Manfaat Buah Merah sebagai Obat Herbal untuk Beragam Penyakit

472
www.thisismk.co.jp

Diedit:

Selama tahun-tahun belakangan ini, buah merah cukup gencar dipromosikan sebagai obat herbal yang ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit. Bahkan kanker dan tumor pun—salah satu penyakit terberat yang pernah ada—diklaim bisa diobati dengan buah merah. Apa yang membuat manfaat buah merah begitu besar bagi kesehatan?

Buah merah (Pandanus conoideus) tumbuh secara alami di wilayah pegunungan tinggi Wamena dan wilayah-wilayah Papua lainnya. Buah merah merupakan yang paling bernutrisi diantara 10 spersies lain dari famili Pandanus. Tidak mengherankan apabila sejak 60.000 tahun yang lalu sampai sekarang, buah merah telah dimanfaatkan masyarakat pribumi Papua sebagai sumber makanan bernutrisi.

Manfaat buah merah dalam membantu pengobatan kanker tidak terlepas dari kandungan senyawa tokoferol serta betakaroten yang dimilikinya. Kedua senyawa ini bekerja bersisi-sisian sebagai antioksidan dan menguatkan sistem imun tubuh. Peran mereka sebagai antioksidan sanggup mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Juga, buah merah punya omega 3 yang berperan memperbaiki jaringan-jaringan yang rusak akibat kanker.

Senyawa tokoferol juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengencerkan darah serta melancarkan peredaran darah. Kandungan oksigen dalam darah pun bisa dinormalkan. Dengan begitu, tekanan darah dapat menjadi seimbang.

Buah merah juga sanggup membantu menyembuhkan asam urat. Sama seperti perannya dalam menurunkan tekanan darah, tokoferol buah merah juga mengencerkan dan melancarkan aliran darah untuk memperbaiki kinerja liver. Dengan diperbaikinya kinerja liver, hal ini lalu akan mengurangi produksi asam urat sehingga tidak menyebabkannya menumpuk dan menimbulkan penyakit.

Manfaat buah merah yang selanjutnya berkaitan dengan pemulihan stroke. Salah satu pemicu terbesar serangan stroke yaitu tekanan darah tinggi yang bisa menyebabkan terhambatnya aliran darah menuju otak. Buah merah berkhasiat untuk mencegah maupun memulihkan dampak stroke. Konsumsi rutin buah merah dapat menghilangkan penyumbatan pada pembuluh darah sehingga aliran darah menuju otak jadi lebih lancar.

Baca juga:  Sari Buah Merah

Buah merah papua juga dapat digunakan untuk membantu mengobati diabetes. Diabetes biasanya disebabkan akibat ketidaknormalan insulin dalam tubuh. Minyak buah merah mengandung vitamin E alami, yakni tokoferol, yang mampu memperbaiki kinerja pankreas agar bisa lebih banyak mengeluarkan insulin.

Karena mengandung banyak kalsium—54.000 mg kalsium dalam setiap 100 gram buah merah—menjadikan buah merah dapat menjaga kepadatan tulang dan efektif mencegah osteoporosis. Dan untuk membantu pengobatan osteoporosis, buah merah bisa dikonsumsi dalam bentuk pasta, minyak, atau buah merah segar.

Karena merupakan salah satu tanaman yang bernutrisi tinggi, dengan diantaranya mengandung asam esensial omega 3 dan omega 6, menjadikan buah merah efektif untuk meningkatkan kecerdasan otak. Buah merah mengandung asam esensial omega 3 sebanyak 7,8 persen dan omega 6 sebanyak 8,8 persen—cukup signifikan untuk menjaga ketajaman otak Anda.

Buah merah biasanya diolah menjadi minyak, pasta, atau bisa juga dikonsumsi sebagai buah merah segar. Apapun bentuk herbal buah merah, pastikan agar Anda mengonsumsi yang berkualitas baik agar mendapatkan manfaat buah merah yang sepenuhnya.

Advertisement
Alinesia