Manfaat Asam Jawa yang Luar Biasa untuk Kesehatan Anda: Bagian 2

513

Diedit:

Sebagaimana sudah kami janjikan sebelumnya di artikel “Manfaat Asam Jawa yang Luar Biasa untuk Kesehatan Anda—Bagian 1”, Anda akan mendapatkan lebih banyak lagi ulasan seputar asam jawa dan deretan manfaatnya dalam artikel ini.

Rupanya di balik rasa asam manisnya yang khas, aroma segarnya yang menjadikannya banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan bentuknya yang lengket dan kerap dianggap tidak menarik, justru tersimpan demikian banyak khasiat yang bila Anda aplikasikan dalam pengobatan sehari-hari akan bekerja efektif membantu mengentaskan sejumlah keluhan kesehatan.

Dan berikut ini adalah sejumlah manfaat asam jawa lain yang berhasil kami himpun dari sejumlah sumber.

1. Memiliki kemampuan anti inflamasi

Dalam sejumlah pengobatan tradisional, minyak kelapa yang sudah digunakan sebagai perendam asam jawa kerap dimanfaatkan sebagai terapi oles demi mengatasi keluhan keseleo dan lebam. Terapi ini juga lazim digunakan untuk meredakan pembengkakan akibat sisa vaksin pada bayi.

Manfaat asam jawa ini rupanya berasal dari kandungan sejumlah elemen anti inflamasi di dalam asam jawa. Kandungan polifenol, limonen dan geraniol adalah komponen penting yang berperan mengatasi inflamasi baik itu di dalam tubuh maupun pada permukaan dan di bawah kulit. Selain bekerja sebagai anti inflamasi, dalam Sciencedirect juga disebutkan kandungan dalam asam jawa akan bekerja sebagai analgesik dan anti piretik alami.

2. Meredakan ketegangan otot

Sebagaimana kami jelaskan di atas, asam jawa biasa secara alami direndam dalam minyak kelapa murni. Minyak kelapa ini kemudian digunakan untuk pijat. Ternyata, asam jawa memiliki sejumlah komponen yang bekerja meredakan ketegangan otot, memberi efek relaks dan memberi efek ringan.

Manfaat ini datang dari kemampuan sejumlah senyawa dalam asam jawa untuk memblokade jalur kalsium dalam sel-sel otot yang membantu melunakan otot yang tegang. Asam jawa juga memberi manfaat melancarkan sirkulasi darah sehingga membantu meringankan rasa lelah dan pegal.

Baca juga:  Ragam Kegunaan Asam Jawa untuk Kesehatan Tubuh

3. Sebagai anti kanker

Dalam sciencedirect Anda akan menemukan sejumlah fakta seputar asam jawa, salah satunya sebagai anti karsinogen dan sifatnya dalam menjaga kemurnian DNA. Kandungan fenolic, amelioratif, antosianin dan oligomerik serta sejumlah kandungan anti oksidan lain ternyata memiiki sifat menghambat oksidasi sel yang bisa memicu terjadinya kerusakan DNA dan pembentukan sel pra kanker dan kanker.

Terapi asam jawa pada kulit akan membantu meredakan efek kerusakan sel yang terjadi akibat paparan sinar UV. Juga mencegah terjadinya pembentukan sel-sel kanker kulit. Selain itu, sifat anti oksidannya cukup kuat, riset yang dikembangkan oleh Sciencedirect membuktikan kinerja ekstrak asam jawa dalam menurunkan kadar toksin berat termasuk nikel, fluoride dan jenis logam berat lain.

4. Anti diabetes

Sejumlah riset membuktikan adanya khasiat asam jawa terhadap respon tubuh terhadap sinyal insulin dan kemampuan sel dalam menyerap kelebihan glukosa dalam tubuh. Ini berkaitan dengan kemampuan asam jawa dalam mendorong metabolisme dan meningkatkan pembakaran dan pembentukan energi.

Tingginya metabolisme akan menuntut sel menarik lebih banyak sumber energi, termasuk menarik cadangan lemak dan glukosa dalam darah. Inilah yang membuat asam urat bermanfaat untuk membantu mengatasi diabetes. Demikian yang berhasil kami sadur dari Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine tahun 2014, Tamarindus indica and its health related effect.

5. Meningkatkan kadar trombosit darah

Dalam sciencedirect mengungkap adanya sejumlah temuan medis penggunaan asam jawa sebagai peningkat kadar trombosit dalam darah. Meski belum ada riset memadai mengenai manfaat dan komponen apa dari asam jawa yang bekerja menstimulasi produksi trombosit, namun penggunaan ekstrak asam jawa sudah lazim dimanfaatkan sebagai terapi demam berdarah dengue secara tradisional di beberapa negara Asia dan Afrika.

Baca juga:  Manfaat Asam Jawa yang Luar Biasa untuk Kesehatan Anda: Bagian 1

6. Membantu meredakan alergi, termasuk asma

Komponen unik dalam asam jawa, termasuk tartaric acid, cinnamid acid, pyrazine safrole dan sejumlah komponen lain rupanya terbukti bekerja sebagai anti histamin dan memberi efek menstabilkan sejumlah autoimun dalam tubuh.

Kemampuan ini akan membantu mengatasi sejumlah keluhan alergi umum seperti batuk alergi, pilek alergi hingga efek gatal-gatal. Ditambah sifatnya dalam membantu merelakskan sejumlah sistem saraf dan otot, maka kinerja asam jawa akan sangat efektif terhadap asma.

7. Memiliki sifat hepaprotektif

Ketika tubuh mengalami over toksin, hati akan bekerja terlalu keras. Kondisi ini kerap menimbulkan kerusakan pada sel-sel hati, karena menurut sel yang mati seiring kerja keras ini tidak diimbangi oleh proses regenerasi memadai. Kondisi ini memicu apoptosis, sejenis kematian sel yang akan memicu penurunan fungsi hati.

Asam jawa memiliki sifat anti apoptosis pada sel hati sehingga mencegah kerusakan serius pada fungsi hati. Selain sejumlah komponen dalam asam jawa bekerja sebagai anti toksin yang menurunkan kadar toksin tubuh dan mengurangi beban hati dalam menetralisir toksin dalam tubuh.

Ternyata, Anda tak hanya bisa mendapatkan manfaat asam jawa untuk menambah rasa dan aroma segar pada beragam hidangan nusantara. Karena Anda juga bisa mendapatkan sejumlah manfaat asam jawa untuk kesehatan Anda. Jadi tidak ada salahnya menambah lebih banyak simpanan asam jawa di rumah Anda, bukan?

Advertisement
Alinesia