Noni Juice: Obat Tidur Alami

93
Herbal Noni untuk Obat Insomnia Alami yang Aman & Efektif
Buah Noni, Bahan Baku Noni Juice (Credit: Bigbubblebee99 / Shutterstock)

Diedit:

Apakah Anda sering resah di malam hari karena sulit tidur? Atau mungkin Anda harus minum obat dulu supaya bisa tidur nyenyak? Masalah sulit tidur perlu segera diatasi agar tidak menggerogoti kesehatan fisik maupun mental kita. Bukan dengan cara minum obat tidur kimiawi yang punya efek samping buruk, tapi dengan cara yang lebih alami. Di sini kita akan melihat mengapa herbal Noni juice bisa menjadi alternatif obat yang aman untuk mengatasi masalah susah tidur, atau yang juga disebut insomnia.

Apa itu Noni juice? Ini adalah minuman herbal yang terbuat dari sari buah Noni murni. Herbal asli Indonesia ini sudah teruji oleh waktu, terbukti dari segi empiris (berdasarkan pengalaman pengguna), dan telah didukung oleh banyak penelitian ilmiah.

Bukan hanya membantu mengatasi insomnia, herbal ini juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk masalah-masalah lain yang erat kaitannya dengan insomnia, seperti stres dan depresi.

Bukti manfaat Noni juice untuk membantu mengatasi insomnia, stres, dan depresi, dapat dilihat pada hasil dari sebuah penelitian besar yang dilakukan Neil Solomon, M.D., Ph.D. dan rekan-rekannya. Penelitian ini dicatat dalam buku “NONI JUICE, How Much, How Often, For What” yang ditulis oleh Neil Solomon sendiri.

buku noni juice how much how often for what

Penelitian itu mengikutsertakan 1.224 pakar kesehatan dan 25.314 pengguna Noni juice dari 80 negara. Para pengguna Noni tersebut memiliki masalah kesehatan yang berbeda-beda, mulai dari yang berat hingga yang ringan.

Hasilnya menunjukkan bahwa herbal ini terbukti sanggup membantu banyak sekali penderita insomnia, stres, dan depresi. Didapati ada 2.025 penderita insomnia, 6.743 penderita stres, dan 1.512 penderita depresi yang terbantu pulih! Hasil lengkap penelitian itu bisa dilihat di halaman berikut: Hasil Penelitian Dr. Neil Solomon.

Hasil positif tersebut selaras dengan pengakuan dari banyak pengguna Noni juice yang sudah bisa tidur lebih nyenyak hanya dalam waktu beberapa hari atau minggu sejak mulai mengonsumsinya. Bahkan beberapa mengaku bisa tidur malam lebih pulas di hari pertama mengonsumsi Noni!

Apa yang membuat Noni begitu baik untuk membantu mengatasi masalah insomnia? Mari kita perhatikan tiga penjelasan ilmiah berikut ini.

Noni Juice Merangsang Tubuh Kita untuk Tertidur Lelap di Malam Hari

Sebagai obat tidur alami, herbal Noni merangsang aktivitas kelenjar pineal untuk menghasilkan hormon melatonin dalam jumlah yang cukup. Melatonin adalah hormon yang berperan penting untuk membuat kita tertidur lelap. Bagaimana cara kerja melatonin?

Melatonin bekerja sama dengan ritme sirkadian tubuh kita. Sederhananya, ritme sirkadian adalah “alarm alami” di dalam tubuh kita—yang memberi tahu kita kapan waktunya untuk tidur, untuk bangun, dan untuk makan.

Selain itu, melatonin juga membantu mengatur suhu tubuh, tekanan darah, dan kadar hormon dalam tubuh kita.

Jumlah hormon melatonin mulai meningkat di tubuh kita sewaktu suasana sudah gelap, memberi sinyal pada tubuh bahwa sudah waktunya untuk tidur.

Baca juga:  Mengatasi Insomnia

Melatonin juga mengikatkan diri dengan reseptor-reseptor dalam tubuh dan dapat membantu kita untuk rileks. Misalnya, melatonin berikatan dengan reseptor-reseptor di otak untuk membantunya mengurangi aktivitas saraf. Di mata, melatonin dapat membantu mengurangi kadar dopamin, suatu hormon yang membantu kita untuk tetap melek atau terjaga.

Para pakar kesehatan menduga bahwa proses-proses di atas berguna untuk membuat kita tertidur pulas. Karena itu jika tubuh kita tidak memproduksi cukup melatonin di malam hari akan kesulitan untuk tertidur.

