Manfaat Kapulaga Selain sebagai Rempah

501

Diedit:

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kapulaga. Kapulaga ialah sejenis buah yang biasa digunakan sebagai rempah atau bumbu dalam masakan. Ada juga yang membuat ramuan jamu dengan kapulaga sebagai salah satu bahan bakunya. Tapi, tahukah Anda apa manfaat kapulaga selain sebagai rempah?

Buah yang selama ini terkenal sebagai rempah ternyata juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Artikel ini akan membahas beberapa manfaat kapulaga yang bisa Anda dapatkan ketika mengonsumsi kapulaga maupun masakan yang mengandung kapulaga.

Di Indonesia terdapat 2 macam kapulaga yang biasa digunakan, yaitu kapulaga Jawa dan kapulaga sabrang/kapulaga India. Keduanya merupakan anggota keluarga jahe-jahean atau Zingiberaceae. Yang seringkali dimaksud masyarakat Indonesia ketika menyebut kapulaga ialah kapulaga Jawa (Amomum compactum).

Berikut adalah manfaat-manfaat kapulaga bagi kesehatan Anda.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Kapulaga berkhasiat untuk menjaga kesehatan empedu serta cairan lambung sehingga bisa mencegah penyakit yang berhubungan dengan asam lambung.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kapulaga dapat memperlancar peredaran darah serta menstabilkan tekanan darah Anda. Kapulaga adalah rempah yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi. Selain itu, kapulaga juga sanggup membantu mencegah penggumpalan darah.

Baik bagi Kesehatan Ginjal

Sejumlah penelitian memperlihatkan bahwa kapulaga punya sifat diuretik yang sanggup memperlancar pembuangan urin. Hal ini turut membantu mencegah penyakit di ginjal Anda. Sifat diuretiknya ini pun bermanfaat untuk mencegah penyakit yang berkaitan dengan saluran urin, misalnya nefritis atau sistitis.

Memperkuat Kekebalan Tubuh

Kapulaga sanggup meningkatkan imunitas tubuh terhadap serangan bakteri dan patogen lain yang dapat membuat tubuh sakit.

Mengobati Batuk

Manfaat kapulaga untuk mengobati batuk berkaitan dengan kandungan minyak atsiri, sineol, terpinol, dan juga kandungan lainnya yang dimiliki kapulaga.

Baca juga:  Khasiat Kapulaga yang Belum Banyak Diketahui!

Meringankan Gejala Rematik

Air rebusan kapulaga dapat diminum untuk meredakan nyeri sendi rematik. Semua bagian tanaman kapulaga—batang, daun, serta buah—bisa direbus dalam air sampai mendidih lalu disaring. Saringan air rebusan itulah yang biasa diminum untuk orang sakit rematik atau bisa juga untuk sekadar menambah energi ketika Anda merasa lemas.

Berperan sebagai Analgesik

Selain untuk meringankan nyeri rematik, kapulaga juga sanggup meringankan rasa sakit, nyeri otot, juga kejang. Kapulaga juga punya sifat anti peradangan yang bisa digunakan untuk mengobati gusi bengkak.

Baik bagi Kesehatan Tulang

Kapulaga punya dua kandungan zat yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, yakni mangan dan vitamin C. Kedua zat ini juga membantu Anda mencegah terjadinya osteoporosis.

Sebagai Antioksidan

Minyak kapulaga yang diekstrak dari biji kapulaga mengandung banyak antioksidan yang bisa mencerahkan warna kulit dan juga meremajakan kulit. Minyak kapulaga juga kerap dijadikan bahan pembuatan pelembap bibir untuk menghaluskan serta mencegah bibir kering.

Inilah manfaat-manfaat kapulaga yang baik bagi kesehatan tubuh Anda. Setelah mengetahuinya, tidak ada salahnya untuk lebih sering memasukkan kapulaga ke dalam bumbu masakan sehari-hari Anda.

Advertisement
Alinesia