Noni Juice: Aman Bagi Penderita Maag!

562
Google Image

Diedit:

Buah Noni memang dipercaya dapat mengatasi masalah yang berkaitan dengan saluran peredaran darah, seperti; stroke, jantung, kolesterol, dan gangguan fungsi saraf. Lalu, apakah konsumsi Noni juice aman bagi penderita maag?

Buah Noni mengandung asam kaprilat yang memengaruhi rasa dan aromanya, asam kaprilat atau asam oktanoat ini merupakan bagian dari jenis asam lemak yang terdapat pada mentega. Jenis asam ini berfungsi dalam menghambat pertumbuhan jamur dalam tubuh.

Selain itu kandungan asam kaprilat dalam buah Noni memiliki fungsi sebagai antibakteri yang mampu melawan bakteri penyebab sakit maag. Sebelum kita bahas lebih jauh, ada baiknya untuk memahami beberapa penyebab sakit maag.

  • Sakit maag (peptic ulcer/stomach ulcer) biasanya terjadi karena luka yang timbul pada lapisan lambung atau usus dua belas jari. Penyebabnya cukup beragam, misalnya karena pengaruh konsumsi obat anti peradangan non steroid seperti aspirin.
  • Bisa jadi Anda berpikir bahwa sakit maag timbul karena konsumsi makanan pedas atau stress, tapi sebenarnya hal tersebut hanya memperparah kondisi luka maag yang sudah ada.
  • Gangguan maag juga dapat semakin parah dengan konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dan kebiasaan merokok, bahkan menghambat proses penyembuhan.
  • Bagaimana dengan bakteri penyebab sakit maag? Bakteri yang mengakibatkan Anda merasa nyeri ini disebut juga helicobacter pylori. Penularan bakteri ini biasanya melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi, misalnya pada sayuran atau buah yang tidak dicuci dengan baik.

Gejala sakit maag biasanya ditandai dengan rasa nyeri diantara perut dan dada yang akan berlangsung beberapa menit hingga berjam-jam, dan sering kambuh. Gangguan maag juga dapat timbul sewaktu Anda tidak menjaga pola makan yang teratur dan seimbang.

Baca juga:  7 Makanan Pantangan Maag yang Belum Anda Ketahui

Selain itu gejala lainnya yang bisa jadi di derita oleh penderita maag ialah penurunan berat badan, berkurangnya selera makan, perut terasa kembung, mual, sering sendawa, dan muntah. Ada juga yang tidak merasakan gejala ini, namun mengidap penyakit maag.

Lalu, Apakah Noni juice aman bagi penderita maag? Saat anda mengonsumsi Noni juice yang sudah di olah, zat-zat bermanfaat seperti asam kaprilat akan diserap oleh tubuh. Zat ini masuk kedalam lambung dan membunuh bakteri helicobacter pylori.

Jenis asam dalam buah Noni tidak berbahaya bagi lambung, bahkan ada pengalaman pada penderita maag yang merasa bahwa nyeri pada ulu hati dan maag berkurang hingga 25%. Sewaktu mengonsumsi Noni juice, sebaiknya Anda tetap memerhatikan pola makan dan aktivitas yang dapat memicu serangan maag agar tidak kambuh lagi.

Selain itu kandungan skopoletin juga memungkinkan regenerasi sel yang rusak pada lambung. Bisa disimpulkan Noni juice aman bagi penderita maag jika diminum sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Perlu Anda ingat, target utama Noni juice adalah mengatasi gangguan kesehatan yang berkaitan dengan saluran pembuluh darah. Masih ragukah Anda untuk mengonsumsi Noni juice?