Noni juice bertindak sebagai perangsang alami tubuh untuk memproduksi hormon melatonin dalam jumlah yang cukup. Kemudian hormon melatonin memulai proses-proses di dalam tubuh untuk membuat kita rileks, mengantuk, dan akhirnya tertidur pulas di malam hari.

Noni Juice Obat Alami untuk Kecemasan yang Membuat Susah Tidur

Sebagai obat insomnia alami, herbal Noni membantu mengatasi kecemasan yang membuat kita susah tidur. Salah satu penyebab utama seseorang insomnia adalah karena mereka merasa cemas tentang pekerjaan, sekolah, kesehatan, keuangan, dan lain sebagainya.

Penelitian menunjukkan bahwa masalah kecemasan ada kaitannya dengan gamma-Aminobutric acid (disingkat GABA) di dalam otak kita. GABA adalah saraf neurotransmiter (pembawa pesan) yang bertugas untuk menenangkan neuron (sel-sel saraf) serta menjaga otak supaya tidak terlalu aktif.

Salah satu jenis reseptor (penerima pesan) GABA ialah GABAa. Saat ada sesuatu yang mengaktifkan reseptor GABAa, ia akan merangsang efek relaksasi pada tubuh, meredakan kecemasan, dan memudahkan untuk tidur.

Noni terbukti memiliki daya tarik-menarik yang kuat dengan reseptor GABAa. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada 75% binding inhibition dari agonist radioligand [3H] muscimol pada ekstrak Noni dengan konsentrasi 100 μg/ml. Eksperimen lain memperlihatkan bahwa Noni dalam bentuk ekstrak metanol, serta partisi butanol dan airnya, memiliki nilai IC50 masing-masing 22.8, 27.2, and 17.1 μg/ml dalam uji pengikatan GABAa.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Noni memiliki ligand kompetitif yang bisa berikatan kuat dengan reseptor GABAa sebagai agonist. Dengan begitu GABAa akan diaktifkan lalu menghasilkan efek relaksasi, meredakan kecemasan, dan memudahkan kita untuk tertidur.

Noni juice memiliki kandungan yang dapat berikatan kuat dengan reseptor GABAa di otak dan mengaktifkannya. Kemudian GABAa akan merangsang efek relaksasi pada tubuh, menenangkan kecemasan, dan membuat kita lebih mudah untuk tertidur.

Noni Juice Obat Alami untuk Depresi yang Memicu Insomnia

Selain sebagai obat alami untuk kecemasan, herbal Noni juice juga bertindak sebagai obat alami untuk depresi yang membuat kita susah tidur. Para pakar mengatakan bahwa insomnia dan depresi adalah dua masalah yang saling berkaitan. Salah satu gejala utama depresi adalah insomnia, dan insomnia bisa memicu atau memperparah depresi.

Penelitian menunjukkan bahwa depresi kemungkinan dipicu oleh enzim-enzim Monoamine Oxidase (MAO) yang memecahkan dan menghilangkan neurotransmiter monoamin di dalam otak, seperti serotonin, dopamin, norepinefrin, dan epinefrin.

Jika di otak terjadi kekurangan jumlah neurotransmiter monoamin, maka akan muncul gejala-gejala depresi, yang salah satunya adalah insomnia.

Baca juga:  Pengobatan Insomnia

Herbal Noni dapat bertindak sebagai penghambat enzim-enzim MAO. Ini terlihat pada hasil dari sebuah pengujian in vitro dimana ekstrak Noni didapati sanggup menghambat enzim MAO A dan B sebesar masing-masing 78% dan 49%.

Penyelidikan fitokimia lalu mendapati bahwa setidaknya ada empat jenis kandungan dalam Noni yang memiliki efek penghambatan MAO A dan B yang kuat. Keempat jenis kandungan tersebut ialah flavonoid, quercetin, kaempferol, dan lignan.

Noni juice punya kandungan-kandungan yang menghambat enzim-enzim MAO yang mengurangi jumlah neurotransmiter monoamin di otak. Jika jumlah neurotransmiter monoamin di otak dijaga ketersediaannya, maka akan mencegah timbulnya gejala-gejala depresi, termasuk insomnia.

Apakah Noni Juice Aman untuk Dikonsumsi Setiap Hari?


Kita tahu bahwa obat tidur kimiawi itu kurang aman karena bisa menimbulkan berbagai efek samping negatif, apalagi jika dikonsumsi setiap hari. Seseorang yang terus mengandalkan obat tidur kimiawi biasanya akan mengalami kecanduan dan bahkan bisa memperparah masalah susah tidurnya.

