Penyebab Kaki Bengkak dan Cara Mencegahnya

774

Diedit:

Kaki disini memaksudkan seluruh bagian tungkai, termasuk pergelangan kaki, betis, dan paha. Pembengkakan tungkai biasanya terjadi karena adanya penumpukan cairan atau peradangan pada sel dan sendi yang mengalami cedera.

Kebanyakan penyebab tungkai bengkak tidak berbahaya dan mudah dikenali, misalnya karena akibat cedera, duduk, atau berdiri terlalu lama. Tapi, kadang masalahnya berasal dari penyakit yang lebih serius, seperti penyakit jantung atau penggumpalan darah.

Untuk membantu Anda menentukan di mana akar masalah pembengkakan tungkai, di bawah ini berisi uraian kondisi umum yang berhubungan dengan penyebabnya.

  • Bengkak hanya pada satu tungkai—mungkin berkaitan dengan kondisi pada tungkai itu saja.
  • Bengkak di kedua tungkai—biasanya disebabkan oleh masalah yang tidak berhubungan langsung dengan tungkai, mungkin Anda berdiri atau duduk terlalu lama.
  • Pembengkakan disertai dengan gejala lain, seperti sesak napas atau nyeri di dada—bisa jadi ini indikasi adanya gangguan kesehatan yang lebih serius.
  • Pembengkakan yang terjadi secara mendadak dan tanpa alasan yang jelas—biasanya diakibatkan oleh penggumpalan atau pembekuan darah. Bengkak akibat masalah ini seringkali terjadi di bagian betis atau paha bagian dalam serta terlihat pucat dan terasa dingin jika dipegang.

Tips Mencegah Tungkai Bengkak

1Jika pembengkakan tungkai disebabkan oleh masalah yang tidak serius, seperti duduk terlalu lama, Anda bisa mencegahnya dengan sering berjalan untuk mengambil minum atau lakukan peregangan pada tungkai, selama berada di kantor.

2Setiap beberapa jam sekali, luruskan tungkai dan tinggikan sampai posisinya di atas jantung selama 15-20 menit. Hal ini akan membantu cairan berlebih di kaki mengalir ke arah jantung.

3Berat badan yang berlebih juga dapat memicu pembengkakan tungkai, karenanya dianjurkan untuk menurunkan bobot tubuh. Batasi makanan yang mengandung banyak garam, karena konsumsi garam berlebih bisa membuat tungkai bengkak terutama bagi orang yang punya gangguan jantung atau ginjal.

4Jika Anda harus melakukan perjalanan yang panjang dengan pesawat, pastikan agar sepatu dan kaus kaki yang digunakan tidak ketat—ini akan membuat kaki tertekan dan membengkak. Kalau terpaksa harus memakai sepatu yang ketat, bukalah sesekali untuk mengurangi tekanan pada kaki.

Perlu diingat, langkah-langkah pencegahan di atas mungkin hanya bersifat sementara. Jika pembengkakan tungkai diakibatkan oleh gangguan kesehatan yang lebih serius, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga:  9 Cara Praktis Untuk Mengatasi Kaki Bengkak Akibat Cedera

Sama halnya ketika Anda mengalami pembengkakan yang tidak jelas penyebabnya, misal nyeri pada tungkai, atau memerahnya tungkai yang bengkak, rasa hangat pada bagian yang bengkak, dan mengalami peradangan.

Walaupun sudah melakukan langkah pencegahan, masih ada kemungkinan terjadinya pembengkakan tungkai. Jika ini terjadi, disarankan untuk periksa ke dokter agar bisa menentukan perawatan yang lebih efektif.

Setelah mengetahui penyebab dan cara menanggulangi kaki bengkak, Anda tentu harus menghindari aktifitas apapun yang memicu terjadinya pembengkakan ini.

Advertisement
Alinesia