka bakar. Mungkin Anda sendiri pernah terkena setrikan panas atau terciprat minyak panas yang akhirnya meninggalkan bekas luka. Apa yang Anda alami masih termasuk luka bakar ringan yang umumnya tidak berbahaya. Namun, bagaimana dengan luka bakar sedang dan berat?

Luka bakar sedang (luka bakar tingkat dua) terjadi jika lapisan pertama dan kedua kulit terbakar. Biasanya luka bakar ini ditandai dengan kulit melepuh, kulit memerah, dan disertai nyeri yang hebat juga pembekakan.

Jika luka bakarnya kecil atau tidak lebih besar dari 7,6 cm, biasanya tidak membahayakan. Tapi jika lukanya lebih besar atau berada di wajah, kaki, tangan, selangkangan, bokong atau pada persendian utama, segera berikanlah bantuan medis.

Untuk luka bakar kecil—termasuk luka bakar ringan dan sedang, ikuti langkah-langkah pertolongan pertama pada luka bakar berikut ini:

  • Dinginkan luka bakar. Bilas bagian tubuh yang terkena dengan air mengalir yang dingin (bukan air es) selama 10 hingga 15 menit atau sampai rasa nyerinya reda. Jika cara ini tidak berhasil, coba gunakan kompres yang berisi es. Tapi jangan letakkan es langsung di kulit!
  • Tutup luka bakar dengan perban. Jangan gunakan perban dari kapas atau bahan lain yang bisa menempel di luka. Jangan ikat perban terlalu ketat untuk mencegah tekanan berlebih pada luka bakar.
  • Jangan lepaskan pakaian yang terbakar. Namun,pastikan korban sudah tidak terkena api atau asap panas.
  • Jangan siram luka bakar yang besar dengan air dingin. Jika dilakukan, hal ini menyebabkan penurunan suhu tubuh (hypothermia), tekanan darah, dan sirkulasi tubuh.
  • Periksa nafasnya. Jika korban tidak bernafas, segera berikan CPR (cardiopulmonary resuscitation).
  • Tinggikan posisi bagian tubuh yang terkena luka bakar. Tempatkan bagian tubuh tersebut di atas posisi jantung (di atas dada) jika mungkin.
  • Tutupi bagian tubuh yang terkena luka bakar. Gunakan perban dingin dan steril. Atau bisa juga dengan menggunakan handuk basah yang steril.

Luka bakar berat adalah luka bakar tingkat tiga yang merusak seluruh lapisan kulit dan menyebabkan kerusakan permanen pada jaringan kulit. Luka ini memengaruhi jaringan lemak, otot dan bahkan mungkin tulang. Area yang mengalami luka bakar mungkin menghitam (hangus), atau tampak kering dan putih.

Baca juga:  Penanganan Tepat pada Luka Melepuh

Jika luka bakar ini terjadi, segera panggil unit gawat darurat atau ambulan. Sambil menunggu bantuan datang, pertolongan pertama pada luka bakar bisa dilakukan. Dengan memberikan pertolongan pertama pada luka bakar, Anda bisa mengurangi dampak kerugian bagi kesehatan di kemudian hari.

Advertisement
Alinesia