Bagaimana dengan Noni juice? Noni adalah obat tidur herbal yang aman untuk dikonsumsi setiap hari, bahkan dalam dosis besar sekalipun. Telah dilakukan sebuah uji keamanan dari konsumsi Noni juice setiap hari selama 28 hari. Para partisipan diminta mengonsumsi Noni juice dalam tiga dosis yaitu 30 ml, 300 ml, atau 750 ml.

Hasilnya menunjukkan tidak ada perubahan negatif pada berat badan, tanda-tanda vital, atau hasil tes EKG. Selain itu tidak ditemukan efek samping yang merugikan pada tes urinalisis, hematologi, biokimia.

Hasil tersebut terlihat pada partisipan yang mengonsumsi Noni setiap hari dalam dosis 30 ml, 300 ml, maupun 750 ml. Uji keamanan klinis ini mengungkapkan bahwa konsumsi Noni juice setiap hari dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh manusia, sekalipun dalam dosis tinggi sebesar 750 ml.

Tetapi tentunya kita tidak perlu mengonsumsi Noni dalam dosis sebesar itu. Banyak pengguna Noni juice sudah bisa merasakan manfaatnya dengan meminum sebanyak 50 ml di pagi hari setelah bangun tidur dan 50 ml lagi di malam hari sebelum tidur.

Herbal Noni Juice Adalah Obat Insomnia yang Efektif dan Aman

Herbal Noni juice adalah pilihan obat susah tidur alami yang masuk akal karena telah terbukti membantu mengatasi insomnia maupun masalah-masalah lain yang berkaitan erat. Noni juga terbukti sebagai obat tidur herbal yang aman untuk dikonsumsi setiap hari.

herbal noni, obat alami yang aman untuk susah tidur

Sebagai obat alami untuk mengatasi insomnia, Noni punya setidaknya dua manfaat utama: membuat kita bisa tidur enak di malam hari & mengatasi masalah yang membuat kita susah tidur. Bagaimana cara kerja Noni untuk memberikan dua manfaat ini?

Pertama, Noni merangsang tubuh untuk memproduksi hormon yang membuat tubuh kita rileks, mengantuk, lalu tertidur pulas. Kedua, Noni memengaruhi senyawa neurotransmiter di dalam otak untuk meredakan kecemasan dan depresi yang memicu insomnia.

Jadi apakah Anda ingin merasakan sendiri khasiat herbal ini sebagai obat tidur alami? Pertimbangkanlah bukti-bukti yang sudah dibeberkan di artikel ini. Ingat juga bahwa konsumsi Noni setiap hari jauh lebih aman dan bermanfaat daripada obat tidur kimiawi.

Apalagi Noni juice adalah satu-satunya herbal yang telah teruji oleh waktu kegunaannya untuk menangani macam-macam jenis penyakit. Juga sudah didukung oleh berbagai riset ilmiah yang lengkap, yang melibatkan banyak ahli dari berbagai bidang kesehatan.


Referensi Noni Juice Herbal untuk Obat Tidur:

Raman, Ryan. How Melatonin Can Help You Sleep and Feel Better. Published: 2017-09-03. URL: https://www.healthline.com/nutrition/melatonin-and-sleep. Accessed: 2019-09-04

Pandiselvi, P, dkk. (2019). Pharmacological Activity of Morinda citrifolia L (Noni). Pharmacological Benefits of Natural Products. 13: 213-237

Deng, Shixin & West, Brett. (2007). Noni as An Anxiolytic and Sedative: A Mechanism Involving Its Gamma-Aminobutyric Acidergic Effects. Phytomedicine: International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacology. 14(7-8): 517-22. DOI: 10.1016/j.phymed.2007.04.005

Kannan, Sridharan, dkk. (2014). Anxiolytic, sedative, and hypnotic activities of aqueous extract of Morinda citrifolia fruit. Journal of Ayurveda and integrative medicine. 5 (2): 73-5. DOI: 10.4103/0975-9476.131738

Deng, Shixin & West, Brett. (2011). Antidepressant Effects of Noni Fruit and its Active Principals. Asian Journal of Medical Sciences. 3(2): 79-83

West, Brett J., dkk. (2009). A Double-Blind Clinical Safety Study of Noni Fruit Juice. Pacific Health Dialog. 15 (2): 21-32


Advertisement
Alinesia