Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Anda

687

Kunyit adalah bumbu klasik yang hampir selalu ada di setiap resep kari maupun gulai. Rempah ini merupakan saudara dekat jahe dan salah satu cara tersehat untuk menambahkan cita rasa—dan warna—pada makanan! Mengapa begitu? Ini dikarenakan ada banyak manfaat kunyit bagi kesehatan Anda.

Rempah kunyit telah lama digunakan juga sebagai herbal untuk menyembuhkan beragam penyakit mulai dari gangguan liver, depresi, sampai penyakit kulit kurap dalam pengobatan tradisional. Namun, seperti kebanyakan pengobatan alternatif, belum ada cukup penelitian yang membuktikan semua manfaat kunyit yang dipercayai orang jaman dulu.

Tapi bukan berarti kemampuan kunyit harus sama sekali diabaikan. Berikut ini adalah beberapa kemampuan kunyit yang telah dibuktikan dengan penelitian.

Meringankan heartburn dan sakit perut

Dalam sebuah penelitian tahun 1989, ditemukan bahwa suplemen kunyit sanggup mengurangi heartburn dan gejala gangguan pencernaan lain lebih efektif daripada obat plasebo. Ini mungkin dikarenakan kemampuan kunyit untuk melawan peradangan.

Mencegah serangan jantung

Senyawa kurkumin yang dimiliki kunyit memainkan peranannya dalam menurunkan risiko serangan jantung. Sebuah studi tahun 2012 melakukan pengkajian pada manfaat kunyit untuk mencegah serangan jantung pada pasien bypass jantung. Studi ini melibatkan 121 pasien yang melaksanakan operasi bypass antara 2009-2011.

Tiga hari sebelum operasi sebagian pasien meminum kapsul kurkumin, dan sebagian lagi minum pil plasebo. Selama istirahat di rumah sakit paska-operasi, lebih banyak pasien peminum pil plasebo mengalami serangan jantung (30%) dibandingkan mereka yang meminum kurkumin (13%).

Ini menunjukkan bahwa meskipun kunyit tidak bisa menggantikan obat medis, tapi fungsi anti-radang dan antioksidan miliki kunyit sanggup berkontribusi dalam mengurangi risiko serangan jantung pada pasien bypass sebanyak 65 persen!

Menunda diabetes

Dalam studi tahun 2012 yang melibatkan orang-orang dengan kondisi pradiabetes, kapsul kurkumin dibuktikan sanggup menunda timbulnya diabetes tipe 2. Selama 9 bulan para peserta diberi suplemen kurkumin dan pil plasebo.

Hasilnya, ada sekitar 16% peserta pemakai pil plasebo yang didiagnosis menderita diabetes tipe 2 pada akhir penelitian. Sedangkan pemakai suplemen kurkumin sama sekali tidak ada yang didiagnosis. Sekali lagi, para peneliti menegaskan manfaat kunyit sebagai anti-radang dan antioksidan.

Membantu melawan kanker

Meskipun belum ada cukup bukti sanggup membantu pengobatan kanker pada manusia, namun penelitian laboratorium dan pada hewan memberikan harapan besar bahwa kurkumin sanggup melawan kanker.

Menurut American Cancer Society, kurkumin mengganggu sejumlah jalur molekul vital yang terlibat dalam perkembangan dan pertumbuhan kanker. Bahkan pada penelitian laboratorium didapati kurkumin mampu membunuh sel-sel kanker, menyusutkan tumor, serta memaksimalkan efek kemoterapi pada hewan percobaan.

Melindungi otak

Senyawa turmeron aromatik (ar-turmeron) dapat menstimulasi perbaikan sel-sel induk otak. Ini berdasarkan sebuah studi yang meneliti efek senyawa tersebut pada sejenis sel induk tikus yang juga terdapat dalam otak manusia dewasa.

Sel-sel induk tersebut terlibat dalam pemulihan penyakit degenerasi saraf seperti stroke dan Alzheimer. Dengan begitu, senyawa ar-turmeron berpotensi digunakan dalam pengobatan penyakit di masa depan.

Ada begitu banyak potensi manfaat kunyit yang belum terpecahkan oleh penelitian ilmiah. Meski demikian, ingatlah bahwa kunyit bisa memperlambat pembekuan darah yang mungkin tidak cocok dikonsumsi oleh beberapa orang. Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai rutin mengonsumsi produk herbal kunyit apapun.